Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bridge Beserta Pengertian, Fungsi Dan Bagaimana Cara Kerja Bridge Terlengkap

Bridge Beserta Pengertian, Fungsi Dan Bagaimana Cara Kerja Bridge Terlengkap - Untuk jaringan internet bersama dengan komputer yang amat banyak bersama dengan cuma mengandalkan satu jaringan LAN, umumnya bila terjadi suatu kasus pada jaringan, maka seluruh komputer sanggup terkena dampaknya. Belum lagi bila suasana geografis bangunan cukup besar dan luas, tentu saja sanggup menjadi kasus tersendiri bila cuma terkandung satu jaringan LAN saja.

 Fungsi Dan Bagaimana Cara Kerja Bridge Terlengkap Bridge Beserta Pengertian, Fungsi Dan Bagaimana Cara Kerja Bridge Terlengkap


Mengatasi hal ini, terkandung alat-alat yang bisa mengantisipasi kasus berikut sekaligus menambah performa LAN, bila repeater, bridge, atau router. Dalam artikel kali ini, sanggup dibahas mengenai pengertian bridge, fungsi bridge, berlebihan dan kekurangan bridge, serta langkah kerja bridge.

Pengertian Bridge

Bridge atau network bridge yang dalam arti bhs Indonesia disebut dengan jembatan jaringan merupakan sebuah komponen jaringan yang banyak dipergunakan untuk memperluas jaringan atau sebabkan segmen jaringan. Bridge sanggup menghubungkan sesama jaringan LAN (Local Area Network) komputer. Selain itu, bridge termasuk digunakan untuk mengubungkan type jaringan pc yang berlainan ibarat Ehernet. Bridge bakal memetakan alamat Ethernet berasal dari setiap titik yang ada pada masing-masing segmen jaringan setelah itu menyeleksi dan hanya memperbolehkan pindahan information yang diperlukan lewat jaringan.

Bridge umumnya memakai topologi tree. Artinya, hanya ada sebuah rute untuk banyak sekali obyek transmisi atau paket information yang bakal dipindahkan. Dara bakal menempuh beberapa jalur yang seringkali sebabkan keterlambatan transmisi data. Ibaratnya sebuah paket, bridge berfaedah untuk memilih segmen obyek dan sumber. Jika segmen sama, maka paket bakal ditolak, waktu kecuali segmen berbeda, maka paket bakal diteruskan ke segmen tujuan.

Cara kerja bridge jauh lebih canggih daripada repeater, meskipun begitu belum secanggih router. Bridge bekerja pada susunan information link layer type OSI (Open System Interconnection). Dengan type OSI, bridge sanggup menghubungkan jaringan pc yang memakai metode transmisi yang berlainan atau medium access control yang berbeda. Berbeda dengan router yang bekerja pada susunan jaringan dan repeater yang bekerja pada susunan fisik.

Fungsi Bridge

Secara umum, bridge ialah alat yang berfaedah untuk menghubungkan dua jaringan. Bridge terhitung berfaedah untuk memecah satu jaringan yang besar menjadi dua jaringan lebih kecil sehingga bakal menambah performa jaringan. Fungsi bridge lainnya secara detail bisa dijabarkan didalam sebagian poin berikut :

1. Sebagai Penghubung Dua Jaringan di Tempat Jauh

Secara geografis, contohnya saja di sebuah universitas, terkandung sebagian bangunan yang terpisah tidak mengecewakan jauh. Akan lebih hemat untuk punya LAN yang terpisah di tiap-tiap bangunan dan menghubungkannya bersama dengan bridge, dibanding kecuali mesti menyambungkan seluruh kawasan bersama dengan pakai kabel koaksial.

2. Otonomi dari Masing-masing Jaringan
Seperti di jaringan perkantoran, tiap-tiap departemen punya kepentingannya masing-masing, punya computer pribadi, workstation, dan servernya sendiri. Setiap departemen yang obyek tidak serupa bakal lebih baik bersama dengan jaringan yang tidak serupa tapi membuka bersama dengan pakai bridge.

3. Untuk Mengakomodasi Beban Jaringan
Misalkan di sebuah universitas banyak workstation yang berlebihan beban dikarenakan banyak digunakan oleh mahasiswa dan dosen untuk digunakan menghendaki file yang berada di mesin file server untuk diunduh ke mesin pengguna menurut permintaan. Jika ukuran file besar, maka bakal menghambat penyimpanan di LAN tunggal, sehingga bakal lebih baik pakai dua LAN yang dihubungkan bersama dengan bridge.

Kelebihan dan Kekurangan Bridge

Sebagai sebuah jembatan jaringan, bridge memiliki berlebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihan bridge ialah ia cuma sanggup bekerja pada susunan Data Link, sehingga tidak dimungkinkan terjadinya transmisi berasal dari satu protokol ke protokol lainnya. Selain itu, bridge terhitung sanggup membantu sebagian protokol layaknya NetBEUI dan LAT yang tidak bisa saja dilayani oleh router.

Walau begitu, bridge memiliki kekurangan layaknya tidak dimungkinkannya transmisi lewat jalur atau protokol yang berbeda. Selain itu, bridge terhitung cuma meneruskan paket berasal dari satu jaringan ke jaringan lainnya bersama dengan kecepatan 10 MBPS. Bridge terhitung cuma meneruskan transmisi tanpa sanggup menerjemahkan komunikasi antar protokol.

Cara Kerja Bridge

Untuk mengerti langkah kerja bridge, bridge sanggup dimisalkan layaknya ‘repeater yang cerdas’. Repeater bekerja bersama langkah mendapatkan tanda yang tiba dari sebuah kabel jaringan, laksanakan amplifikasi terhadap tanda tersebut, lantas mengirim tanda berikut ke kabel jaringan lainnya. Repeater laksanakan kerjanya ini secara buta tanpa mencermati isi pesan yang terdapat di dalam tanda tersebut.

Kontras bersama kerja repeater, bridge merupakan alat yang sedikit lebih cerdas. Bridge sanggup mengerti isi dari tanda yang datang. Bridge sanggup mendapatkan tanda dan secara otomatis mendapatkan alamat tiap-tiap komputer di dua jaringan yang terhubung lewat bridge. Kemudian bridge termasuk sanggup memilah pesan yang tiba dari satu segi jaringan, lantas laksanakan broadcast di jaringan lainnya, namun jikalau dan cuma jikalau tanda pesan dari satu jaringan berikut sebetulnya bertujuan untuk diinfokan terhadap jaringan yang lain.

Sebagai contoh, contohnya bridge digunakan untuk menghubungkan departemen marketing dan departemen keuangan di suatu perusahaan, bersama tiap-tiap departemen miliki server tersendiri. Bridge lantas bekerja biar kedua jaringan tidak saling memicu macet. Bridge sanggup menghubungkan satu komputer di departemen marketing dan satu lainnya di departemen keuangan kala dibutuhkan. Dengan begitu, secara keseluruhan kinerja kedua jaringan berikut meningkat.
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com