Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membahas Bahan Pengertian Sekretaris Beserta Tugas, Fungsi, Tujuan Dan Jenis Sekretaris Berdasarkan Para Jago Terlengkap

Membahas Materi Pengertian Sekretaris Beserta Tugas, Fungsi, Tujuan dan Jenis Sekretaris Menurut Para Ahli Terlengkap - Sekretaris ialah sebuah profesi administratif yang berbentuk ajun atau mendukung. Nama sekretaris ini merujuk terhadap sebuah pekerjkaan kantor yang punya kiprah menggerakkan pekerjaan rutin, kiprah administratif atau kiprah pribadi dari atasannya.

Membahas Materi Pengertian Sekretaris Beserta Tugas Membahas Materi Pengertian Sekretaris Beserta Tugas, Fungsi, Tujuan dan Jenis Sekretaris Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli

Webster New Dictionary of American Language College
Menurut Webster New Dictionary of American Language College, Secretary is a person employed to keep record, take care correspondence and other writing task, etc, for organization or individual.

C.L Barnhart
Menurut C.L Barnhart, Sekretaris ialah orang yang melaksanakan korespondensi, pelihara warkat dan lainnya, untuk perorangan atau organisasi; seorang kepala pejabat pemerintah yang mengawasi dan memimpin suatu departemen pemerintahan tertentu; sebuah perabotan untuk digunakan sebagai meja tulis; sebuah meja dan rak buku di atasnya.

H.W Fowler dan F.G Fowler
Menurut H.W Fowler dan F.G Fowler, Sekretaris ialah orang yang bekerja terhadap orang lain untuk menunjang dalam korespondensi, pekerjaan tulis, meraih informasi, dan masalah-masalah lain; pegawai yang ditunjuk oleh masyarakat, perusahaan, atau perserikatan untuk melaksanakan korespondensi, pelihara warkat, terlebih yang berurusan dengan perusahaannya; menteri yang mengepalai kantor pemerintahan.

Louis C. Nahassy dan William Selden
Menurut Louis C. Nahassy dan William Selden, Sekretaris ialah pegawai kantor yang alasannya ialah kedudukannya punya tanggung jawab yang lebih daripada tanggung jawab seorang stenografer. Tugasnya biasanya mencakup pengambilan dan penyalinan dikte (menyalin apa yang disampaikan oleh pimpinan ke dalam bentuk tulisan, biasanya yang didiktekan ialah rancangan surat) yang berurusan dengan publik, menjawab telepon, menjadikan pertemuan, mengakibatkan perjanjian, serta pelihara atau mengarsip warkat-warkat dan surat-surat. Seorang sekretaris kerap bertindak sebagai seorang pembantu manajemen atau pimpinan muda.

M.Braum dan Roman
Menurut M.Braum dan Roman, Sekretaris ialah pembantu dan seorang pimpinan yang mendapatkan pendiktean, mempersiapkan surat-menyurat, mendapatkan tamu, menyidik atau mengingatkan pimpinannya perihal kewajiban yang sudah dijanjikan, dan lakukan banyak kewajiban lain yang memiliki tujuan meningkatkan efektivitas dan pimpinannya tersebut.

Gie di dalam Saiman (2002:25)
Menurut Gie di dalam Saiman (2002:25), Sekretaris ialah seorang petugas yang pekerjaannya menyelenggarakan urusan surat-menyurat termaksud mempersiapkan bagi seorang pejabat penting atau suatu organisasi.

Wursanto di dalam Saiman (2002:25)
Menurut Wursanto di dalam Saiman (2002:25), Sekretaris ialah seorang pegawai yang bertugas menolong pimpinan kantor di dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan cermat kepala atau pimpinannya.

Tugas Sekretaris

Tugas seorang sekretaris yakni mengetik, penggunaan pc dan pengaturan agenda. Lebih jelasnya, kiprah sekretaris yakni menjalankan pekerjaan rutin, kiprah administratif atau kiprah teristimewa punya atasan. Sekretaris umumnya bekerja dibelakang meja dan sebagian besar sekretaris ialah wanita.

Fungsi Sekretaris

Adapun manfaat sekretaris organisasi atau perusahaan pada atasan dan juga bawahan, diantaranya yaitu:

a. Fungsi Terhadap Atasan
Adapun manfaat sekretaris pada atasan yaitu:

  • Sebagai penentu kebijakan yang berdifat adil bagi pegawai, mengenai bersama dengan pengaturan posisi yang sesuai dengaan kehalian masing-masing
  • Sebagai sumber yang dibutuhkan pimpinan di dalam memenuhi kiprah dan fungsinya
  • Sebagai penerus impian pimpinan kepada bawahan di dalam pelaksanaan tugas
  • Sebagai alternatif kesimpulan gagasan yang dikeluarkan pimpinan
  • Sebagai faktir penunjang di dalam keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi dan cerminan pimpinan bagi bawahan.

b. Fungsi Terhadap Bawahan
Adapun manfaat sekretaris terhadap bawahan yaitu:

  • Sebagai kemudahan pemeri semangat kerja kepada pegawai bawahan sehingga pekerjaan yang dikerjakan sanggup bekerja bersama dengan baik dan lancar cocok obyek yang diinginkan
  • Memberikan rasa besar hati terhadap bawahannya dalam laksanakan pekerjaan perusahaan atau organisasi
  • Menerima pendapat dan undangan bawahan dalam beraneka masalah yang dihadapi
  • Mengadakan pendekatan terhadap bawahan sehingga mengerahkan dan tahu kelemahan dan permohonan bawahan.

Tujuan Sekretaris

Tujuan dibentuknya sekretaris dalam organisasi atau perusahaan yaitu:
  • Menjamin kelancaran berlangsungnya kesibukan organisasi/perusahaan dan bertanggung jawab dalam kesibukan rutin yang dikerjakan perusahaan/organisasi bersama dengan menyalurkan ilmu yang dimiliki.
  • Menjadi contoh utama pemimpin untuk merundingkanhal yang menjadi masalah dalam menggerakkan pekerjaan perusahaan/organisasi.
  • Membantu kelancaran kesibukan pimpinan terlebih dalam kesibukan administrasi
  • Meningkatkan gambaran atasan
  • Memperlancar kesibukan ketatausahaan dikantor layaknya mengetik, kompiter, kearsipan dan penggandaan dokumen yang diharapkan suatu perusahaan.
  • Mempererat relasi atasan bersama dengan bawahan dalam hal komunikasi, atau bersama dengan kata lain sebagai sarana penghubung pada atasan dan bawahan dalam perusahaan
  • Media perekam, penyimpan, pengingat kesibukan atasan dalam wujud penyususnan jadwal kerja harian dalam perusahaan/organisasi.

Jenis-Jenis Sekretaris

Dalam Wursanti (2006:2), sekertaris dibedakan menjadi sebagian jenis, diantaranya yaitu:

Sekretaris Organisasi
Sekretaris Organisasi atau sekretaris instasi, sekretaris perusahaan, business secretary, excecutive secretary. Seorang sekretaris organisasi disamping menggerakkan kiprah atas perintah pimpinan, juga berkedudukan sebagai manajer yang mengelola suatu unit kerja dalam bidang kesekretariatan. Contoh sekretaris organisasi yaitu sekretaris jendral, sekretaris kabinet, sekretaris lokasi dan lain sebagainya.

Sekretaris Pribadi dan Sekretaris Pimpinan
Sekretaris Pribadi
Sekretaris teristimewa ialah seseorang yang mengejakan kesibukan perkantoran untuk mendukung seseorang dan berwujud pribadi. Dengan kata lain, sekretaris teristimewa ialah seseorang yang diangkat dan digaji oleh perorangan.

Sekretaris Pimpinan
Sekretaris pimpinan ialah seseorang pembantu pimpinan yang bertugas mengerjakan kiprah perkantoran untuk pimpinan tertentu.
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com