Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membahas Bahan Pengertian Struktur Modal Beserta Komponen Dan Faktor Yang Menghipnotis Struktur Modal Terlengkap

Membahas Materi Pengertian Struktur Modal Beserta Komponen dan Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Terlengkap - pembagian keuangan antara utang jangka pendek, utang jangka panjang dan modal sendiri untuk menjalankan acara perusahaan. Baik buruknya susunan modal sanggup mengimbuhkan imbas eksklusif pada posisi finansial perusahaan.





Pengertian Struktur Modal Menurut Para Ahli

Halim (2007:78)
Menurut Halim, Struktur Modal yaitu perimbangan kuantitas utang jangka pendek yang berbentuk tetap, hutang jangka panjang, saham preferen dan saham biasa.

Raharja Putra (2009:212)
Menurut Raharja Putra, Struktur Modal yaitu adonan pada utang jangka panjang dan ekuitas, dalam rangka mendanai investasi perusahaan (operating assets).

Sawir (2008:10)
Menurut Sawir, Struktur Modal yaitu pendanaan permanen yang terdiri dari utang jangka panjang, saham preferen, dan modal pemegang saham.

Rodoni dan Ali (2010)
Menurut Rodoni dan Ali, Struktur Modal yaitu proporsi dalam pilih pemenuhan keperluan belanja perusahaan di mana dana yang diperoleh pakai gabungan atau gabungan sumber yang berasal dari dana jangka panjang yang terdiri dari dua sumber utama yaitu yang berasal dari dalam dan luar perusahaan.


Komponen Struktur Modal

Komponen struktur modal yaitu modal abnormal dan modal sendiri.

1. Modal Asing
Modal abnormal atau utang yaitu modal yang berasal dari luar perusahaan yang berwujud selagi bekerja di didalam perusahaan dan bagi perusahaan yang mengenai modal tersebut merupakan utang yang mesti dibayar kembali. Modal abnormal atau utang terbagi menjadi tiga jenis, diantaranya yaitu:

a. Utang jangka pendek (Short-term Debt)
Utang jangka pendek yaitu modal abnormal yang jangka waktunya paling usang satu tahun. Sebagian besar utang jangka pendek terdiri dari kredit perdagangan yaitu kredit yang dibutuhkan untuk sanggup menyelenggarakan usahanya.

b. Utang jangka menengah (Intermediate-term Debt)
Utang jangka menengah yaitu utang yang jangka waktunya yaitu lebih dari satu tahun atau kurang dari 10 tahun.

c. Utang jangka panjang (Long-term Debt)
Utang jangka panjang yaitu utang yang jangka waktunya yaitu panjang, terhadap kebanyakan lebih dari 10 tahun.

2. Modal Sendiri
Modal sendiri atau ekuitas yaitu modal yang berasal dari pemilik perusahaan dan yang tertanam didalam perusahaan untuk selagi yang tidak khusus lamanya. Modal sendiri diharapkan senantiasa berada didalam perusahaan untuk jangka selagi yang tidak terbatas namun modal utang punya jatuh tempo. Jenis modal sendiri diantaranya modal saham, cadangan dan keuntungan ditahan.


Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal

Struktur modal yang optimal yaitu susunan modal yang sanggup meminimalkan ongkos penggunaan modal total atau ongkos modal rata-rata, biar sanggup memaksimalkan nilai perusahaan. Ada 4 (empat) aspek yang mempengaruhi susunan modal, diantaranya yaitu:

a. Risiko bisnis
Tingkat risiko yang tersedia di dalam operasi perusahaan jika ia tidak memakai utang. Makin besar risiko perjuangan perusahaan, maka tambah rendah rasio proteksi yang optimal.

b. Posisi pajak perusahaan
Alasan utama memakai proteksi yaitu lantaran ongkos bunga sanggup dikurangkan di dalam perhitungan pajak, biar turunkan ongkos proteksi yang sesungguhnya.

c. Fleksibilitas keuangan
Kemampuan menaikkan modal bersama beberapa syarat yang masuk akal di dalam suasana yang memburuk. Para manajer dana perusahaan mengetahui bahwa penyedia modal yang mantap dibutuhkan untuk operasi yang stabil, ini merupakan aspek yang terlalu pilih keberhasilan jangka panjang.

d. Konservatisme atau agresivitas manajemen
Sebagian administrasi lebih garang berasal dari yang lainnya, biar lebih dari satu perusahaan lebih cenderung memakai proteksi untuk menaikkan laba. Faktor ini tidak mempengaruhi susunan modal yang optimal atau memaksimalkan nilai, tetapi sanggup mempengaruhi susunan modal yang ditargetkan dan ditetapkan manajer.
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com