Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Pengetian Udp, Fungsi, Cara Kerja, Dan Perbedaannya Dengan Tcp

Penjelasan Pengetian UDP, Fungsi, Cara Kerja, dan Perbedaannya dengan TCP - Bagi Anda yang sudah banyak berkutat di bidang jaringan komputer, tentu sudah tak absurd lagi bersama dengan makna UDP maupun TCP. Dengan adanya UDP, maka pengguna komputer dimungkinkan untuk menggunakan bermacam macam kegunaan protokol tersebut. Agar lebih memahami lagi apa memang UDP itu, kegunaan dan cara kerjanya, juga apa saja perbedaannya bersama dengan TCP, mari gotong royong perhatikan artikel di bawah ini.

 Bagi Anda yang sudah banyak berkutat di bidang jaringan komputer Penjelasan Pengetian UDP, Fungsi, Cara Kerja, dan Perbedaannya dengan TCP


Pengertian UDP

User Datagram Protocol (UDP) merupakan keliru satu jenis protokol internet. Melalui UDP, sebuah aplikasi komputer dimungkinkan untuk mengirim pesan kepada komputer lain di sebuah jaringan tanpa wajib melalui sistem komunikasi awal.

UDP mempunyai karakteristik utama berwujud “connectionless”, artinya, pesan yang dikirimkan melalui UDP bisa hingga tanpa memerlukan sistem perundingan koneksi pada dua komputer host yang dambakan bertukar info. Selain itu, karakteristik UDP lainnya ialah “unreliable”, berarti seluruh pesan yang dikirimkan tidak mempunyai no urut atau pesan pemberitahuan. Jika sepanjang transmisi tersedia pesan-pesan yang hilang, maka protokol aplikasi yang letaknya di atas UDP wajib memulihkan pesan tersebut.

Fungsi UDP

UDP sendiri mempunyai lebih dari satu kegunaan khusus, di antaranya ialah :
  • Cocok untuk mengirimkan informasi yang memerlukan kecepatan daripada kehandalan, ibarat apabila video atau audio streaming.
  • Salah satu protokol yang “ringan”, berarti bisa secara efisien Mengenakan sumber daya profesor dan memori, lebih-lebih menghematnya. Jika sebuah protokol bisa dikatakan ringan, maka protokol tersebut bisa laksanakan kegunaan khusus bersama dengan saling bertukar pesan, ibarat apabila query nama dalam DNS.
  • UDP mengimplementasikan akomodasi keandalan, berarti protokol ini memfasilitasi akomodasi pertukaran information bersama dengan andal, ibarat apabila yang ditemukan pada TFTP (Trivial File Transfer Protocol), dan NFS.
  • Tidak memerlukan keandalan, apabila saja pada anggota Routing Information Protocol (RIP).
  • Dapat laksanakan transmisi broadcast, gara-gara tak wajib adanya koneksi lebih-lebih dahulu bersama dengan host yang spesifik. Sebuah paket information bisa dikirimkan bersama dengan lebih dari satu obyek yang dialamatkan pada multicast atau broadcast.


Perbedaan UDP dan TCP

Seringkali, UDP dikaitkan bersama dengan TCP. Tentu Anda yang tertarik sanggup dunia jaringan kerap mendengar ke-2 makna ini, namun tak banyak yang sudah memahami perbedaannya bersama dengan jelas. Transmission Control Protocol (TCP) sendiri memang juga merupakan keliru satu protokol ibarat UDP yang juga memfasilitasi lebih dari satu komputer sehingga bisa saling berkomunikasi dan bertukar information dalam jaringan. UDP bisa dikatakan sebagai keliru satu protokol lapisan transport TCP/IP yang menolong komunikasi unreliable (tidak handal), berarti tidak diharapkan koneksi pada komputer host dalam jaringan.

Bisa dibilang, UDP sendiri ialah kebalikan berasal dari transport layer TCP. Dengan adanya UDP, pengguna bisa mengirimkan paket-paket melalui aplikasi socket yang berwujud datagram. Terdapat dua jenis koneksi, yakni reliable (handal) dan unreliable (tak handal). Bedanya, bila koneksi reliable sanggup memberi perhiasan konfirmasi sementara sistem pengiriman information gagal, koneksi unreliable tak sanggup berikan notifikasi bahwa sebuah information gagal dikirimkan. Secara umum, perbedaan pada UDP dan TCP bisa dijabarkan dalam lebih dari satu poin tersebut :

  1. Contoh Aplikasi : Beberapa pola aplikasi yang menggunakan protokol TCP pada lain TELNET, FTP (File Transfer Protocol), dan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Sementara itu, lebih dari satu pola aplikasi yang menggunakan UDP pada lain : DNS (Domain Name System), SNMP (Simple Network Management Protocol), TFTP dan SunRPC.
  2. Karakteristik : TCP merupakan sebuah protokol yang mempunyai karakteristik berbasis koneksi (connection oriented), sementara UDP tidak berbasis koneksi (connectionless).
  3. Pengiriman Data : TCP Mengenakan jalan information full duplex, berarti pada saluran dan jalan terlihat information terpisah menjadi dua buah jalur, sehingga sistem pengiriman dan penerimaan bisa dikerjakan secara simultan. Sementara itu, UDP mengirimkan information dalam bentuk paket (datagram), tanpa adanya no identifier. Artinya, besar mungkin information yang didapat tidak urut dan bisa menjadi mengalami kerusakan atau lebih-lebih hilang sepanjang sistem pengiriman berasal dari host asal ke tujuan.
  4. Port : TCP menggunakan port yang mengadopsi 16-bit integer (di pada 0-65535), yang pada port satu dan port lainnya wajib unik (berbeda). Sementara itu,UDP pun menggunakan porti 16-bit integer pula, namun dibagi-bagi menjadi 3 bagian, yatu port 1-1023 untuk well-known port, port 1024-49151 untuk registered port, dan sisanya untuk ephemeral port di no 49152-65535.
  5. Komunikasi : TCP memingkinkan lebih dari satu komputer tidak sama saling berkomunikasi dan bertukar data. Sementara UDP sendiri tidak cukup begitu handal untuk memfasilitasi komunikasi tanpa koneksi pada lebih dari satu komputer host dalam jaringan TCP/IP.

Cara Kerja UDP

Seperti juga pada problem TCP,UDP pun mempunyai sebuah saluran (channel) yang bermanfaat untuk menghubungkan host antar host untuk saling berkirim informasi. Channel ini kemudian disebut bersama dengan port UDP. Agar bisa terhubung bersama dengan protokol UDP, aplikasi pada komputer lebih-lebih dahulu wajib menyediakan alamat IP dan juga no port UDP berasal dari host yang dambakan dituju.

Port UDP ini bermanfaat sebagai sebuah multiplexed message queue. Artinya, port UDP tersebut kemudian bisa bekerja bersama dengan terima lebih dari satu pesan secara bersamaan. Setiap port UDP mempunyai identifikasi bersama dengan no yang unik, namun mempunyai bab tersendiri ibarat yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Walaupun memadai bermanfaat, namun UDP sendiri mempunyai lebih dari satu kelemahan dalam cara kerjanya. Misalnya saja, UDP tidak memfasilitasi prosedur buffering information masuk dan keluar. Selain itu, UDP juga tak memfasilitasi segmentasi information yang ukurannya besar untuk disederhanakan ke dalam segmen-segmen data, yang bisa dikerjakan bersama dengan TCP. Dalam protokol UDP juga tidak terdapat prosedur flow-control ibarat seakan-akan TCP.

Demikianlah pengertian UDP, fungsi, cara kerja, dan perbedaannya bersama dengan TCP. Tentu pada UDP dan TCP saling berkenaan dalam hal jaringan komputer, yang membuatnya sebagai protokol bermanfaat yang bisa menolong pengguna saling berkomunikasi dan berkirim data.
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com