Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinonim

Sinonim. Apa yang dimasud dengan sinonim..? berikut ialah klarifikasi seputar pengertian / definisi Sinonim, Kelompok Sinonim, serta Penyebab terjadinya perbedaan terhadap sinonim.

 berikut ialah klarifikasi seputar pengertian   Sinonim

Definisi Sinonim

Pengertian Sinonim ialah merupakan suatu kata yang mempunyai bentuk berbeda namun mempunyai arti atau pengertian yang sama atau mirip. Sinomin sanggup juga disebut sebagai persamaan kata atau padanan kata.

Menurut Saeed pengertian sinonim ialah merupakan kata-kata fonologis berbeda yang mempunyai makna yang sama atau sangat mirip. Misalnya, kata bunga, kembang dan puspa secara fonologis berbeda, tetapi mempunyai makna yang sama, yaitu sama-sama menyatakan bunga.

Untuk mendefinisikan sinonim, ada tiga batasan yang sanggup dikemukakan
  1. Kata-kata dengan teladan ekstralinguistik yang sama, contohnya kata mati dan mampus;
  2. Kata-kata yang mengandung makna yang sama, contohnya kata memberitahukan dan kata menyampaikan; dan
  3. Kata-kata yang sanggup disubstitusi dalam konteks yang sama, contohnya “Kami berusaha semoga pembangunan berjalan terus” dan “Kami berupaya semoga pembangunan berjalan terus”. Kata berusaha bersinonim dengan kata berupaya.

Kelompok Sinonim

  1. Sinonim absolut. ialah korelasi makna antara dua kata atau lebih yang sama dalam semua konteks. Dalam sebuah bahasa, kata-kata yang bersinonim diktatorial biasanya sangat jarang ditemukan.
  2. Sinonim proposisional ialah korelasi makna antara dua kata atau lebih yang sanggup bersubstitusi dalam sejumlah verbal tanpa mengakibatkan perbedaan makna. Dalam sinonim proposisional, perbedaan terjadi pada aspek tingkat makna ekspresif, stilistik dan medan pembicaraan. Misalnya isteri dan bini, saya dan aku, buat dan bikin.
  3. Sinonim akrab ialah korelasi makna antara dua kata atau lebih yang sebagian makna yang dimilikinya sama, contohnya bagus dan ayu, besar dan luar biasa, buta dan rabun.

Penyebab terjadinya perbedaan pada sinonim

  1. Perbedaan alasannya ialah dialek atau kebiasaan setempat, contohnya dalam dialek Jakarta terdapat bentuk gue, kita dalam dialek Manado, dan saya dalam bahasa Indonesia. Kata saya dan saya juga merupakan dua kata yang bersinonim tetapi kata saya hanya sanggup dipakai untuk sobat sebaya dan tidak sanggup dipakai kepada orang yang lebih renta atau yang status sosialnya lebih tinggi.
  2. Perbedaan pada pemakaian, contohnya kata mati dan meninggal. Kata mati dipakai untuk manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan ibarat tampak dalam kalimat kambing saya mati kemarin. Kata meninggal biasanya hanya dipakai untuk manusia, contohnya dalam kalimat guru itu meninggal tadi malam.
  3. Perbedaan pada nilai kata, contohnya kata memohon nilainya lebih halus daripada kata meminta; kata bersantap lebih baik daripada kata makan.
  4. Perbedaan menurut kolokial tidaknya kata, contohnya kata ana dan kata saya.
  5. Perbedaan alasannya ialah hiponim, contohnya kata sapi merupakan hiponim kata binatang.