Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gen (Pengertian, Sifat, Fungsi, Struktur, Ekspresi)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan bahan Biologi ihwal Gen mencakup pengertian gen, sifat dan fungsi gen, struktur gen, dan verbal gen. Marilah kita simak selengkapnya.

Pengertian Gen


Gen adalah unit pewarisan sifat bagi organisme hidup. Bentuk fisik yakni urutan DNA yang mengkode protein, polipeptida, atau seuntai RNA yang mempunyai fungsi bagi organisme yang memilikinya.  

Menurut Hunt Morgan, spesialis genetika & embriologi Amerika Serikat, mengemukakan gen sebagai substansi hereditas, yakni suatu kesatuan kimia yang mempunyai sifat sebagai berikut:
  • Gen berupa zarah (zat yang berukuran sangat kecil) yang kompak & mengandung info genetik.
  • Peran gen sangat penting dalam pengaturan perkembangan, metabolisme individu dan pewarisan sifat atau herediter.
  • Setiap gen menempati lokus gen (kromomer) di dalam kromosom.
Beberapa pendapat terkini mendefinisikan gen sebagai suatu lokasi tertentu pada genom yang berafiliasi dengan pewarisan sifat dan sanggup dihubungkan dengan fungsi sebagai regulator (pengendali), target transkripsi, atau peran-peran fungsional lainnya. 

Sifat Gen

Gen mempunyai sifat-sifat sebagai berikut.
a. Mengandung info genetik.
b. Tiap gen mempunyai kiprah dan fungsi berbeda.
c. Pada waktu pembelahan mitosis dan meiosis sanggup mengadakan duplikasi.
d. Bervariasi, ditentukan oleh susunan kombinasi basa nitrogen.
e. Sebagai zarah yang terdapat dalam kromosom. 

Fungsi Gen

Adapun fungsi gen antara lain:
  • Mengatur dan mengontrol perkembangan badan dan metabolisme individu.
  • Menyampaikan info genetik dari generasi ke generasi berikutnya.
  • Menentukan hereditas atau pewarisan sifat pada keturunannya
Struktur Gen

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan bahan Biologi ihwal  GEN (Pengertian, Sifat, Fungsi, Struktur, Ekspresi)
Menurut Fred (2005) bahwa struktur gen tersusun dari:

1.    Daerah pengkode yaitu ekson dan intron yang mengkode RNA atau protein. Intron (intervening sequences) merupakan sekuens yg tidak mengkode asam amino sedangkan ekson merupakan merupakan penggalan yang akan dikode menjadi asam amino.

2.    Promotor
Promotor yakni adalah urutan DNA spesifik yang berperan dalam mengendalaikan transkripsi gen struktural dan terletak di kawasan upstream (hulu) dari penggalan struktural gen. Promotor berfungsi sebagai  tempat awal pelekatan enzim RNA polimerase yang nantinya melaksanakan transkripsi pada penggalan structural.

3.    Operator
Operator merupakan urutan nukelotida yang terletak di antara promotor dan penggalan struktural dan merupakan tempat pelekatan protein represor (penekan atau penghambat verbal gen). Jika ada represor yang menempel di operator maka RNA polimerase g sanggup jalan trus verbal gen tidak sanggup berlangsung.Selain adanya supresor juga terdapatenhancer.Supresor dipakai untuk menghambat sedangkan enhancer dipakai untuk meningkatkan proses transkripsi dengan meningkatkan jumlah RNA polimerase. Namun letaknya tidak pada lokasi yang spesifik ibarat operator, ada yg jauh di upstream atau bahkan downstream dari titik awal transkripsi.

4.    Terminator
Terminator dicirikan dengan struktur jepit rambut / hairpin dan lengkungan yang kaya akan urutan GC yang terbentuk pada molekul RNA hasil transkripsi

Perbedaan Struktur Gen Pada Prokariotik Dan Eukariotik
Pada umumnya struktur gen pada prokariotik dan eukariotik sama yaitu tersusun dari penggalan pengkode, promotor, operator, terminor. Perbedaannya terletak pada penggalan pengkode. Bagian pengkode pada prokariotik terdapat penggalan intron yang tidak sanggup diekspresikan sehingga semuanya ekson, kecuali pada Archaebacteria dan bakteriofag ada yang mempunyai intron. Sedangkan penggalan pengkode pada eukariotik terdiri dari ekson dan intron (Fred, 2005).

Ekspresi Gen

Ekspresi gen yakni proses dimana info dari gen yang dipakai dalam sintesis produk gen fungsional. Produk-produk ini seringkali protein, tetapi dalam non-protein coding gen ibarat gen rRNA atau gen tRNA, produk yakni RNA fungsional. Proses verbal gen dipakai oleh semua kehidupan yang dikenal - eukariota (termasuk organisme multisel), prokariota (bakteri dan archaea) dan virus - untuk menghasilkan mesin makromolekul untuk hidup.

Proses Ekspresi Gen dalam Organisme

Dalam badan insan terdapat banyak gen (unit dasar hereditas dalam kehidupan organisme) yang nantinya akan terekspresi menjadi fenotip (sifat yang tampak), contohnya rambut hitam, kulit sawo matang, hidung mancung, dan sebagainya. Bagaimana suatu gen yang ukurannya sangat kecil sanggup mengakibatkan rambut kita berwarna hitam?

Dalam istilah biologi molekuler kita kenal dengan istilah Dogma Sentral Biologi Molekuler. Apakah itu? Dogma di sini yakni suatu kerangka kerja untuk sanggup memahami urutan transfer info antara biopolymer (DNA, RNA, protein) dengan cara yang paling umum dalam organisme hidup. Sehingga secara garis besar, kepercayaan sentral maksudnya yakni semua info terdapat pada DNA, kemudian akan dipakai untuk menghasilkan molekul RNA melalui transkripsi, dan sebagian info pada RNA tersebut akan dipakai untuk menghasilkan protein melalui proses yang disebut translasi.

Demikian bahan Biologi ihwal Gen mencakup pengertian gen, sifat dan fungsi gen, struktur gen, dan verbal gen yang sanggup kami sampaikan. Semoga membantu..
Sumber http://www.artikelmateri.com