Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jaring Makanan: Penjelasan, Contoh, & Gambar

Jaring Makanan Dalam ekosistem, aliran energi biasanya tidak sesederhana menyerupai yang diuraikan dan digambarkan di artikel sebelumnya yang membahas wacana rantai makanan. Proses makan dan dimakan pada umumnya tidak terjadi dalam urutan yang linier, tetapi terjadi dalam proses yang kompleks. Proses rantai masakan yang saling menjalin dan kompleks tersebut dinamakan jaring makanan. Nah, pada kesempatan kali akan mencoba melanjutkan artikel sebelumnya dengan membahas secara singkat apa itu jaring masakan dengan teladan dan gambarnya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 aliran energi biasanya tidak sesederhana menyerupai yang diuraikan dan digambarkan di artike Jaring Makanan: Penjelasan, Contoh, & Gambar
Jaring Makanan: Penjelasan, Contoh, & Gambar

Jika dalam rantai masakan sanggup ditarik satu garis lurus, pada jaring-jaring masakan ini, insiden makan dan dimakan tidak sesederhana yang kalian bayangkan alasannya ialah satu makhluk hidup sanggup memakan lebih dari satu jenis masakan dan satu makhluk hidup sanggup dimakan oleh lebih dari satu makhluk hidup sehingga garis yang terjadi saling bersilangan.

Dalam kehidupan ini, rantai masakan sanggup saling berafiliasi satu dengan yang lain sehingga sanggup membentuk suatu jaring-jaring yang sangat kompleks. Keadaan inilah yang disebut dengan jaring-jaring makanan. Perhatikan Gambar Jaring Makanan di atas.

Contoh:

Di tingkat tumbuhan, padi dan flora hijau lainnya dimakan oleh konsumen tingkat pertama (premier) yaitu belalang dan kupu-kupu. Hewan konsumen premier lainnya ialah tikus namun hanya memakan padi saja. Energi yang tikus sanggup dari memakan padi, dimakan juga oleh serigala, elang, dan ular. Sedangkan belalang dan kupu-kupu dimangsa oleh katak, dan burung sebagai binatang konsument tingkat sekunder. Selain memakan belalang dan kupu-kupu, katak dan burung juga memakan binatang konsumen tingkat primer lainnya menyerupai lalat dan capung. Katak dan burung sebagai juga tidak luput dari buruan binatang konsumen tingkat tersier yaitu ular. Sedangkan ular sendiri dimakan juga oleh binatang konsumen tersier paling atas yaitu burung elang.

BACA JUGA:

Semoga artikel mata pelajaran biologi di atas wacana Jaring Makanan di atas sanggup bermanfaat dan berkhasiat bagi teman-teman sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun klarifikasi dari artikel di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) artikel ini ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih...

Sumber http://www.zonasiswa.com