Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Jenis Ekosistem (Alami Dan Buatan)

Berikut ini yaitu masih pembahasan wacana ekosistem, sehabis memahami pengertian ekosistem dan satuan makhluk hidup dalam ekosistem, selanjutnya akan dijelaskan wacana macam macam ekosistem, jenis jenis ekosistem, yaitu ekosistem alami atau ekosistem alam dan ekosistem buatan.

Macam-macam Jenis Ekosistem

Secara umum ekosistem ada banyak, misalnya; ekosistem darat, ekosistem air tawar, ekosistem sawah, ekosistem hutan, ekosistem pantai, ekosistem gurun, ekosistem padang pasir, ekosistem laut, ekosistem perairan, ekosistem bak dan lain-lainnya.

Semua jenis ekosistem tersebut diatas sanggup digolongkan menjadi dua kelompok besar, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Apa itu ekosistem alami dan apa yang dimaksud dengan ekosistem buatan?

1. Ekosistem Alami

Ekosistem alami terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Contoh ekosistem alami adalah pantai, ekosistem padang rumput, ekosistem laut, ekosistem hutan, ekosistem guru dan ekosistem rawa.

2. Ekosistem Buatan

Ekosistem buatan yaitu ekosistem yang sengaja dibentuk manusia. Contoh ekosistem buatan yaitu ekosistem sawah, akuarium, ekosistem bak dan ekosistem waduk.

3. Ekosistem Suksesi

Adapun ekosistem suksesi yaitu ekosistem yang merupakan hasil suksesi lingkungan yang didahului oleh kerusakan. Misalnya, suatu kawasan yang tertimpa peristiwa gunung meletus sehingga seluruh kehidupan yang menempatinya punah.
Berikut ini yaitu masih pembahasan wacana ekosistem Macam-macam Jenis Ekosistem (Alami dan Buatan)
Gambar: Contoh Bioma Stepa

Pengertian Bioma dan Biosfer

Setelah beberapa lama, di lingkungan itu akan terbentuk ekosistem baru. Satuan makhluk hidup yang lebih besar daripada ekosistem yaitu bioma.

Contoh bioma adalah bioma stepa (padang rumput), bioma hutan basah, bioma gurun dan bioma tundra (padang lumut). Kumpulan dari banyak sekali macam bioma di bumi ini membentuk sebuah sistem yang disebut biosfer.

Baca juga: Komponen Penyusun Ekosistem
Sumber https://www.berpendidikan.com