Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Untung Kendaraan Beroda Empat Nissan Pakai Dua 'S' | Klarifikasi Arti Kata Nissan Dan Nisan

Salah satu brand kendaraan beroda empat yang populer adalan Nissan di samping kendaraan beroda empat Toyota dan kendaraan beroda empat produsi Honda. Dalam blog ini tentu tidak akan dibahas secara detail mobil-mobil pabrikan Nissan alasannya yaitu ini yaitu blog bahasa, maka akan dibahas dari segi bahasa saja, tidak dari segi detail mobil.

Pernahkah bepikir apa arti kata Nissan? Pernahkah juga Anda membandingkan ada kata 'nisan' dalam bahasa Indonesia yang identik dengan kematian?

Logo 'Nissan' diambil dari: 4muda.com


Postingan ini saya tulis dikala melihat iklan kendaraan beroda empat di blog, lalu terpikir untuk melihat beberapa brand mobil. Perhatian tefokus pada nama kendaraan beroda empat Nissan. Kemudian saya berusaha mencari arti kata Nissan. Setelah kesulitan mencari arti Nissan alasannya yaitu niscaya merujuk pada brand mobil, maka saya putuskan untuk mengetik Nissan dalam google translate, kemudia saya 'deteksi bahasa'nya. Yang muncul yaitu bahasa Jepang. Begitu ditejemahkan lagi-lagi artinya yaitu 'Nissan' sebagai brand mobil.

Dalam google translate, kata Nissan juga disediakan dalam abjad Jepang. Muncul huruf begini: 日産 tolong jangan tanya saya bagaimana bacanya, alasannya yaitu saya juga tidak mengetahui cara membaca rangkaian huruf yang saya salin-tempel dari google translate tersebut. Untuk mengetahui arti asalnya maka saya terjemahkan rangkaian huruf tersebut dalam google penerjemah ini. Yang muncul justru arti yang sama dalam bahasa Indoensia yaitu brand mobil.

Maka lalu saya putuskan untuk menerjemahkan satu persatu. Pertama kata 日 saya terjemahkan dalam google yang muncul yaitu kata 'hari'. Kemudian bab yang kedua, 産 yang muncul yaitu kata 'produksi'. Mungkin yang dimaksud dengan Nissan dalam bahasa Jepang kalau diterjemahkan secara bahasa artinya yaitu 'Produksi sehari-hari'.

Tentu arti Nissan yang saya terjemahkan menjadi 'Produksi sehari-hari' atau 'Hari yang produktif' yaitu proposal saya yang saya terima dari google terjemah. Tentu tidak akurat. Mungkin kalau ada orang yang mengerti bahasa Jepang dapat berkomentar untuk meluruskan arti Nissan.

Sementara itu, dalam bahasa Indonesia ada kata 'nisan'. Jika dilihat artinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya yaitu 'tonggak pendek dan sebagainya yang ditanam di atas kubur sebagai penanda'. Tonggak yang dipakai biasanya benda yang berisi goresan pena nama, nama orang tua, daerah tanggal lahir, dan daerah tanggal meninggal. 

Jadi, nisan yaitu penanda yang berisi identitas orang yang dikubur di daerah itu. Identitas itu tidak hanya berisi isu standar, tetapi juga dapat berisi isu atau kutipan yang diinginkan atau identik dengan orang yang di kubur. Misalnya, pesan Gus Dur, Presiden Keempat RI, dia berpesan supaya di nisannya ditulis 'Di sini dikubur seorang humanis'. 

Bahkan ada nisan yang tidak ada nama, hanya tanda bahwa di situ yaitu kuburan manusi. Ada pula yang hanya ditulis 'Pemuda' pada nisannya alasannya yaitu tidak dikenal dan gugur dalam sebuah pertempuran mempertahankan kemerdekaan.

Jadi, istilah nisan, identik dengan kata batu, yaitu 'batu nisan'. Yang dimaksud dengan 'batu nisan' tidak harus berupa kerikil yang terbentuk secara alami dari magma atau lava yang mendingin dan mengeras. Dewasa ini, yang dimaksud kerikil nisan dapat berupa cetakan semen, kayu, atau memang kerikil yang diukir.

Sementara itu, dalam KBBI, kata nisan juga dirujuk pada kata 'maesan'. Artinya sama persis. Bedanya 'maesan' yaitu serapan dari bahasa Jawa. Sementara itu, dalam bahasa Jawa juga dikenal istilah 'patokan' yang juga identik dengan nisan. 

Kembali ke Nissan dalam bahasa Jepang, dilihat dari sini keduanya tidak mempunyai keterkaitan arti. Nissan dalam bahasa Jepang artinya ibarat yang sudah disebutkan di atas, mempunyai arti aktual alasannya yaitu berkaitan dengan produksi dan produktif. Sementara nisan yang hanya satu s, dalam bahasa Inodonesia artinya yaitu tanda daerah orang mati dikubur.

Semoga isu yang ringan ini bermanfaat. Selamat membaca....