Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Operator Alat Berat

Pengertian Operator Alat Berat. Operator alat berat mempunyai kiprah untuk menuntaskan pekerjaan berat dengan memakai peralatan berat yang tidak sanggup dilakukan oleh manusia. Oleh alasannya itu operator alat berat harus berpengaruh dan tangguh biar sanggup diandalkan. berikut yaitu klarifikasi seputar pengertian Operator Alat Berat, serta aliran dasar operator alat berat.

Definsi Operator Alat Berat

Pengertian Operator alat berat yaitu orang yang mempunyai keterampilan atau keahlian khusus dalam bidang mengoperasikan alat-alat berat ibarat excavator, bulldozer, wheel loader, mobile crane, Dan Lain-lain.

Secara Umum Pengertian operator alat berat yaitu pekerjaan yang membutuhkan skill khusus untuk menjalankan aneka macam macam tools ibarat Bulldozer, Hydraulic Excavator, Wheel Loader, Dump Truck, Forklift, maka dari itu penguasaan terhadap alat tersebut sangatlah dibutuhkan tenaga yang sangat profesional dibidangnya.

Dengan semakin meningkatnya penggunaan alat berat di bidang industri dan jasa, dimana keran angkat/Alat Berat sanggup juga menimbulkan kecelakaan yang sanggup menjadikan kerugian baik terhadap harta maupun jiwa manusia, maka perlu diusahakan pencegahan. Untuk mencegah kecelakaan perlu suatu kualifikasi dan syarat-syarat bagi operator Alat Berat sesuai dengan :
  1. Peraturan Menteri Tenaga Kerja R.I. No. PER.05/MEN/1985 wacana pesawat angkat dan angkut
  2. Peraturan Menteri Tenaga Kerja R.I. No. PER.01/MEN/1985 wacana kualifikasi dan syarat-syarat operator mesin keran angkat
  3. Surat keputusan Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Depnakertrans R.I No No. SKP. 003/DJPPK/PJK3-LAT/2009 wacana penunjukan Kami sebagai Perusahaan Jasa K3 (penyedia jasa pembinaan/pelatihan sertifikasi DepnakertranS RI )

Pedoman Dasar Operator Alat Berat

Untuk menjadi operator alat berat yang handal, seorang operator alat berat harus mempunyai aliran dasar, yaitu ketahanan fisik dan mental serta teknik operasional yang antara lain yaitu :

Ketahanan Mental

  1. Harus berani dan percaya diri. Katakanlah dengan tegas kepada diri sendiri bahwa "Aku bisa". Tanpa rasa berani dan percaya diri, maka semua kecerdasan yang dimiliki akan terpendam atau hilang.
  2. Harus terus mencar ilmu dan mencar ilmu untuk mengasah keahlian biar semakin sempurna. Tanpa cita-cita untuk terus belajar, maka keahlian akan mentok hingga disitu saja.
  3. Jangan merasa pandai. Jika merasa dirinya pandai, maka akan aib bertanya sehingga tidak sanggup menyerap perhiasan ilmu dari luar.

Ketahanan Fisik

  1. Gunakan referensi makan yang sehat. Makan yang bergizi dan teratur serta tepat pada waktunya. Tanpa referensi makan yang sehat badan akan lesu, kurang garang dan gampang sakit.
  2. Hindari mengkonsumsi makanan/minuman maupun penggunaan segala bahan-bahan yang merugikan kesehatan. Tanpa menghindari hal-hal yang merugikan kesehatan, maka badan kita tidak akan sanggup diandalkan.
  3. Istirahat yang cukup. Atur waktu sebaik mungkin dari semua acara biar tidur/istirahat sanggup sempurna. Tanpa istirahat yang tepat maka tenaga tidak akan sanggup maksimal.

Teknik Operasional

  1. Utamakan keselamatan kerja. Safety is the first. Dengan mengutamakan keselamatan selama bekerja, maka sukses akan menyusul. Jika mengabaikan keselamatan kerja, maka celaka hanya tinggal menunggu waktu.
  2. Kerjasama team. Selesaikan kiprah secara tolong-menolong dalam sebuah team dan lakukan kerjasama team yang baik selama bekerja. Dengan kerjasama team yang baik maka akan menghasilkan nilai tambah.
  3. Fokus pada hasil dan kerja bukan formalitas. Kerjakan kiprah dengan memikirkan hasilnya, jangan hanya berpemikiran bahwa yang penting telah melakukan perintah atasan tapi hasil tidak dipikirkan.