Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Buku Dalam Pembukuan Keuangan Sekolah

Pencatatan setiap transaksi dilakukan dalam sebuah buku berdasarkan kelompok/jenis akunnya.  Pengelompokan berdasarkan tangan kanan ini unuk memudahkan penyusunan lapodan, untuk tingkat sekolah/madrsah, buku-buku yang diharapkan adalah:

Pencatatan setiap transaksi dilakukan dalam sebuah buku berdasarkan kelompok JENIS-JENIS BUKU DALAM PEMBUKUAN KEUANGAN SEKOLAH

1.    Buku Kas Umum.

Buku Kas Umum merupakan buku utama untuk mencatat semua transaksi keuangan. Umumnya hanya menampung transaksi eksternal saja. Bisa saja dipakai untuk mencatat transaksi internal, dan disaat yang sama dilakukan pembukuan disisi sebaliknya. Contoh: penerimaan uang kas dari bank, dibukukan di kolom penerimaan dan di ketika yang sama dibukukan di kolim pengeuaran uang bank alasannya ialah pada ketika yang sama uang kita di kolam berkurang.

2.    Buku Pembantu.

Buku Pembantu dibedakan menjadi.
a.    Buku Pembantu Kas untuk mencatat transasksi keuangan terkait dengan uang kas di bendahara. Buku ini menampung transaksi maupun eskternal yang dulakukan per kas.

b.    Buku Pembantu Bank untuk mencatat transaksi keuangan terkait dengan uang di bank. Buku ini menampung transaski eksternal maupun internal uand dilakukan melalui bank

c.    Buku Pembantu Pajak untuk mencatat transaksi keuangan terkait dengan pemungutan dan penyetoran pajak oleh bendahara sekolah/madrasah (transaski eksternal yang dilakukan per kas atau bank terkait pajak).

Masing-masing sumber dana setidaknya mempunyai ke-empat jenis buku diatas, alasannya ialah untuk sekolah/madrasah yang menasih memakai sistem manual akan terdapat lebih dari satu buku kas umum dan buku pembantu. Untuk sekolah/madrasah sudah memakai komputer akan jauh lebih gampang untuk memelihara aneka macam jenis buku yang ada.

Transaksi yang dicatat di buku yang sesuai harus disertai dengan bukti-bukti transaksi yang mencantumkan tanggal transaksi, nomor bukti transaksi, nomor arahan akun serta uraiian penerimaan dan pengeluaran. Kode akun yang dipakai ialah arahan akun yang dikeluarkan oleh Kemendagri (untuk sekolah negeri) dan Kemenag (untuk madrasah) bagi aktivitas BOS. Kemudian pilih aktivitas nasional atau prigram sekolah yang sesuai. Terakhir ialah menentukan arahan akun untuk jenis transaksi.

Itulag jenis-jenis transaksi keuangan yang ada pada keuangan sekolah, selanjutnya kita ialah sekilas wacana PROSES/ALUR PEMBUKUAN KEUANGAN SEKOLAH/MADRASAH .
Postingan ini merupakan kelanjutan dari:

PENTINGNYA PEMBUKUAN KEUANGAN SEKOLAH YANG BAIK

Semoga bermanfaat,

FORMAT BUKU KAS UMUM (BOS K-3) 
Format Buku Pembantu Kas (BOS K-4)
Buku Pembantu Bank dan Pajak Format BOS K5 dan K6