Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membahas Bahan Pengertian Ideologi Pancasila Beserta Fungsi, Makna Dan Dimensi Ideologi Pancasila Terlengkap

Membahas Materi Pengertian Ideologi Pancasila Beserta Fungsi, Makna dan Dimensi Ideologi Pancasila Terlengkap - Pancasila yaitu falsafah (anggapan, inspirasi dan sikap) bangsa yang wajib dihayati oleh rakyat Indonesia. Pancasila sebagai falsafah negara dijadikan pula sebagai dasar ideologi bagi bangsa Indonesia untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, ini disebut bersama Ideologi Pancasila.

Membahas Materi Pengertian Ideologi Pancasila Beserta Fungsi Membahas Materi Pengertian Ideologi Pancasila Beserta Fungsi, Makna dan Dimensi Ideologi Pancasila Terlengkap

Ideologi Pancasila yaitu nilai luhur budaya dan religius bangsa Indonesia. Dengan kedudukan pancasila sebagai dasar negara dan juga ideologi negara, Ideologi Pancasila diartikan sebagai kumpulan nilai atau norma yang menurut sila-sila pancasila. Sebagai ideologi nasional punya pemahaman didalam sudut pandang budaya bangsa bukan sudut pandang kekuasaaan.


Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Adapun manfaat pancasila sebagai ideologi yaitu:
  • Menyatukan, memperkokoh dan pelihara kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia
  • Membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia untuk capai tujuannya
  • Memberikan keinginan untuk pelihara dan berbagi identitas bangsa Indonesia
  • Menerangi dan mengawasi kondisi dan krisis bersama adanya perjuangan untuk mewujudkan harapan yang terkandung didalam pancasila
  • Sebagai fatwa bagi kehidupan bangsa Indonesia didalam perjuangan merawat keutuhan negara dan melaksanakan perbaikan kehidupan bangsa Indonesia.

Makna Ideologi Pancasila

Pancasila sebagai ideologi punya makna, yaitu:

Nilai yang tercantum didalam pancasila jadi harapan normatif penyelenggaraan bernegara
Nilai yang tercantum didalam pancasila merupakan nilai yang disepakati bersama dan untuk itu jadi salah satu kemudahan pemersatu atau intregrasi penduduk Indonesia.


Dimensi Ideologi Pancasila

Menurut Dr. Alfian yaitu spesialis politik Indonesia , pancasila sudah memenuhi syarat sebagai ideologi terbuka yang bersifat luwes dan tahan pada pergantian zaman dikarenakan didalamnya sudah memenuhi 3 (tiga) dimensi ideologi yaitu:

Dimensi Realita
Ini bermakna nilai dasar yang ada didalam ideologi berikut mencerminkan kenyataan hidup yang ada didalam penduduk dimana pertama kali ideologi berikut ada. Nilai ideologi berikut bersumber berasal dari nilai yang riil hidup didalam penduduk Indonesia. Kelima nilai dasar pancasila kami temukan didalam kondisi dan pengalaman penduduk indonesia yang bersifat kekeluargaan, kegotongroyongan atau kebersamaan.

Dimensi Idealisme
Ini bermakna mutu ideologi yang ada didalam nilai dasar berikut bisa menunjukkan harapan bagi bermacam-macam grup penduduk perihal masa depan yang lebih baik. Suatu ideologi wajib memiliki kandungan harapan yang menginginkan dicapai diberbagai bidang kehidupan. Nilai yang terkandung didalam pancasila merupakan nilai yang dicita-citakan dan menginginkan diwujudkan.

Dimensi Fleksibilitas
Ini bermakna kemampuan ideologi didalam mensugesti dan mengatur diri bersama perkembangan masyarakatnya.

Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pancasila sebagai ideologi terbuka punya arti bahwa pancasila bisa mendapatkan dan berkembang cocok bersama tumbuhnya ideologi gres dan tuntunan pergantian zaman dan juga cara berpikir penduduk tanpa kehilangan hakikat sebagai fatwa utama kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila Sebagai Ideologi Tertutup
Suatu ideologi tertutup bukan merupakan harapan yang sudah ada dan dipercayai oleh penduduk tapi merupakan harapan suatu golongan atau grup orang yang menyebabkan suatu sistem untuk memperbaharui masyarakat. Dalam ideologi tertutup terkandung arti suatu harapan ataupun inspirasi yang membetulkan bahwa pengorbanan dibebankan kepada masyarakat. Namun karakteristik ideologi pancasila tidak sama bersama ideologi lain dikarenakan didalam pancasilaterkandung nilai-nilai kearifan lokal.
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com