Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Gerak Pada Insan (Tulang & Otot)

Sistem Gerak Manusia Manusia mempunyai kemampuan untuk bergerak secara aktif. Gerakan tersebut disebabkan oleh adanya kolaborasi yang kompak antara tulang dan otot. Tulang tidak sanggup bergerak jikalau tidak digerakkan oleh otot. Otot sanggup menggerakkan tulang lantaran mempunyai daya berkontraksi. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan mencoba menjelaskan mengenai Alat Gerak pada Manusia yaitu tulang dan otot. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Gerakan kita tolong-menolong merupakan hasil kolaborasi dari rangka dan otot. Otot yaitu pecahan badan yang bisa berkontraksi, sedangkan rangka tidak mempunyai kemampuan menyerupai itu. Jika otot berkontraksi, secara otomatis rangka juga ikut bergerak lantaran otot terletak menempel dekat dengan rangka. Oleh alasannya yaitu itu sanggup dikatakan bahwa otot yaitu alat gerak aktif, sedangkan rangka merupakan alat gerak pasif. Mengapa rangka sanggup dikatakan sebagai alat gerak pasif? Hal ini disebabkan pergerakan rangka tolong-menolong disebabkan adanya kontraksi otot.

 Manusia mempunyai kemampuan untuk bergerak secara aktif Sistem Gerak Pada Manusia (Tulang & Otot)
Sistem Gerak Pada Manusia (Tulang & Otot)

A. Tulang

Sebagian besar kerangka terdiri atas pecahan bagian keras (tulang) dan kaku, kecuali pada persendian. Komponen yang paling lazim terdapat di dalam kerangka yaitu senyawa kalsium. Pada banyak kerangka avertebrata, kalsium terdapat sebagai kalsium karbonat, sedangkan pada vertebrata sebagai kalsium fosfat. Selain itu, terdapat pula zat-zat lain, menyerupai garam-garam magnesium dan strontium.

Kerangka sanggup terdiri atas zat organik khusus, menyerupai kitin dan kolagen, atau kompleks zat organik dan anorganik. Kompleks ini sangat kuat, lantaran zat anorganik tahan terhadap tekanan, dan komponen organik tahan terhadap tegangan dan memberi elastisitas.

Rangka pada badan insan merupakan rangka endoskeleton, yaitu rangka yang terdapat di dalam tubuh. Rangka berfungsi untuk melekatnya otot rangka, sebagai alat gerak pasif, melindungi organ-organ badan yang lemah, menunjang tubuh, memberi bentuk tubuh, kawasan pembentukan sel-sel darah, dan sebagai kawasan penimbunan mineral.


B. Otot

Otot merupakan alat gerak aktif, lantaran otot mempunyai kemampuan untuk berkontraksi. Kontraksi otot ini menjadikan tulang yang dilekatinya sanggup bergerak. Selain itu, otot mempunyai peranan dalam memperlihatkan bentuk luar badan bersama dengan rangka.

Otot mempunyai tiga sifat dalam menjalankan tugasnya sebagai alat gerak aktif, yaitu kontraksibilitas, ekstensibilitas, dan elastisitas. Gerakan otot untuk memendek dari ukuran semula (kontraksi) sehingga tulang berubah posisi, hal ini disebut kontraksibilitas. Sedangkan, ekstensibilitas merupakan gerak kebalikan dari kontraksibilitas, yaitu kemampuan otot untuk memanjang atau kembali ke ukuran semula (relaksasi) yang menjadikan tulang kembali ke kedudukan semula. Sifat ketiga yaitu elastisitas, yaitu kemampuan otot dari berkontraksi menjadi relaksasi atau sebaliknya.

Secara makroskopis, kumpulan otot diselimuti oleh jaringan ikat berupa selaput transparan yang dinamakan fascia. Ujungujung kumpulan otot tersebut diikat oleh tendon (jaringan ikat antara tulang dan otot) pada tulang. Perlekatan otot pada tulang ini membagi otot menjadi dua macam, yaitu origo dan insersio. Origo yaitu pelekatan ujung otot pada tulang yang menjadikan otot tidak sanggup digerakkan atau sedikit gerak selama otot berkontraksi. Sedangkan, insersio yaitu pelekatan ujung otot pada tulang sehingga otot sanggup digerakkan dikala otot berkontraksi.

BACA LEBIH LANJUT: Jenis dan Cara Kerja Otot

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel di atas wacana Sistem Gerak Manusia, supaya bisa menambah wawasan sahabat sekalian dan tentunya bermanfaat. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa.

Ayo kirimkan karya sahabat berupa puisi, isu unik, cerpen, cerbung, dan lainnya di Mading . Dan jadikan karya sahabat dibaca oleh ribuan orang setiap harinya. Buruan, kirim yang banyak!!!

Sumber http://www.zonasiswa.com