Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Struktur Badan Virus: Ukuran, Bentuk, & Susunan Tubuh

Struktur Virus - Virus mempunyai sifat makhluk hidup, namun dia pun sanggup dikristalkan (dimatikan sementara), sedangkan tak ada satu sel hidup pun yang sanggup dikristalkan tanpa mengalami kerusakan. Virus berukuran lebih kecil dari semua jenis sel yang ada di bumi ini, namun sanggup memperlihatkan imbas yang besar bagi kehidupan. Nah, pada kesempatan kali ini akan mencoba mengurai bahan wacana Struktur Virus baik ukuran, bentuk dan susunan badan virus. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 sedangkan tak ada satu sel hidup pun yang sanggup dikristalkan tanpa mengalami kerusakan Struktur Tubuh Virus: Ukuran, Bentuk, & Susunan Tubuh
Struktur Tubuh Virus: Ukuran, Bentuk, & Susunan Tubuh

A. Ukuran Virus

Virus berukuran sangat kecil dan hanya sanggup dilihat dengan memakai mikroskop elektron. Ukuran virus sekitar 20 – 300 milimikron, jauh lebih kecil dari ukuran bakteri, yaitu 10 mikron.

Untuk mengambarkan bahwa ukuran virus sangat kecil, Iwanovski dan M. Beijerinck melaksanakan eksperimen dengan penyaringan. Ternyata virus tetap lolos dari saringan keramik, sedangkan basil tersaring sebab ukurannya lebih besar daripada virus.

B. Bentuk Virus

Virus sanggup berbentuk oval, batang (memanjang), abjad T, dan sanggup juga berbentuk bulat.

Virus mempunyai struktur yang sangat sederhana. Virus hanya terdiri dari bahan genetik berupa DNA atau RNA yang dikelilingi oleh suatu  protein pelindung yang disebut kapsid. Kapsid dibangun oleh subunitsubunit yang identik satu sama lain yang disebut kapsomer. Bentuk kapsomer-kapsomer ini sangat simetris dan suatu ketika sanggup mengkristal. Pada beberapa virus, menyerupai virus herpes dan virus influenza, sanggup pula dilengkapi oleh sampul atau envelope dari lipoprotein (lipid dan protein). Pembungkus ini merupakan membran plasma yang berasal dari sel inang virus. Suatu virus dengan bahan genetik yang terbungkus oleh pembungkus protein disebut partikel virus atau virion.

Virus bukan sel atau makhluk hidup sebab tidak mempunyai sitoplasma dan organel sel tidak melaksanakan metabolisme serta berukuran sangat kecil sehingga mustahil mempunyai struktur sel.

C. Susunan Tubuh Virus

Walaupun virus mempunyai aneka macam ukuran dan bentuk, mereka mempunyai motif struktur yang sama, yaitu sebagai berikut.

  1. Kapsid
    Kapsid merupakan lapisan pembungkus DNA atau RNA, kapsid sanggup berbentuk heliks (batang), contohnya pada virus mozaik, ada yang berbentuk polihedral pada virus adenovirus, ataupun bentuk yang lebih kompleks lainnya.

    Kapsid yang paling kompleks ditemukan pada virus Bbakteriofaga (faga). Faga yang pertama kali dipelajari meliputi tujuh faga yang menginfeksi basil Escherichia coli, ketujuh faga ini diberi nama tipe 1 (T1), tipe 2 (T2), tipe 3 (T3) dan seterusnya sesuai dengan urutan ditemukannya.

  2. Kapsomer
    Kapsomer yakni subunit-subunit protein dengan jumlah jenis protein yang biasanya sedikit, kapsomer akan bergabung membentuk kapsid, contohnya virus mozaik tembakau yang mempunyai kapsid heliks (batang) yang kaku dan tersusun dari seribu kapsomer, namun dari satu jenis protein saja.

  3. Struktur pelengkap lainnya
    Struktur pelengkap lainnya, yaitu selubung virus yang menyelubungi kapsid dan berfungsi untuk menginfeksi inangnya. Selubung ini terbentuk dari fosfolipid dan protein sel inang serta protein dan glikoprotein yang berasal dari virus itu sendiri. Tidak semua virus memliki struktur pelengkap ini, ada beberapa yang memilikinya, contohnya virus influenza. Secara kebetulan faga tipe genap yang diketemukan (T2, T4 dan T6) mempunyai kemiripan dalam struktur, yaitu kapsidnya mempunyai kepala iksohedral memanjang yang menyelubungi DNA dan struktur pelengkap lainnya, yaitu pada kepala iksohedral tersebut menempel ekor protein dengan serabut-serabut ekor yang dipakai untuk menempel pada suatu bakteri.

BACA JUGA:
1. Cara Hidup dan Perkembangbiakan Virus
2. Ciri-ciri Virus

Terima kasih sudah berkenan membaca artikel tersebut di atas wacana Struktur Tubuh Virus, agar sanggup bermanfaat bagi sobat sekalian. Apabila ada dari sobat yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan dari artikel tersebut di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) ke teman-teman lainnya juga ya.

Ayo kirimkan karya sobat berupa puisi, isu unik, cerpen, cerbung, dan lainnya di Mading . Dan jadikan karya sobat dibaca oleh ribuan orang setiap harinya. Buruan, kirim yang banyak!!!

Sumber http://www.zonasiswa.com