Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Inovasi Yang Tidak Disengaja

5 Penemuan yang Tidak Disengaja Kita hidup enak, hidup mudah, alasannya yaitu dibantu oleh teknologi yang ditemukan orang-orang jago sebelumnya. Zaman dulu sebelum ada mobil, untuk berpergian jauh kita mesti naik kuda, atau jalan kaki yang pastinya lebih menguras tenaga dibanding dengan memakai mobil. Sebelum ada HP, untuk menghubungi kerabat yang jauh kita mesti ngirim surat itupun sampainya niscaya lama, lebih usang dari HP yang hanya sekejap pribadi nyampe (itupun kalo ada pulsanya). Tapi pokoknya, penemuan-penemuan ihwal teknologi membuat hidup kita lezat dan lebih mudah.

Tau gak sih, dari beberapa inovasi fenomenal yang pernah dicapai oleh Manusia, ada beberapa inovasi yang justru terjadi alasannya yaitu kecelakaan atau tidak disengaja. Namun, dari ketidaksengajaan tersebut terciptalah penemuan-penemuan gres yang masih kita nikmati hingga sekarang. Nah, info menarik yang saya akan sampaikan di Mading kali ini yaitu ihwal 5 inovasi yang tidak disengaja. Saya harap, teman-teman bisa berguru sesuatu yang gres dari goresan pena saya ini.

 alasannya yaitu dibantu oleh teknologi yang ditemukan orang 5 Penemuan yang Tidak Disengaja
Velcro Salah satu hasil inovasi yang bekerjsama tidak disengaja.

1. Kembang Api

Sekitar 2.000 tahun yang kemudian di Cina, seorang juru masak sedang berekperimen di dapurnya memakai arang, sulfur, dan sendawa (saltpetre) – tiga materi yang sering ditemukan di dapur.  Ketika dicampurkan, ternyata ketiga materi tersebut terbakar. Merasa takjub, si juru masak tersebut pun bermain-main dengan “bubuk pelekdak” tersebut dan memasukkannya ke dalam bambu. Ketika bambu berisi gabungan ketiga materi tersebut ditekan, eh ternyata terjadi ledakan. Ketidaksengajaan tersebut membuat si juru masak bereksperimen lebih jauh dengan mengkobniasikan dengan bahan-bahan lain sehingga ledakannya berwarna. Dari hasil ketidaksengajaan itulah, kembang apa ditemukan.

2. Kretetan Baju (Velcro)

Velcro atau yang sering disebut sebagai kreketan yang sering terdapat di baju atau sepatu bocah ternyata ditemukan dari ketidaksengajaan. Pada tahun 1948, seroang insinyur Swiss berjulukan George de Mestral tidak sengaja mendapati terdapat banyak biji dari buah burdock yang melekat pada baju, kaoskaki, dan bulu anjingnya dikala sedang berburu. Sebagai seorang insinyur, ia pun tergugah untuk meneliti kenapa biji buah tersebut bisa melekat di bajunya. Setelah mempelajari biji tersebut di bawah mikroskop ternyata didapati biji tersebut mempunyai beribu-ribu kaitan kecil yang bisa menyangkut pada benda berupa serat ibarat kain, bulu, atau rambut. Dari ketidaksengajaan tersebutlah De Mestral tercetus inspirasi untuk membuat ‘Kretekan Baju’, yang mana membutuhkan waktu kurang lebih 10 tahun penelitian untuk menemukan komposisi materi yang pas dan kuat.

3. Lem Super (Super Glue)

Di tahun 1942, Dr. Harry Coover sedang meneliti untuk membuat materi pembuat senapan yang lebih baik. Kala itu, ia menemukan materi yang diberinama ‘cyanoacrylate’, namun ternyata tidak cocok untuk tujuan awal penelitiannya yaitu untuk membuat senjata. Cyanoacrylate ternyata susah dibuat dan cenderung bersifat menempel. Dia pun menganggap dirinya gagal dan mengalah dalam penelitannya tersebut. 6 tahun kemudian, ia berniat melaksanakan penelitan untuk membuat kanopi pesat dengan materi yang sama. Kali ini juga sama, ternyata cyanoacrylate tidak cocok untuk itu. Namun, dikala meneliti ia terheran, mengapa cyanoacrylate bisa melekat begitu kuatnya pada suatu benda walupun tanpa adanya proses pemanasan. Ketidaksengajaan itu pun membuat ia berpikir, owh ternyata cyanoacrylate diciptakan bukan sebagai materi pembuat senapan atau kanopi pesawat, tetapi sebaga lem super yang bisa merekatkan benda dengan kuat. Kini, hasil penelitiannya kita nikmati hingga sekarang.

4. Kantong Teh (Tea Bags)

Kantong the celup yang sering kita nikmati dikala minum teh ternyata diciptakan dari ketidaksengajaan. Pedagang teh asal Amerika berjulukan Thomas Sullivan, pada tahun 1908, mengirimkan sample teh untuk para pelangganya ke dalam tas sutra kecil. Banyak dari pelangganya salah mengira, tas sutra kecil berisi teh tersebut pribadi merka sedu tanpa dilepas terlebih dahulu. Padahal, pada awalnya, tak sutra kecil tersebut ditujukan sebagai bungkus saja. Ternyata, dari ketidaksengajaan tersebut, banyak pelanggan Thomas Sullivan membeirkan respon positif alasannya yaitu mereka bisa minum teh tanpa ada ampas yang mengganggu. Atas dasar ketidaksengajaan tersebut lah Thomas Sullivan berbagi kantong tehnya hingga kini begitu terkenal di budaya minum teh kita. 

5. The Microwave

Microwave panggangan yang sering kita gunakan untuk masak, ternyata merupakan hasil ketidaksengajaan. Penemunya yaitu Percy Spencer, seorang insinyur yang bekerja di Angkatan Laut Amerika sehabis Perang Dunia I. Dia terkenal sebagai seroang elektronik jenius. Suatu hari, ketika sedang iseng mengutak-atik gelombang kecil penghasil magnetron, ia mendapatai sesuatu yang asing pada kantung celananya. Ketika dilihat, ternyata coklat di kantong celananya meleleh ketika terkena gelombang kecil magnetron tersebut. Dari ketidaksengajaan itulah timbul inspirasi untuk membuat Microwave Oven yang kini ini kita nikmati untuk masak kue, mie, dll.

Itulah 5 inovasi penting di dunia yang justru ditemukan dari ketidaksengajaan yang dilakukan penemunya. Semoga isu tersebut bermanfaat. :)

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu goresan pena unik ihwal apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah dan guru; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading . Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading zona siswa. Terima kasih sudah berkunjung. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

Sumber http://www.zonasiswa.com