Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti 'Tanggung Jawab' | Penulisan Dan Aplikasi Arti Dalam Masyarakat

Tanggung Jawab ialah satu istilah yang akar katanya terdiri dari kata tanggung dan kata jawab. Tetapi dalam memaknai arti kata tersebut tidak sanggup dipisah satu persatu. Kaprikornus tidak sanggup dimaknai tanggung artinya menanggulangai atau mengambil alih, sementara kata jawab adalah menuntaskan pertanyaan atau menawarkan tanggapan atas sebuah pertanyaan. Tidak bisa.

Tanggung Jawab adalah sebuah idiom yang mempunyai arti 1) keadaan wajib menaggung (mengambil alih) segala sesuatunya kalau terjadi apa-apa sehingga boleh dituntut, dipesalahkan, dan diperkarakan. Dalam bidang aturan arti tanggung jawab ialah fungsi meneima pembebanan, sebagai akhir dari perilaku pihak sendiri atau pihak lain.


Penulisan Tanggung Jawab yang benar

Kata tanggung jawab adalah satu istilah tersendiri yang memliki arti sendiri. Maka dikala menerima imbuhana gabung alias konfiks alias awalan dan akhiran sekaligus, maka penulisan tanggung jawab tanpa spasi dan harus digabung.

Misalnya menerima imbuhn per- -an ditulis pertanggungjawaban atau pertanggung-jawaban tidak boleh ditulis pertanggung jawaban*.

Namun, kalau imbuhan yang menempel hanya awalan saja alias prefiks, maka penulisannya tetap dipisah. Misalnya menerima imbuhan peN- maka ditulis  penanggung jawab. Tidak boleh digabung penanggungjawab*. Penulisan yang digabung justru salah.

Melihat dari pola penulisannya, maka istilah LPJ yang merujuk pada Laporan Pertanggungjawaban tidak sempurna kalau ditulis dengan aksara kapital semua. Maka penulisan yang benar menurut kaidah aksara kapitalnya maka yang benar ialah LPj. L dan P besar sementara j aksara kecil. Hal ini berlaku juga dalam teladan penulisan SPJ, seharusnya ditulis SPj.

Misalnya singkatan-singkatan tersebut menerima imbuhan atau akhiran atau sufiks -kan maka penulisan yang sempurna ialah di-LPj-kan atau di-SPj-kan.

Arti Bentuk Turunan kata tanggung jawab

bertanggung jawab artinya 1) berkewajiban untuk menanggung, atu memikul tanggung jawab; 2) menanggung segala sesuatu pada yang tertentu.

menanggungjawabi artinya sama dengan 'mempertanggungjawabkan'.

penanggung jawab artinya orang yang behak untuk bertanggung jawab.

pertanggungjawaban artinya 1) perbuatan atas hal dan sebagainya untuk bertanggung jawab; 2) segala sesuatu yang dipertanggungjawabkan.

mempertanggungjawabkan artinya menawarkan jawab dan menaggung segala akhir kalau ada penyalahgunaan; menawarkan pertanggungjawaban.


Arti Tanggung Jawab dalam Pemahaman Masyarakat

Arti tanggung jawab yang ditulis di atas menurut arti yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jika tidak percaya silahkan cari dan baca sendiri di dalam kamus. Sementara dalam masyarakat arti kata tanggung jawab semakin melebar, meluas, dan berkembang.

Misalnya ada 'guyonan' tanggung jawab itu bukan berarti aku yang tanggung dan kau yang jawab. Jelas ini pengartian yang tidak sesuai dengan kamus alasannya kata tanggung jawab tidak boleh dipisah.

Arti tanggung jawab selanjutnya ialah menikahi.

Misalnya ada masalah seorang wanita hamil sebelum menikah, maka lelaki yang menikahi wanita tersebut disebut lelaki yang betanggung jawab. Sementara kalau lelaki yang menghamili tidak mau menikahi, maka lelaki tersebut disebut tidak tanggung jawab.

Arti tanggung jawab selanjutnya ialah laporan dan dilaporkan 

Ketika orang yang bertugas sebagai bendara sebuah lembaga, dikala ia menyampaikan "pengeluaran dini tidak sanggup dipertanggungjawabkan" artinya pengeluaran tersebut tidak sanggup ditulis dalam laporan. 

Masing resah memahami arti tanggung jawab. Saya yakin kebingunan anda jauh lebih ringan dibandingkan dengan kebingunan seorang bendahara acara yang harus menyelesaikan LPj dan SPj dulu padahal uangnya belum dicairkan sama sekali. Hehehehe.