Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Fiber Optik Beserta Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangan Fiber Optik Untuk Keperluan Jaringan

Dalam suatu jaringan computer terkandung lebih dari satu komponen pendukung layaknya host/komputer pengguna, server, switch beserta kabel sebagai penghubung dan menyalurkan data. Sampai sementara ini terkandung lebih dari satu type kabel yang kebanyakan digunakan dalam instalasi jaringan computer layaknya kabel Coaxial dan Twisted. Untuk 2 type kabel tersebut kemungkinan yang paling banyak digunakan dari dulu sampai sementara ini. Namun sejalan kemajuan zaman, penduduk mengidamkan jalan masuk kecepatan yang lebih tinggi serta kekuatan transfer knowledge lebih maksimal. Sebenarnya kabel Coaxial dan Twisted udah memadai mencukupi standard tapi pastinya kudu ada penemuan terbaru bersama aneka macam macam kelebihan.

Dalam suatu jaringan computer terkandung lebih dari satu komponen pendukung layaknya host Pengertian Fiber Optik Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik untuk Keperluan Jaringan


Kecepatan jalan masuk yang tinggi dalam suatu jaringan pastinya jadi hal yang paling dicari terlebih untuk keperluan browsing di internet. Hal inilah yang melatarbelakangi kemunculan kabel Fiber Optik dan dalam ketika itu juga segera memperoleh area tersendiri di masyarakat. Dalam artikel kali ini kita bakal menjelaskan lebih dalam mengenai kabel Fiber Optik, mencakup pengertian Fiber Optik, fungsi, cara kerja serta berlebihan dan kekurangan dari Fiber Optik.

Pengertian Fiber Optik

Berbeda dari kabel lain yang membawa listrik, kabel Fiber Optik yakni tipe kabel yang berfaedah merubah tanda listrik menjadi sinar dan mengalirkannya dari satu ke titik yang lain. Bahan utama dari kabel tipe Fiber Optik ini yakni dari serat beling dan plastik yang terlampau halus, apalagi lebih halus dari sehelai rambut manusia. Beda halnya dari kabel lain yang menggunakan materi dari tembaga.

Terdapat 2 tipe mode transmisi yaitu Single Mode yang menggunakan sinar laser sebagai sarana transmisinya dan Multi Mode yang menggunakan sarana LED. Biasanya tipe kabel Fiber Optik ini lebih kerap digunakan terhadap suatu instalasi jaringan dengan kelas menengah sampai atas.


Fungsi Fiber Optik

Pada dasarnya manfaat berasal dari kabel Fiber Optik serupa ibarat tipe kabel yang lain yakni menghubungkan antar pc atau pengguna satu serupa lain dan didalam lingkup jaringan tertentu. Yang menjadi pembeda yakni kecepatan jalan masuk yang tinggi serta kebolehan transfer data lebih cepat. Untuk kecepatan pengiriman data sanggup sampai kisaran Gigabit per detiknya. Selain itu dikarenakan tidak mempunyai listrik kabel tipe ini terhitung tida tergoda problem elektromagnetik biar stabil didalam penggunaannya.

Namun pastinya bersama dengan banyaknya berlebihan yang diperoleh pastinya kudu dibayar lebih mahal, itulah sebabnya kabel tipe ini tidak digunakan oleh teledor orang. Biasanya perusahaan skala besar serta operator telekomunikasi yang lebih kerap memilih pakai kabel Fiber Optik ini. Bahkan sementara ini pun perusahaan pengembang Wi-Fi sudah menjadi menggunakan Fiber Optik dikarenakan lebih cepat dan stabil.

Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik

Meskipun tiba bersama dengan kemampuan lebih tinggi daripada type kabel yang terdahulu bukan artinya kabel Fiber Optik ini tidak mempunyai kekurangan ibarat sekali. Dibawah ini kita jelaskan bermacam macam berlebihan dan juga kekurangan yang bisa anda peroleh jikalau menggunakan Fiber Optik :

Kelebihan Fiber Optik

  • Jenis kabel Fiber Optik ini mempunyai kemampuan mengantarkan data bersama dengan kapasitas besar dan juga jarak transmisi yang benar-benar jauh. Dengan kapasitas Gigabyte per detik maka memberi suplemen kebebasan bagi perusahaan – perusahaan internet dan telepon pilih bandwith tinggi.
  • Meskipun mempunyai kemampuan yang besar bentuk fisik berasal dari kabel ini lebih kecil jikalau dibandingkan bersama dengan type lain dikarenakan bahannya berasal dari serat beling dan plastik. Hal ini amat mungkin tersedianya area yang tidak mengecewakan besar.
  • Karena tidak menggunakan arus listrik kabel Fiber Optik ini bebas berasal dari problem sinyal elektromagnetik, sinyal radio, dan juga mempunyai ketahanan yang tidak mengecewakan berpengaruh juga sehingga banyak digunakan perusahaan – perusahaan besar.
  • Meskipun mempunyai kecepatan jalan masuk yang tinggi namun selalu mungkin hilangnya data sangatlah rendah, jadi anda tidak wajib merisaukan validitas data.
  • Karena tidak menggunakan listrik maka mungkin terdapatnya konsleting juga tidak sanggup terjadi, jadi didalam hal keamanan juga benar-benar terjamin.

Kekurangan Fiber Optik

  • Kekurangan terbesar berasal dari kabel Fiber Optik yakni harganya yang tidak mengecewakan tinggi, hal ini sangatlah lumrah mengingat materi – materi yang digunakan dan juga pemasangannya. Oleh dikarenakan itu pengguna kabel type bukanlah serampangan melainkan perusahaan atau penyedia jasa komunikasi yang bahu-membahu dambakan jalan masuk lebih cepat.
Selain memakan ongkos besar pada ketika pemasangan, untuk perawatan Fiber Optik pun juga membutuhkan ongkos yang tidak sedikit melihat alat – alat yang digunakan juga tidaklah murah.
Perhatikan juga penempatan kabel Fiber Optik, umumnya dipasang pada jalur yang berbelok atau yang mempunyai sudut melengkung sehingga proses berjalannya gelombang bisa lebih lancar atau tidak terhambat.

Cara Kerja Fiber Optik

Sebelumnya sudah sempat dijelaskan bahwa kabel Fiber Optik tidak mengalirkan listrik tetapi cahaya. Listrik yang diperoleh dikonversikan menjadi sinyal sinar dan dialirkan antar pc yang membuka di dalam suatu jaringan skala besar. Hal ini menyebabkan kabel Fiber Optik amat cocok digunakan terhadap wilayah dengan banyaknya gangguan elektromagnetik.

Jika terhadap kabel Coaxial atau Twisted panjangnya kabel seringkali menjadi penghambat tetapi hal ini tidak berlaku bagi kabel Fiber Optik. Bahan baku yang terbuat berasal dari serat beling murni sanggup mempunyai sinar untuk mentransmisikan information secara tetap menerus tanpa mengacuhkan panjangnya kabel yang digunakan. Intinya di di dalam kabel Fiber Optik pakai cara kerja dengan pakai cermin untuk menghasilkan keseluruhan internal reflection atau bahasa biasanya yakni refleksi keseluruhan terhadap anggota serat kaca.

Itulah pengertian Fiber Optik yang perlu anda ketahui lebih-lebih terkecuali anda ingin melakukan instalasi jaringan. Meskipun punyai harga yang cukup tinggi tetapi dengan menyaksikan manfaat dan juga laba yang diperoleh maka sangatlah masuk akal beberapa perusahaan besar lebih memilih model kabel ini.
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com