Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Ciri-Ciri Virus Yang Perlu Kau Ketahui

Ciri-ciri Virus sobat pastinya sudah kenal betul kan dengan yang namanya virus. Itu loh, mikro-organisme yang menciptakan kita yang terserang menjadi sakit. Gejala atau penyakit yang disebabkan oleh virus banyak sudah kita jumpai, yang paling sering yaitu flu dan virus yang sedang terkenal ketika ini yaitu virus ebola yang tengah menjangkit wilayah Afrika sana. Nah, pada kesempatan kali ini, akan mencoba menghadirkan beberapa Ciri-ciri Virus untuk mengenal sosok virus lebih jauh. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 sobat pastinya sudah kenal betul kan dengan yang namanya virus 8 Ciri-Ciri Virus yang Perlu Kamu Ketahui
Virus Ebola | 8 Ciri-Ciri Virus

Virus mempunyai ciri dan struktur yang sangat berbeda sama sekali dengan organisme lain, ini lantaran virus merupakan satu sistem yang paling sederhana dari seluruh sistem genetika. Ciri virus yang telah diidentifikasi oleh para ilmuwan, yaitu sebagai berikut.

1. Virus bersifat parasit. 
Virus hanya sanggup hidup pada sel hidup atau bersifat benalu intraselluler obligat, contohnya dikembangbiakan di dalam embrio ayam yang masih hidup.

2. Virus berukuran sangat kecil sekitar 20-300 milimikron. 
Virus mempunyai ukuran yang paling kecil dibandingkan kelompok taksonomi lainnya. Ukuran virus yang paling kecil mempunyai ukuran diameter 20 nm dengan jumlah gen 4, lebih kecil dari ribosom dan yang paling besar mempunyai beberapa ratus gen, virus yang paling besar dengan diameter 80 nm (Virus Ebola) juga tidak sanggup dilihat dengan mikroskop cahaya sehingga untuk pengamatan virus di gunakan mikroskop elektron.

3. Virus mempunyai DNA dan RNA. 
Nama virus tergantung dari asam nukleat yang menyusun genomnya (materi atau partikel genetik) sehingga terdapat virus DNA dan juga virus RNA.

4. Virus tidak mempunyai enzim metabolisme dan tidak mempunyai ribosom ataupun perangkat/organel sel lainnya
Namun beberapa virus mempunyai enzim untuk proses replikasi dan transkripsi dengan melaksanakan kombinasi dengan enzim sel inang, contohnya Virus Herpes.

5. Setiap tipe virus hanya sanggup menginfeksi beberapa jenis inang tertentu. 
Jenis inang yang sanggup diinfeksi oleh virus ini disebut kisaran inang, yang penentuannya tergantung pada evolusi pengenalan yang yang dilakukan virus tersebut dengan memakai kesesuaian " lock and key atau lubang dan kunci " antara protein di cuilan luar virus dengan molekul reseptor (penerima) spesifik pada permukaan sel inang. Beberapa virus mempunyai kisaran inang yang cukup luas sehingga sanggup menginfeksi dan menjadi benalu pada beberapa spesies. Misalnya, virus flu burung sanggup juga menginfeksi babi, unggas ayam dan juga manusia, virus rabies sanggup menginfeksi mammalia termasuk rakun, sigung, anjing dan monyet.

6. Virus merupakan makhluk hidup yang bisa dikristalkan. 
Virus tidak dikategorikan sel lantaran hanya berisi partikel penginfeksi yang terdiri dari asam nukleat yang terbungkus di dalam lapisan pelindung, pada beberapa perkara asam nukleatnya terdapat di dalam selubung membran. Penemuan yang dilakukan oleh Stanley Miller, bahwa beberapa virus sanggup dikristalkan sehingga virus bukanlah sel hidup, alasannya sel yang paling sederhana pun tidak sanggup beragregasi menjadi kristal. Akan tetapi, virus mempunyai DNA atau RNA sehingga virus sanggup juga dikategorikan organisme hidup.

7. Genom virus lebih beragam. Genom virus lebih bermacam-macam dari genom konvensional (DNA untai tunggal atau single heliks) yang dimiliki oleh organisme lainnya, genom virus mungkin terdiri dari DNA untai ganda, RNA untai ganda, DNA untai tunggal ataupun sanggup juga RNA untai tunggal, tergantung dari tipe virusnya.

8. Virus tidak mempunyai kemampuan untuk memperbanyak diri di luar sel-sel hidup. 
Dapat dikatakan virus bukanlah makhluk hidup yang mandiri, melainkan makhluk hidup yang memanfaatkan sel-sel hidup untuk memperbanyak diri.

Semoga artikel tersebut di atas wacana Ciri-ciri Virus bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Apabila ada dari sobat yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan dari artikel tersebut di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) artikel ini ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih...

Ayo kirimkan karya sobat berupa puisi, gosip unik, cerpen, cerbung, dan lainnya di Mading . Dan jadikan karya sobat dibaca oleh ribuan orang setiap harinya. Buruan, kirim yang banyak!!!

Sumber http://www.zonasiswa.com