Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Sifat-Sifat Umum Enzim

Sifat-sifat Enzim Enzim merupakan salah satu komponen yang berperan penting untuk memperlancar berlangsungnya proses reaksi metabolisme dalam sel makhluk hidup. Enzim bukanlah penambah energi awal dalam bereaksinya substrat, tetapi hanya sebagai pengikat sementara sehingga reaksi sanggup berlangsung pada keadaan di bawah energi aktivasinya. Bayangkan bila tidak ada enzim, reaksi-reaksi kimia dalam badan akan berjalan lambat.

Setelah mengenal apa itu enzim dan cara kerjanya, pada kesempatan kali ini akan menhadirkan beberapa sifat-sifat umum enzim. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 Enzim merupakan salah satu komponen yang berperan penting untuk memperlancar berlangsungn 8 Sifat-sifat Umum Enzim
Sifat-sifat Umum Enzim | https://duniapendidikand.blogspot.com

Sebagai biokatalisator, enzim mempunyai beberapa sifat antara lain:


  1. Enzim hanya mengubah kecepatan reaksi, artinya enzim tidak mengubah produk selesai yang dibuat atau mensugesti keseimbangan reaksi, hanya meningkatkan laju suatu reaksi.
  2. Enzim bekerja secara spesifik, artinya enzim hanya mensugesti substrat tertentu saja. Misalnya, enzim katalase hanya bisa menghidrolisis H2O2 menjadi H2O dan O2.
  3. Enzim merupakan protein. Oleh alasannya yaitu itu, enzim mempunyai sifat menyerupai protein. Antara lain bekerja pada suhu optimum, umumnya pada suhu kamar. Enzim akan kehilangan aktivitasnya alasannya yaitu pH yang terlalu asam atau basa kuat, dan pelarut organik. Selain itu, panas yang terlalu tinggi akan menciptakan enzim terdenaturasi sehingga tidak sanggup berfungsi sebagai mana mestinya.
  4. Enzim merupakan biokatalisator. Enzim dalam jumlah sedikit saja sanggup mempercepat reaksi beribu-ribu kali lipat, tetapi dia sendiri tidak ikut bereaksi.
  5. Enzim bekerja secara bolak-balik. Reaksi-reaksi yang dikendalikan enzim sanggup berbalik, artinya enzim tidak memilih arah reaksi tetapi hanya mempercepat laju reaksi sehingga tercapai keseimbangan. Enzim sanggup menguraikan suatu senyawa menjadi senyawa-senyawa lain. Atau sebaliknya, menyusun senyawa-senyawa menjadi senyawa tertentu.
  6. Enzim dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Faktor-faktor yang mensugesti kerja enzim yaitu suhu, pH, aktivator (pengaktif), dan inhibitor (penghambat) serta konsentrasi substrat.
  7. Enzim bersifat termolabil. Aktivitas enzim dipengaruhi oleh suhu. Jika suhu rendah, kerja enzim akan lambat. Semakin tinggi suhu, reaksi kimia yang dipengaruhi enzim semakin cepat, tetapi bila suhu terlalu tinggi, enzim akan mengalami denaturasi.
  8. Bahan kawasan kerja enzim disebut substrat dan hasil dari reaksi disebut produk. Dengan demikian enzim sanggup dipakai kembali untuk mengkatalisis reaksi yang sama, berikutnya.


BACA JUGA:

Demikian klarifikasi mengenai Sifat-sifat Enzim, supaya artikel Biologi di atas bisa bermanfaat dan mempunyai kegunaan bagi pembaca sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi penjelasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih... ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa.

Ayo kirimkan karya sobat berupa puisi, isu unik, cerpen, cerbung, dan lainnya di Mading . Dan jadikan karya sobat dibaca oleh ribuan orang setiap harinya. Buruan, kirim yang banyak!!!

Sumber http://www.zonasiswa.com