Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Dan Pengertian Zat, Sifat-Sifat Serta Perubahan Wujud Zat

Berikut ini yaitu pembahasan wacana definisi zat, pengertian zat, sifat-sifat zat, ciri-ciri zat padat, cair dan gas, perubahan wujud zat, pola perubahan kimia dan pola perubahan fisika.

Wujud zat terdiri dari padat, cair, dan gas. Wujud zat sanggup dimanfaatkan untuk kehidupan dan kesejahteraan manusia.

Zat padat sanggup bermetamorfosis cair, sewaktu mencair sanggup dibuat sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya, suatu besi sanggup dibuat menjadi paku atau bentuk plat untuk materi kendaraan.

Sesungguhnya Tuhan Yang Maha Esa membuat alam semesta beserta isinya tidak sia-sia. Semua yang diciptakan Tuhan itu ada keuntungannya bagi kehidupan manusia.

Termasuk zat yang berada di sekitar kita. Zat yang satu berbeda dengan jenis zat lainnya. Dengan adanya perbedaan masing-masing zat, maka insan sanggup memanfaatkan zat untuk kehidupannya.

Salah satu yang memilih perbedaan zat yaitu massa jenisnya, lantaran massa jenis suatu zat niscaya berbeda dengan zat lainnya.

Pengertian Zat dan Sifatnya

Di sekitar kita, baik di rumah maupun di luar rumah terdapat benda-benda yang beraneka ragam jenis dan wujudnya.

Di rumah, kau menemukan benda menyerupai meja, kursi, panci, kaca, besi, aluminium, kawat listrik dari tembaga, dan plastik. Benda-benda yang ada di rumah tadi termasuk benda yang padat, yang disebut zat padat.

Selain wujud padat, juga terdapat benda yang berwujud cair, menyerupai air, minyak tanah, minyak goreng, dan sirop. Benda ini selanjutnya disebut zat cair.

Selain terdapat zat padat dan zat cair, di sekitar kita terdapat udara yang selalu kita hirup untuk bernapas. Atau kau pernah bermain dengan balon yang ditiup. Balon mengembang dan membesar lantaran adanya zat yang dimasukkan ke dalam balon yaitu udara.

Pernahkah kau melihat balon mengapung? Apabila balon diisi dengan hidrogen akan mengapung. Udara dan hidrogen merupakan pola zat yang berwujud gas.

Apakah yang disebut zat? Zat didefinisikan sebagai sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang.

Sifat dan Ciri-ciri Zat

Dari klarifikasi sebelumnya, kita mengetahui wacana pengertian zat, sifat zat padat, cair, dan gas, serta sanggup diketahui adanya perubahan zat. Ciri-ciri zat menurut bentuk dan volumenya.
Berikut ini yaitu pembahasan wacana definisi zat Definisi dan Pengertian Zat, Sifat-sifat serta Perubahan Wujud Zat
Gambar: Sifat-sifat Zat Padat, Cair dan Gas

1) Sifat dan Ciri-ciri Zat Padat

Ciri zat padat yaitu bentuk dan volumenya tetap. Contohnya kelereng yang berbentuknya bulat, dipindahkan ke gelas akan tetap berbentuk bulat. Begitu pula dengan volumenya.

Volume kelereng akan selalu tetap walaupun berpindah daerah ke dalam gelas. Hal ini disebabkan lantaran daya tarik antarpartikel zat padat sangat kuat.

Pada umumnya zat padat berbentuk kristal (seperti gula pasir atau garam dapur) atau amorf (seperti beling dan kerikil granit).

Partikel zat padat mempunyai sifat menyerupai berikut:

1) Letaknya sangat berdekatan

2) Susunannya teratur

3) Gerakannya tidak bebas, hanya bergetar dan berputar di tempatnya

Karena sifat itulah, maka volume dan bentuk zat padat selalu tetap.

2) Sifat dan Ciri-ciri Zat Cair

Zat cair mempunyai volume tetap tetapi bentuk berubah-ubah sesuai dengan yang ditempatinya. Apabila air dimasukkan ke dalam gelas, maka bentuknya menyerupai gelas, apabila dimasukkan ke dalam botol akan menyerupai botol.

Tetapi volumenya selalu tetap. Hal ini disebabkan partikel-partikel penyusunnya agak berjauhan satu sama lain. Selain itu, partikelnya lebih bebas bergerak lantaran ikatan antarpartikelnya lemah.

Partikel zat cair mempunyai sifat menyerupai berikut:

1) Letaknya berdekatan

2) Susunannya tidak teratur

3) Gerakannya agak bebas, sehingga sanggup bergeser dari tempatnya, tetapi tidak lepas dari kelompoknya.

Karena sifat itulah, maka volume zat cair tetap, dan bentuknya berubah-ubah.

3) Sifat dan Ciri-ciri Zat Gas

Ciri dari gas di antaranya bentuk dan volume berubah sesuai dengan tempatnya. Gas yang terdapat di balon mempunyai bentuk dan volume yang sama dengan balon.

Gas yang terdapat di dalam botol, bentuk dan volumenya sama dengan botol. Partikel-partikel gas bergerak acak ke segala arah dengan kecepatan bergantung pada suhu gas, jadinya volumenya selalu berubah.

Partikel zat gas mempunyai sifat menyerupai berikut:

1) Letaknya sangat berjauhan

2) Susunannya tidak teratur

3) Gerakannya bebas bergerak, sehingga sanggup bergeser dari tempatnya dan lepas dari kelompoknya, sehingga sanggup memenuhi ruangan

Karena sifat itulah, maka volume dan bentuk dari gas berubah-ubah.
Berikut ini yaitu pembahasan wacana definisi zat Definisi dan Pengertian Zat, Sifat-sifat serta Perubahan Wujud Zat
Tabel: Sifat-sifat Zat Padat, Cair dan Gas

Perubahan Wujud Zat

Setiap zat akan berubah apabila mendapatkan panas (kalor). Es dipanaskan akan mencair. Air dipanaskan akan menguap menjadi uap air (gas).

Apabila uap air didinginkan menjadi embun dan kembali menjadi air. Air didinginkan menjadi es. Proses perubahan wujud zat tersebut sanggup diamati pada diagram.
Berikut ini yaitu pembahasan wacana definisi zat Definisi dan Pengertian Zat, Sifat-sifat serta Perubahan Wujud Zat
Diagram: Perubahan Wujud Zat

Perubahan zat padat menjadi zat cair disebut mencair atau melebur, perubahan zat cair menjadi padat disebut membeku, perubahan zat cair menjadi gas disebut menguap, dan perubahan uap menjadi cair disebut mengembun, serta daripadat ke gas disebut menyublim.

Sumber https://www.berpendidikan.com