Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Komponen Enzim

Pengertian Enzim Kehidupan mustahil ada tanpaenzim. Enzim merupakan unsur yang mempercepat perubahan kimiawi yang dibutuhkan oleh kehidupan. Tanpa enzim perubahan-perubahan tersebut akan sangat lamban, atau tidak akan terjadi sama sekali, dan kehidupan akan berhenti.

Setiap enzim merupakan protein khusus yang diadaptasi dengan proses kimiawi tertentu. Enzim pencernaan mengubah makanan menjadi cairan yang sanggup mengalir ke darah dan ke seluruh tubuh. Enzim yang lain mengubah makanan yang sudah dicerna sehingga mengeluarkan energi, sedangkan enzim-enzim yang lain memakai energi untuk menciptakan makanan di dalam zat-zat tubuh.

Bagi yang belum mengenal apa itu enzim, pada kesempatan kali ini akan menghadirkan klarifikasi singkat mengenai definisi enzim beserta komponen-komponennya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 Enzim merupakan unsur yang mempercepat perubahan kimiawi yang dibutuhkan oleh kehidupan Pengertian dan Komponen Enzim
Pengertian dan Komponen Enzim | https://duniapendidikand.blogspot.com

A. Pengertian Enzim

Enzim ialah senyawa organik atau katalis protein yang dihasilkan sel dalam suatu reaksi. Enzim bekerja sebagai katalis dalam badan makhluk hidup, oleh sebab itu disebut biokatalisator dimana enzim sanggup mengatur kecepatan dan kekhususan ribuan reaksi kimia yang berlangsung di dalam sel. Tanpa adanya enzim, reaksi kimia pada jalur metabolisme akan terhenti.

Menurut Mayrback (1952) dari Jerman, enzim ialah senyawa protein yang sanggup mengatalisis reaksi-reaksi kimia dalam sel dan jaringan makhluk hidup. Enzim merupakan biokatalisator, artinya senyawa organik yang mempercepat reaksi kimia.

Perlu diingat, walaupun enzim dibentuk di dalam sel, tetapi untuk bertindak sebagai katalis tidak harus berada di dalam sel. Reaksi yang sanggup dikendalikan oleh enzim antara lain respirasi, fotosintesis, pertumbuhan, dan perkembangan, kontraksi otot, pencernaan dan fiksasi nitrogen

"Enzim ialah senyawa organik atau katalis protein yang dihasilkan sel dalam suatu reaksi yang berfungsi untuk mengatur kecepatan reaksi-reaksi kimia yang berlangsung di dalam sel."

B. Komponen-komponen Enzim

Secara kimia enzim terdiri atas dua pecahan yaitu pecahan protein (apoenzim) dan pecahan bukan protein (gugus prostetik) yang dihasilkan dalam sel makhluk hidup. Jika kedua pecahan tersebut dipisahkan satu dengan yang lain akan menjadikan enzim tidak aktif. Enzim lengkap, artinya yang tersusun dari pecahan protein dan pecahan bukan protein disebut holonzim. Berikut ialah pembahasan mengenai kedua pecahan dari enzim tersebut, apoenzim dan gugus prostetik.

1. Apoenzim

Apoenzim ialah pecahan protein dari enzim, bersifat tidak tahan panas (termolabil) atau gampang berubah serta bersifat nonaktif dan berfungsi memilih kekhususan dari enzim.

2. Gugus Prostetik

Gugus prostetik sanggup berupa koenzim dan kofaktor tergantung pada asal senyawanya. Jika gugus prostetiknya berasal dari senyawa organik kompleks (misalnya, NADH, FADH, koenzim A dan vitamin B) disebut koenzim, apabila berasal dari senyawa anorganik (misalnya, besi, seng, tembaga) disebut kofaktor.

Ko-enzim merupakan gugus prostetik yang terdiri atas molekul organik nonprotein yang terikat renggang dengan enzim. Ko-enzim berfungsi untuk memindahkan gugus kimia, atom, atau elektron dari satu enzim ke enzim yang lain. Contohnya, tiamin pirofosfat, NAD, NADP+, dan asam tetrahidrofolat.

Beberapa enzim memerlukan molekul yang membantu kerja enzim menguatkan ikatan dengan substrat, yakni kofaktor. Banyak molekul logam anorganik yang berfungsi sebagai kofaktor, menyerupai ion logam Fe2+, Cu2+, dan Mg2+.

BACA JUGA:

Demikian klarifikasi mengenai Pengertian Enzim, biar artikel Biologi di atas sanggup bermanfaat dan mempunyai kegunaan bagi pembaca sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi penjelasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih... ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa.

Ayo kirimkan karya sobat berupa puisi, gosip unik, cerpen, cerbung, dan lainnya di Mading . Dan jadikan karya sobat dibaca oleh ribuan orang setiap harinya. Buruan, kirim yang banyak!!!

Sumber http://www.zonasiswa.com