Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Teladan Simbiosis Komensalisme

Simbiosis Komensalisme Dalam suatu ekosistem, terjadinya hubungan timbal balik antar makhluk hidup di dalamnya merupakan hal yang pasti. Karena intinya suatu makhluk hidup bisa bertahan hidup alasannya yaitu ada makhluk hidup dan komponen lain. Hubungan yang terjadi antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem beragam; ada yang saling menguntungkan (mutualisme), ada yang merugikan (parasitisme) ada juga yang tidak merugikan atau menguntungkan (komensalisme). Nah, pada kesempatan kali ini akan menghadirkan klarifikasi wacana Simbiosis Komensalisme yang meliputi pengertian dan contoh-contohnya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 terjadinya hubungan timbal balik antar makhluk hidup di dalamnya merupakan hal yang niscaya Pengertian dan Contoh Simbiosis Komensalisme
Simbiosis Komensalisme antara Ikan Badut dan Anemon Laut

A. Definisi Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme yaitu hidup bersama antara dua makhluk hidup berlainan jenis, salah satu makhluk hidup diuntungkan dan makhluk hidup yang lain tidak dirugikan, misalnya, simbiosis antara anggrek dan pohon mangga; antara ikan hiu dan ikan remora.

B. Contoh Simbiosis Komensalisme

Berikut yaitu beberapa referensi dari simbiosis komensalisme, diantaranya adalah:

1. Anggrek dan Pohon Mangga
Anggrek sanggup hidup dengan melekat pada batang pohon mangga dan pohon mangga yang ditempelinya tidak dirugikan alasannya yaitu anggrek sanggup menciptakan masakan sendiri sehingga tidak mengisap masakan dari pohon mangga yang ditumpanginya.

2. Ikan Hiu dan Ikan Remora
Ikan remora yang selalu berdekatan dengan ikan hiu sanggup memperoleh masakan dari sisa-sisa masakan yang dimakan ikan hiu. Selain itu, ikan remora mendapat daerah berlindung dari hewan-hewan pemangsa. Ikan hiu tidak dirugikan alasannya yaitu keberadaan kawanan remora kecil ini.

3. Ikan Badut dan Anemon Laut
Ikan badut (itu loh ikan di film kartu populer 'Finding Nemo) dan anemon maritim yaitu referensi sederhana dari simbiosis komensalisme. Ikan badut memanfaatkan tentakel anemon maritim yang berbisa untuk melindungi dirinya dari predator. Ikan badut diketahui menempati anemon maritim sebagai temapat tinggal. Sedangkan anemon maritim tidak mendapat laba atau kerugian dari tindakan ikan badut tersebut.

BACA JUGA:

Demikian klarifikasi wacana Simbiosis Komensalime beserta contohnya. Semoga pejelasan di atas bisa bisa menjawab pertanyaan teman-teman sekalian wacana apa itu simbiosis komensalisme dan contoh-contohnya. Jika ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi penjelasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih...

Sumber http://www.zonasiswa.com