Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Macam-Macam Pola Perubahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut ini merupakan pembahasan perihal pengertian perubahan kimia, macam macam perubahan kimia, 15 pola perubahan kimia, sifat perubahan kimia, 10 pola perubahan kimia.

Pengertian Perubahan Kimia

Semua makhluk hidup bernapas. dengan cara mengambil oksigen dari lingkungan. Oksigen masuk ke dalam tubuh, dan dipakai untuk mengkremasi zat makanan sehingga dihasilkan energi dan zat sisa.

Zat sisa yang dihasilkan itu berupa karbon dioksida. Sehingga pada proses bernapas itu terjadi perubahan materi dari oksigen menjadi karbon dioksida.

Oksigen tentu saja berbeda dengan karbon dioksida, maka pada perubahan materi ini menghasilkan zat baru.

Kegiatan memasak dengan memakai kompor minyak atau gas pun merupakan perubahan materi. Perubahan materinya itu menghasilkan zat gres dari minyak tanah atau gas berkembang menjadi karbon dioksida dan uap air.

Peristiwa alam yang sudah kita kenal di antaranya proses fotosintesis. Daun pada flora mendapatkan energi cahaya matahari, sehingga terbentuklah zat makanan dan oksigen.
Begitu juga pada ketika menciptakan adonan asam klorida dengan soda makanan ringan bagus menghasilkan zat gres yang berupa padatan. Perubahan materi yang menghasilkan zat gres disebut perubahan kimia
Pada ketika kompor dipakai terjadi kejadian pembakaran, sehingga pada kejadian itu melepaskan energi panas. Berbeda dengan proses fotosintesis. Fotosintesis tidak mengeluarkan panas, tetapi memerlukan energi panas.

Dengan demikian pada perubahan materi secara kimia itu sanggup menghasilkan zat baru, dengan memakai energi panas dan ada yang mengeluarkan energi panas.

Macam-macam Contoh Perubahan Kimia


1) Pembakaran

Peristiwa pembakaran akan melibatkan oksigen sehingga ada energi panas yang dikeluarkan dari bara api disertai pengeluaran karbon dioksida. Pada kejadian itu terjadi penggunaan oksigen dengan menghasilkan zat gres yang berupa karbon dioksida disertai pengeluaran energi panas.

Batang kayu yang terdapat pada batang korek api apabila dibakar akan menghasilkan arang, dan apinya terus dinyalakan arang itu akan menjadi abu.

2) Perkaratan atau Korosi

Apabila besi diletakkan di kawasan lembab akan bereaksi dengan oksigen. Oksigen menembus celah-celah permukaan besi, usang kelamaan pada celah itu timbul karat. Peristiwa tersebut disebut perkaratan atau korosi.

3) Pelapukan dan Pembusukan

Tumbuhan yang kena panas dan hujan lamakelamaan akan lapuk dan membusuk. Susu yang dibiarkan terbuka terkena udara bebas akan menjadi masam.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal pengertian perubahan kimia Pengertian dan Macam-macam Contoh Perubahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Pembusukan Buah

4) Peragian

Adonan terigu yang diberi ragi akan menjadi roti yang mengandung gula. Singkong rebus atau nasi ketan diberi ragi menjadi tape yang mengandung gula dan alkohol.

5) Fotosintesis

Coba kau pelajari kembali perihal perubahan materi ada fotosintesis di Bagian A tadi. Zat yang diubahnya yakni karbon dioksida, air, dan klorofil oleh energi matahari sehingga menghasilkan zat gres yang berupa zat makanan (amilum dan glukosa) serta oksigen.

6) Reaksi Endoterm dan Eksoterm

Perubahan kimia dengan melepaskan energi panas disebut reaksi eksoterm. Sedangkan kejadian perubahan kimia dengan memerlukan energi panas, menyerupai pada proses fotosintesis disebut reaksi endoterm.

Semua perubahan kimia ini bersifat tetap, alasannya yakni sesudah terbentuk zat gres sulit dikembalikan ke bentuk asalnya.

Sifat Perubahan Kimia

Sifat kimia merupakan kesanggupan zat untuk mengadakan perubahan kimia. Sifat kimia tersebut sanggup diamati dengan indra kita, seperti:

a) Dapat atau tidak sanggup terbakar.

b) Dapat atau tidak sanggup bereaksi dengan air, gas, dan zat lainnya.


Sumber https://www.berpendidikan.com