Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Enzim & Faktor Yang Mempengaruhi

Cara Kerja Enzim Enzim merupakan senyawa protein yang berfungsi sebagai katalisator reaksi-reaksi kimia yang terjadi dalam sistem biologi (makhluk hidup). Oleh sebab merupakan katalisator dalam sistem biologi, enzim sering disebut biokatalisator. Katalisator yaitu suatu zat yang mempercepat reaksi kimia, tetapi tidak mengubah kesetimbangan reaksi atau tidak menghipnotis hasil final reaksi. Zat itu sendiri (enzim) tidak ikut dalam reaksi sehingga bentuknya tetap atau tidak berubah.

Melanjutkan artikel sebelumnya wacana pengertian dan komponen enzim, pada kesempatan kali ini akan mencoba menjelaskan wacana cara kerja enzim. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 Enzim merupakan senyawa protein yang berfungsi sebagai katalisator reaksi Cara Kerja Enzim & Faktor yang Mempengaruhi
Cara Kerja Enzim
(a) Teori Gembok dan Kunci
(b) Teori Kecocokan yang Terinduksi

A. Cara Kerja Enzim

Sebagaimana kita ketahui, enzim bertindak sebagai katalis, artinya enzim sanggup meningkatkan laju reaksi kimia tanpa ikut bereaksi atau dipengaruhi oleh reaksi kimia tersebut. Pada dasarnya, cara kerja enzim meningkatatkan laju reaksi. 

Cara kerja enzim sanggup dijelaskan dengan dua teori, yaitu teori gembok dan anak kunci, dan teori kecocokan yang terinduksi.

1. Teori gembok dan kunci (Lock and key theory)

Teori ini dikemukakan oleh Fischer (1898). Enzim diumpamakan sebagai gembok yang mempunyai kepingan kecil dan sanggup mengikat substrat. Bagian enzim yang sanggup berikatan dengan substrat disebut sisi aktif. Substrat diumpamakan kunci yang sanggup berikatan dengan sisi aktif enzim.

Selain sisi aktif, pada enzim juga ditemukan adanya sisi alosterik. Sisi alosterik sanggup diibaratkan sebagai sakelar yang sanggup mengakibatkan kerja enzim meningkat ataupun menurun. Apabila sisi alosterik berikatan dengan penghambat (inhibitor), konfigurasi enzim akan berubah sehingga aktivitasnya berkurang. Namun, kalau sisi alosterik ini berikatan dengan aktivator (zat penggiat) maka enzim menjadi aktif kembali.

2. Teori kecocokan yang terinduksi (Induced fit theory)

Menurut teori kecocokan yang terinduksi, sisi aktif enzim merupakan bentuk yang fleksibel. Ketika substrat memasuki sisi aktif enzim, bentuk sisi aktif termodifikasi melingkupi substrat membentuk kompleks. Ketika produk sudah terlepas dari kompleks, enzim tidak aktif menjadi bentuk yang lepas. Sehingga, substrat yang lain kembali bereaksi dengan enzim tersebut.

B. Faktor yang Mempengaruhi Kerja Enzim

Seperti halnya protein yang lain, sifat enzim sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungannya. Kondisi yang tidak sesuai sanggup mengakibatkan kerja enzim terganggu. Berikut yaitu beberapa faktor yang memengaruhi kerja enzim.

1. Temperatur
Enzim mempunyai rentang temperatur tertentu supaya sanggup bereaksi dengan optimal. Pada temperatur yang tinggi, enzim akan rusak (terdenaturasi) sebagai sifat umum dari protein. Pada kondisi ini, struktur enzim sudah berubah dan rusak sehingga tidak sanggup dipakai lagi. Adapun pada temperatur yang rendah, enzim berada pada kondisi inaktif (tidak aktif). Enzim akan bekerja kembali dengan adanya kenaikan temperatur yang sesuai. Semua enzim mempunyai kondisi temperatur yang spesifik untuk bekerja optimal.

2. pH
Seperti halnya temperatur, pH sanggup memengaruhi meningkatkan secara optimal kerja enzim. Setiap enzim bekerja pada kondisi pH yang sangat spesifik. Hal ini berkaitan bersahabat dengan lokasi enzim yang bekerja terhadap suatu substrat. Pada umumnya, enzim akan bekerja optimum pada pH 6-8. Perubahan pH lingkungan akan menimbulkan terganggunya ikatan hidrogen yang ada pada struktur enzim. Jika enzim berada pada kondisi pH yang tidak sesuai, enzim sanggup berada pada keadaan inaktif. Dengan adanya kondisi pH yang spesifik ini, enzim tidak akan merusak sel lain yang berada di sekitarnya.

BACA JUGA:

Demikian klarifikasi mengenai Cara Kerja Enzim, semoga artikel Biologi di atas sanggup bermanfaat dan berkhasiat bagi pembaca sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi penjelasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih... ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa.

Ayo kirimkan karya sobat berupa puisi, info unik, cerpen, cerbung, dan lainnya di Mading . Dan jadikan karya sobat dibaca oleh ribuan orang setiap harinya. Buruan, kirim yang banyak!!!

Sumber http://www.zonasiswa.com