Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sel Haploid Dan Diploid (Pengertian & Perbedaan)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal Pengertian dan Perbedaan Sel Haploid dan Sel Diploid.. Mari kita simak artikel selengkapnnya..

Perbedaan Sel Haploid dan Diploid

" Perbedaan utama antara sel haploid dan sel diploid yakni jumlah set kromosom yang ditemukan di inti. "

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Sel Haploid dan Diploid (Pengertian & Perbedaan)
 
Dalam biologi, istilah pliody dipakai untuk memilih jumlah set kromosom yang ditemukan dalam inti sel. Organisme yang berbeda mempunyai jumlah kromosom yang berbeda. Organisme eukariota mempunyai dua jenis sel yaitu sel haploid dan sel diploid.

Sel haploid

Sel haploid adalah sel yang hanya berisi satu set lengkap kromosom. Jenis yang paling umum dari sel haploid yakni gamet, atau sel kelamin. Sel haploid dihasilkan oleh meiosis. Mereka yakni sel genetik bermacam-macam yang dipakai dalam reproduksi seksual. Ketika sel-sel haploid dari orangtua bergabung dan dibuahi, keturunannya mempunyai satu set lengkap kromosom dan menjadi sel diploid. Sebuah sel haploid dengan mempunyai sejumlah haploid, yang merupakan jumlah kromosom yang ditemukan dalam inti yang membuat satu set. Pada manusia, sel-sel haploid mempunyai 23 kromosom, dan 46 sel diploid.

Ada perbedaan antara sel-sel haploid dan monoploid. Sel haploid mempunyai satu set lengkap kromosom, sedangkan monoploid merujuk pada jumlah kromosom yang unik dalam sel biologis. Dalam organisme diploid, sel diploid berisi set lengkap kromosom yang diperlukan, sementara haploid hanya setengah jumlah kromosom yang ditemukan dalam inti. Meskipun sel-sel haploid pada insan dan banyak organisme lain hanya dalam sel gamet, beberapa organisme, menyerupai ganggang, melalui fase dalam siklus hidup mereka di mana sel-sel mereka akan haploid. Selain itu, beberapa organisme, termasuk semut jantan, benar-benar hidup sebagai organisme haploid sepanjang siklus seumur hidup mereka.

Sel Diploid

Sel-sel diploid adalah mereka yang mempunyai dua set kromosom. Dalam organisme diploid, masing-masing orang renta menyumbangkan satu set kromosom yang akan membentuk dua set pada keturunannya. Kebanyakan mamalia yakni organisme diploid, yang berarti mereka mempunyai dua salinan dari setiap kromosom homolog dalam sel. Pada manusia, ada 46 kromosom. Dalam organisme yang paling diploid, setiap sel kecuali untuk gamet akan diploid dan mengandung kedua set kromosom. Sel diploid mereproduksi memakai mitosis, yang membuat salinan sepenuhnya identik dari sel. Pada manusia, sel-sel somatik (atau sel non-seks) semua sel diploid. Ini termasuk sel-sel yang membentuk organ-organ, otot, tulang, kulit, rambut, dan bab lain dari badan selain telur atau sel sperma.

Perbedaan Sel Haploid dan Sel Diploid

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Sel Haploid dan Diploid (Pengertian & Perbedaan)
 

Perbedaan utama antara sel-sel haploid dan diploid yakni jumlah set kromosom yang ditemukan di inti. Ploidi yakni bidang biologi yang mengacu pada jumlah kromosom dalam sel. Oleh alasannya itu, sel-sel dengan dua set yang diploid, dan orang-orang dengan satu set yang haploid. Dalam organisme diploid, menyerupai manusia, sel-sel haploid hanya dipakai untuk sel kelamin untuk reproduksi, sedangkan sisanya dari sel-sel yang diploid. Perbedaan lain antara sel-sel haploid dan diploid yakni bagaimana mereka berkembang biak. Sel haploid direproduksi memakai meiosis, sementara sel-sel diploid melalui mitosis. Kebanyakan mamalia yakni organisme diploid, dan sel-sel somatik mereka biasanya akan diploid dan sel gamet mereka akan haploid.

Sumber :
https://duniapendidikand.blogspot.com//search?q= 

Demikianlah artikel perihal Pengertian dan Perbedaan Sel Haploid dan Sel Diploid..Semoga sanggup menambah referensi.

Sumber http://www.artikelmateri.com