Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Smp/Mts 2017
Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP/MTs 2017
Berikut ini merupakan kunci tanggapan sekaligus pembahasan soal Ujian Nasional
Bahasa Indonesia tahun 2017 yang dilaksanakan pada hari Selasa, 2 Mei 2017. Pembahasan dan kunci tanggapan berikut ini merupakan pendapat pribadi saya. Jika ada kesalahan mohon koreksi melalui komentar.
Bacalah Teks beirkut, kemudian kejrakan soal nomr 1 s.d. 3!
Lingkungan ialah sesuatu yang ada di sekitar insan yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia, baik eksklusif maupun tidak langsung. Komponen lingkungan sanggup dibedakan menjadi lingkungan abiotik, biotik sosial, dan budaya. Lingkungan abiotik ialah unsur lingkungan hidup yang tediri atas benda-benda tidak hidup yang terdiri atas makhluk hidup, menyerupai manusia, tumbuhan, hewan, dan jasad renik. Lingkungan sosial adlah lingkungan yang dibentuk oleh insan yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam peirlau sebagai makhluk hidup.
Aktivitas insan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sanggup menjadikan dampak terhadap lingkungan. Dampak terhadap lingkungan muncul lantaran insan cenderung mengambil sumbe rdaya alam dari lingkungan secara berlebihan tidak lagi sekadar mempertahankan kebutuhan hidup. Akibat dari sikap tersebut, lingkungan mengalami kerusakan. Kerusakan lingkungan makin parah seiring dengan perkembangan kehidupan manusia.
Soal Nomor 1
Petanyaa yang jawabannya sesuai dengan isi paragraf pertama adalah....
a. Ada berapa jenis komponen lingkungan?
b. Apa saja manfaat lingkungan bagi manusia?
c. Bagaimana lingkungan memengaruhi manusia?
d. Mengapa lingkungan terus mengalami kerusakan?
Jawaban: A
Pembahasan:
Jawaban untuk pertanyaan Ada beapa jenis komponen lingkungan ada pada paragraf pertama. Yaitu ada tiga komponen yaitu komponen abiaotik, biotik sosial, dan budaya.
Soal Nomor 2
Pernyataan yang sesuai dengan paragraf kedua tersebut adalah....
a. Lingungan abiotik ialah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas benda-benda tak hidup.
b. Lingkungan ialah sesuatu yang ada di sekitar insan yang memiliki kehidupan insan baik kehiduapn insan baik eksklusif atau tidak langsung.
c. dampak terhadap lingkungan muncul lantaran insan cenerung mengambil sumber daya alam dari lingkungan secara berlebiha.
d. Lingkungan sosial ialah lingkungan yang dibentuk oleh insan yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyainan dalam sikap sebagai makhluk hidup.
Jawaban: C
Pembahasan:
Teapat pada cuilan tengah paragraf kedua.
Soal Nomor 3
Makna dampak dalam teks tersebut adalah....
a. persoalan
b. pengaruh
c. penyebab
d. permasalahan
Jawaban: B
Pembahasan:
Aktivitas insan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sanggup menjadikan dampak terhadap lingkungan.
Dalam teks di atas, dampak sama artinya dengan pengaruh.
Bacalah teks beirkut, kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
(1) Hutan tropis yang kaya dengan keragamannya menjadi sumber penghidupan Indonesia. (2) Puluhan juta masyarakat Indonesia mengandalkan hidup dan mata pencahariannya dari hutan. (3) Mereka mengumpulakan bebagai jenis hasil hutan. (4) Merka juga bekerja di sektor industri pengolahan kayu dari hasil hutan.
Indonesia menjadi pusat pehatian dunia lantaran melaksanakan peusakan sumber daya alam yang semena-mena di negeri ini. “Keajaiban ekonomi Indonesia pada 1980-an dan 1990 ternyata sebagaian terjadi dengan menghancurkan lingkungan dan pelanggaran hak dan tradisi masyarakat lolak. Pembalakan ilegal sudah berlangusng secara tertang-terangan dalam volume yang sangat besar selama bertahun-tahaun dan diyakini telah merukan hutan seluas 10 juta hektar.
Soal Nomor 4
Ide pokok paragraf kedua teks tersebut adalah....
a. kini Indonesia menjadi pusat perhatian dunia.
b. Keajaiban ekonomi Indonesia (tahun 1980-an dan 1990-an)
c. peruskan sumber daya alam Indonesia yang semena-mena.
d. pembalakan ilegal sudah berlangsung secara terang-terangan
Jawaban: C
Pembahasan:
Yang ditanyakan ialah inspirasi pokok. Ide pokoknya ialah perusakan alam Indonesia yang semena-mena. Mulai dari ilegal loging. Bahkan penah menjadi pusat perhatian dunia lantaran merusak dengan sangat ekstrem. Disebutkan bahwa 10juta hektar hutan yang rusak.
Soal Nomor 5
Kalimat utama pada paragaraf pertama tersebut ditandai dengan nomor....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
Jawaban: A
Pembahasan:
Kalimat utama berisi isu umum. Kalimat (1) dalam soal di atas berisi isu umum wacana manfaat alam dan hutan. Kalimat-kalimat selanjutnya merupakan pendukung pernyataan pada kalimat (1). Hutan menjadi sumbe penghidupan, dibuktikan dengan puluhan juta orang bekerja di sektor ini (2), mengumpulkan hasil hutan (3), dan bekerja di sektor industri pengolahan kayu (4), ini semua mendukung pernyataan kalimat 1.
Bacalah kutipan teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 6-8!
Senam otak atau Brain Gym adalah serangkaian latihan berbasis gerakan badan sederhana. Gerakan ini dibentuk untuk merangsang otak kiri dan otak tkanan. Selain itu, untuk meingankan atau merelaksasi cuilan belakang dan cuilan depan otak, serta merangsang sistem ang tekait dengan perasaan atau emosional, yakni otak tengah dan otak besar.
Paul E Denison, PhD ialah orang yang pertama kali mengenalkan metode Brain Gym pdas 1900-an. Meskipun sederhana, brain gym bisa memudahkankegiatan mencar ilmu dan melaksanakan pembiasaan tehradap ketegangan, tantangan, dan tuntutan hidup sehari-hari.
(1) Pada mulanya, senam otak dimanfaatkan untuk anak yang mengalami gangguan, menyerupai hiperaktif, keusakan otak, sulit konsentrasi, dan depresi. (2) Namun dalam perkembangannya, setiap orang memanfaatkan brain gym untuk bermacam-macam kegunaan, terutama menciptakan gelombang otak menjadi alfa. (3) Saat ini, hampir di sekolah-sekolah terbaik di seluruh dunia, brain gym sedang digemari. (4) Brain gym dimanfaatkan di sekolah-sekolah lantaran banyak siswa dan guru yang merasa terbantu melepaskan stres, menjernihkan pikiran, dan meningkatkan daya ingat.
Soal nomor 6
Simpulan dari paragraf ketiga teks tersebu adalah....
a. Brain gym merangsang otak kiri dan otak kanan.
b. Brain gym sangat bermanfaat untuk dunia pendidikan.
c. Senam otak ialah serangkain latihan berbasis gerakan.
d. Hampir di sekolah-sekolah terbaik mengajarkan brain gym.
Jawaban: B
Pembahasan:
Jawban B, Brain gym sangat bermanfaat untuk dunia pendidikan menjadi kesimpulan yang paling sempurna lantaran pada paragraf ktiga, dijelaskan bahwa brain gym dipakai di sekolah untuk menjernihkan pikiran. Berarti jika pikiran jernih mencar ilmu akan lebih mudah. Jadi, pada dasarnya sangat bermanfaat bagi pendidikan.
Soal Nomor 7
Pernyataan yang menunjukkan persetujuan pada paragraf ketiga teks tersebut ditandai dengan nomor....
a. 4
b. 3
c. 2
d. 1
Jawaban: A
Pembahasan:
Persetujuan ialah pendapat yang tidak menolak. Pernyataan yang tidak menolak dan justru menunjukkan alasan sebuah pendapat terdapat pada kalimat keempat (4). “.... kerena banyak siswa dan guru yang merasa terbatun melepaskan stress... “ Kaprikornus ini pernyataan yang menyetujui bahwa brain gym dilaksanakan di sekolah.
Soal Nomor 8
Kalimat yang menyatakan kekerabatan sebagb akhir pada paragaraf ketiga ditandai dengan nomor .....
Jawaban: D Kalimat 4
Pembahasan:
Hubungan alasannya ialah akhir ditandai dengan kata ‘karena’ atau ‘sebab’ atau dikarenakan oleh. Nah, kalimat yang mengandung kata lantaran tersdapat pada klimat empat.
Bacalah Teks berikut!
(1) Lingkungan ialah segala sesuatu yang ada di sekitar insan dan berafiliasi timbal balik. (2) Lingkungan bermacam-macam jenisnya. (3) Lingkungan yang ada di sekitar contohnya ialah lingkungan rumah, dan lingkungan sekolah. (4) Keberhsailhan lingkungan ialah salah satu hal yang perlu di suatu lin lingkungan. (5) Jika tidak merawat lingkungan daerah kita tinggal, kita sendiri yang akan meraskan akibatnya.
Soal Nomor 9
Kalimat yang tidak padu pada teks tersebur ditunjukkan nomor....
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
Jawaban: A
Pembahasan:
Paragraf di atas tidak sedang membahas jenis-jenis lingkungan, melainkan sedang membahas wacana hubungan timbal balik insan dengan lingkungannya. Kalimat 3, 4, dan 5 behubungan dengan kekerabatan antara lingkungn dan manusianya. Sementara kalimat 2, tidak.
Soal Nomor 10
Bacalah teks berikut!
Berdasarkan ramalan BMKG, Pulau Jawa akan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Di Jawa Tengah cuilan selatan bahkan hujan sudah turun sebelum ramalan itu disampaikan. Kali Bogowonto yang melintasi di Purworejo meluap hingga membanjiri pemukiman dan pesawahan. Banjir tersebut sangat mengganggu acara warga.
Peristiwa yang tergambar pada teks tersebut adalah....
a. Hujan lebat di Purworejo
b. Kali Bogowonto meluap
c. Banjir melanda pemukiman
d. Aktivitas warga menanggulangi banjir
Baca Juga: Contoh Soal yang Lain
Jawaban: B
Pembahasan
Yang ditanyakan ialah kejadian yang tergambar dalam teks. Peristiwa yang digambarkan dalam teks ialah meluapnya sungai Bogowonto. Digambarkan juga pada teks di atas bahwa, meluapnya Kali Bogowonto juga hingga membanjiri pemukiaman dan pesawahan.
Mungkin ada yang menjawab C, Banjir melanda pemukiman. Tetapi tanggapan ini (menurut saya) salah lantaran tidak digambarkan banjir di pemukiaman itu bagaimana. Tidak disebutkan banjir berapa tinggi dipemukiaman, berapa rumah yang terendam. Jadi, tanggapan yang paling sempurna ialah B.