Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

22 Fakta Unik Gajah Yang Belum Kau Ketahui

Fakta Unik Gajah Gajah (Loxodonta) merupakan binatang mamalia darat terbesar di bumi. Gajah yakni binatang herbivora denga badan besar, kuat, dan kekar. Karena fisiknya tersebut, tidak ada predator yang berani memburu mereka, terkecuali manusia. Ciri khas dari gajah yakni belalai, gading, dan indera pendengaran yang dimilikinya. Sebelumnya kita sudah membahas perihal deskripsi Gajah Asia dan Gajah Afrika. Namun, mengetahui deskripsi aja tidaklah cukup. Banyak fakta unik menarik yang perlu teman-teman ketahui perihal gajah. Untuk itu, kami hadirkan fakta-fakta unik-menarik gajah yang belum anda ketahui.

 merupakan binatang mamalia darat terbesar di bumi 22 Fakta Unik Gajah Yang Belum Kamu Ketahui
22 Fakta Unik Gajah Yang Belum Kamu Ketahui | Credit Photo: WWF

  1. Jika seekor gajah meninggal, anggota keluarganya akan merawat tulang-tulangnya dengan sangat baik.
  2. Rata-rata, ukuran indera pendengaran gajah Afrika dan gajah Asia sangat berbeda. Telinga gajah Afrika tiga kali lebih besar daripada indera pendengaran gajah Asia.
  3. Rata-rata gajah cukup umur buang air besar sekitar 36 kilogram per hari!
  4. Baik Gajah Afrika dan Asia memakai indera pendengaran mereka yang besar mendinginkan suhu badan mereka.
  5. Selama Perang Dunia II, bom pertama yang dijatuhkan di Berlin oleh Sekutu menewas satu-satunya gajah di Kebun Binatang Berlin.
  6. Mamalia darat besar ini bisa minum sampai 302 air dalam satu hari.
  7. Mereka sanggup mencium amis air dari jarak 3,2 kilometer.
  8. Gajah yakni satu-satunya mamalia yang tidak bisa melompat.
  9. Setiap gajah mempunyai bentuk indera pendengaran yang berbeda-beda.
  10. Mereka sanggup berenang untuk jarak yang cukup jauh.
  11. Walaupun mempunyai indera pendengaran yang besar, ternyata gajah mempunyai pendengaran yang buruk.
  12. Gajah bisa hidup sampai umur 70 tahun.
  13. Seekor gajah akan menghabiskan sekitar 16 jam per hari hanya untuk makan
  14. Gajah yakni binatang yang tidak usang tidur. Mereka hanya tidur sekitar 5 jam setiap malamnya.
  15. Gajah tidur sambil berdiri.
  16. Belalai mereka tidak mempunyai tulang. Namun, belalai gajah terdiri dari 150.000 otot dan saraf yang membuatnya sangat felsibel dan kuat.
  17. Kulit gajah sangat keras dengan tebal sekitar 1 inci.
  18. Gajah bisa mengontrol belalainya dengan baik. Dengan belalainya, gajah bisa menghisap air, menyeburkan air, mengangkat batang, memetik daun, sampai bisa mengangkat telur burung tanpa menghancurkannya.
  19. Gajah memakai ujung belalainya ibarat halnya kita memakai jari. Dangan ujung belalainya, gajah bisa menggaruk kulit yang gatal, atau menghapus bubuk dari mata mereka.
  20. Belalai gajah juga sanggup berfungsi sebagai selang.
  21. Belalai gajah bisa menhisap 5 liter air dalam sekali hisap.
  22. Gajah mendengarkan dengan kaki dan telinga. Ketika gajah berbicara, mereka membuat bunyi gemuruh bernada rendah yang hampir tidak terdengar tapi bisa mengirim getaran melalui bumi yang bisa dirasakan oleh kaki mereka.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel di atas perihal Fakta Unik Gajah, biar bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat sekalian perihal khasanah tanaman fauna yang ada di dunia. Apabila ada diantara sobat sekalian yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. 

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu goresan pena unik perihal apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah/guru favorit; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading . Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading . Terima kasih... ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa

Sumber http://www.zonasiswa.com