Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan

Pertumbuhan & Perkembangan Tumbuhan Pernahkah Anda memerhatikan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang berada di tempat berbeda? Walaupun tumbuhan tersebut satu jenis, pertumbuhan dan perkembangannya menawarkan perbedaan, bukan? Permasalahan tersebut umum kita temukan di bidang pertanian. Meskipun pada prinsipnya pohon kelapa sanggup tumbuh di mana saja, tetapi hasil yang diperoleh akan bervariasi jikalau ditanam sedikit demi sedikit mulai dari tempat pantai (dataran rendah) sampai ke tempat pegunungan (dataran tinggi). Iklim yang sesuai dibutuhkan oleh tumbuhan semoga sanggup mengolah makanannya secara optimal dan didukung oleh kondisi tanah yang merupakan sumber masakan selama hidupnya.

Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan sangat dipengaruhi oleh faktor dalam (internal) dan faktor luar (ekternal) tumbuhan. Faktor dalam yaitu semua faktor yang terdapat dalam badan tumbuhan antara lain faktor genetik yang terdapat di dalam gen dan hormon. Faktor luar tumbuhan yang sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, yaitu faktor lingkungan berupa cahaya, suhu, oksigen Kelembapan, dan lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini akan menghadirkan klarifikasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan baik faktor internal maupun eksternal. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 Pernahkah Anda memerhatikan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang berada di tempat b Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

A. Faktor Internal

Faktor internal dipicu oleh serangkaian proses yang terjadi dalam sel, menyerupai pembelahan, pemanjangan, dan diferensiasi. Umumnya, faktor-faktor internal yang ada di dalam badan ini berupa senyawa biokimia, menyerupai hormon dan enzim.

Hormon merupakan senyawa kimia yang diproduksi dalam konsentrasi yang kecil oleh badan yang akan memengaruhi sel atau organ target. Berikut yaitu beberapa hormon pada tumbuhan yang membantu dalam proses pertumbuhan dan perkembangan antara lain hormon auksin, hormon giberelin, hormon sitokinin, asam absisat, gas etilen. Berikut yaitu klarifikasi masing-masing hormon tersebut.

1. Hormon Auksin
Hormon auksin merupakan senyawa kimia Indol Asetic Acid (IAA) dihasilkan dari sekresi pada titik tumbuh yang terletak pada ujung tunas (terdiri atas batang dan daun), ujung akar, daun muda, bunga, buah, dan kambium. Jika hormon auksin berada di ujung tunas, maka akan diangkut oleh jaringan berkas pembuluh (xilem dan floem) menuju ke tunas untuk tumbuh dan pemanjangan sel-sel jaringan batangnya.

2. Hormon Giberelin
Hormon giberelin secara alami terdapat pada cuilan tertentu tumbuhan yaitu pada buah dan biji ketika berkecambah. Hormon giberelin berperan dalam dominansi apikal, pemanjangan sel, perkembangan buah, perbungaan, dan mobilisasi cadangan masakan dari dalam biji. Giberelin juga ikut kuat terhadap pembentukan akar tumbuhan sebab giberelin umum terdapat di cuilan meristematik pada akar.

3. Hormon Sitokinin
Sitokinin merupakan hormon tumbuh yang terdapat pada badan tumbuhan. Sitokinin dibuat pada sistem perakaran. Fungsi hormon tersebut adalah:

  • Merangsang pertumbuhan akar sehingga lebih cepat memanjang
  • Mempercepat pelebaran daun
  • Perangsang pertumbuhan tumbuhan ke arah samping dan pucuk tanaman
  • Merangsang acara pembelahan sel
  • Membantu perkecambahan biji


4. Asam Abisat
Asam absisat (ABA) merupakan penghambat (inhibitor) dalam kegiatan tumbuhan. Hormon ini dibuat pada daundaun dewasa. Asam absisat memiliki tugas fisiologis diantaranya adalah:

  • Mempercepat absisi cuilan tumbuhan yang menua, menyerupai daun, buah dan dormansi tunas.
  • Menginduksi pengangkutan fotosintesis ke biji yang sedang berkembang dan mendorong sintesis protein simpanan.
  • Mengatur penutupan dan pembukaan stomata terutama pada ketika cekaman air.


5. Gas Etilen
Gas etilen yaitu suatu gas yang dihasilkan oleh buah yang sudah bau tanah sehingga buah menjadi matang. Fungsi etilen yaitu menjadikan buah menjadi masak, menjadikan pertumbuhan batang menjadi kokoh dan tebal, sanggup memacu pembungaan, yang bekerja bersamaan dengan auksin dan bersama giberelin sanggup mengatur perbandingan bunga betina dan jantan pada tumbuhan berumah satu.

B. Faktor Eksternal

Faktor-faktor eksternal yang kuat terhadap pertumbuhan tumbuhan di antaranya yaitu cahaya, temperatur, kandungan air, kesuburan tanah, kelembapan, dan Ph tanah. Berikut yaitu masing-masing penjelasannya:

1. Cahaya
Cahaya mutlak dibutuhkan dalam proses fotosintesis. Cahaya secara pribadi kuat terhadap pertumbuhan setiap tanaman. Pengaruh cahaya secara pribadi sanggup diamati dengan membandingkan tumbuhan yang tumbuh dalam keadaan gelap dan terang. Pada keadaan gelap, pertumbuhan tumbuhan mengalami etiolasi yang ditandai dengan pertumbuhan yang asing (lebih panjang), pucat, daun tidak berkembang, dan batang tidak kukuh. Sebaliknya, dalam keadaan terang tumbuhan lebih pendek, batang kukuh, daun berkembang tepat dan berwarna hijau. Dalam fotosintesis, cahaya kuat pribadi terhadap ketersediaan makanan. Tumbuhan yang tidak terkena cahaya tidak sanggup membentuk klorofil, sehingga daun menjadi pucat.

2. Temperatur (Suhu)
Temperatur sangat kuat terhadap pertumbuhan tumbuhan. Hal ini sebab berkaitan dengan acara enzim dan kandungan air dalam badan tumbuhan. Semakin tinggi temperatur, semakin besar pula transpirasi. Akan tetapi, kandungan air dalam badan tumbuhan akan semakin rendah sehingga proses pertumbuhan akan semakin lambat. Temperatur yang rendah sanggup memecahkan masa istirahat pucuk atau biji. Perlakuan temperatur yang rendah akan memacu pembentukan ruas yang lebih panjang daripada ruas dari tumbuhan yang tumbuh di tempat bertemperatur tinggi. Perlakuan dengan temperatur sanggup merangsang perkecambahan biji, insiden ini dinamakan vernalisasi.

3. Kandungan Air
Air merupakan senyawa yang sangat penting bagi tumbuhan. Air berfungsi membantu reaksi kimia dalam sel. Selain itu, air menunjang proses fotosintesis dan menjaga kelembapan. Kandungan air yang terdapat dalam tanah berfungsi sebagai pelarut unsur hara sehingga unsur hara tersebut gampang diserap oleh tumbuhan. Selain itu, air memelihara temperatur tanah yang berperan dalam proses pertumbuhan. Pertumbuhan akan berlangsung lebih aktif pada malam hari daripada siang hari sebab pada malam hari kandungan air dalam badan tumbuhan lebih tinggi daripada siang hari.

4. Makanan (Nutrisi)
Semua makhluk hidup membutuhkan masakan (nutrisi) untuk sumber energi. Unsur yang dibutuhkan tumbuhan dalam jumlah besar yang disebut elemen makro atau unsur makro. Elemen makro terdiri atas karbon, oksigen, hidrogen, nitrogen, sulfur, fosfor, kalium, dan magnesium. Selain itu, ada elemen yang disebut elemen mikro atau unsur mikro menyerupai besi, klor, tembaga, seng, molibdenum, boron, dan nikel. Elemen mikro yaitu unsur yang dibutuhkan tumbuhan dalam jumlah sedikit

5. Kelembapan
Tanah berair sangat cocok untuk pertumbuhan, terutama ketika perkecambahan biji. Hal ini sebab tanah berair menyediakan cukup air untuk mengaktifkan enzim dalam biji serta melarutkan masakan dalam jaringan. Tingkat efek kelembapan udara atau tanah pada tumbuhan berbeda-beda. Ada tumbuhan yang membutuhkan kelembapan udara dan kelembapan tanah yang tinggi, contohnya lumut hati. Sebaliknya, ada juga tumbuhan yang tumbuh dengan baik pada dengan kelembapan udara dan tanah kelembapan rendah, contohnya Aloe vera (lidah buaya) dan beberapa jenis tumbuhan anggrek.

6. Ph Tanah
Derajat keasaman atau pH tanah sangat kuat terhadap pertumbuhan dan perkembangan suatu tanaman. Contohnya tanah yang bersifat asam terhadap tanah padsolik merah kuning (PMK), semoga tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik maka jenis tanah ini ditambahkan keasaman dengan pengapuran.

BACA JUGA:

Demikian artikel materi pelajaran Biologi wacana Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan-Perkembangan Tumbuhan; semoga sanggup bermanfaat dan berkhasiat bagi teman-teman sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih… ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa

Ayo kirimkan karya sobat berupa puisi, isu unik, cerpen, cerbung, dan lainnya di Mading . Dan jadikan karya sobat dibaca oleh ribuan orang setiap harinya. Buruan, kirim yang banyak!!!

Sumber http://www.zonasiswa.com