Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membahas Bahan Pengertian Surat Pengunduran Diri Beserta Cara Membuat, Format Penulisan Dan Pola Surat Pengunduran Diri Lengkap

Membahas Materi Pengertian Surat Pengunduran Diri Beserta Cara Membuat, Format Penulisan dan Contoh Surat Pengunduran Diri Lengkap - Surat pengunduran diri (Resign Letter) atau Surat Resign yaitu type surat yang dibentuk untuk perlihatkan bahwa dirinya berhenti bekerja dari area di mana ia bekerja, baik itu bekerja di perusahaan swasta maupun bekerja di kantor pemerintahan. Mengundurkan diri dari pekerjaan merupakan hak seorang pegawai.

Membahas Materi Pengertian Surat Pengunduran Diri Beserta Cara Membuat Membahas Materi Pengertian Surat Pengunduran Diri Beserta Cara Membuat, Format Penulisan dan Contoh Surat Pengunduran Diri Lengkap

Ada banyak alasan seorang pegawai untuk mengundurkan diri diantaranya dari kasus honor yang kecil, ia terasa tidak sesuai bersama lingkungan pekerjaan, ia terasa bosan bersama pekerjaan kini dan idamkan mencoba pekerjaan gres di area lain, tidak mendapatkan kenaikan jabatan dan lain sebagainya.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Membuat surat pengunduran diri atau resign haruslah dibentuk sesopan mungkin jangan teledor sehingga perusahaan tidak tersinggung dan mendapatkan ketentuan pengunduran diri. Berikut cara memicu surat pengunduran diri, diantaranya:

a. Alasan Mengundurkan Diri, Jika seorang karyawan idamkan mengundurkan diri dari perusahaan, maka ia kudu mempunyai alasan. Dalam penulisan surat pengunduran diri akan lebih besar lengan berkuasa dan diterima jikalau di didalam surat ini disertai alasan yang masuk akal. Namun, alasan yang disampaikan termasuk kudu memelihara perasaan pihak perusahaan.

b. Penulisan Surat Pengunduran Diri, dikarenakan termasuk surat resmi maka surat pengunduran diri kudu ditulis menurut kaidah yang udah ditentukan, struktur penulisannya terdiri dari pembuka, mengisi dan penutup.

c. Pengajuan Surat Selambat-lambatnya 30 Hari Sebelumnya, layaknya ang tertera didalam Pasal 162 UU 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan bahwa surat pengunduran diri ditulis selambat-lambatnya 30 hari selepas tanggal pengunduran diri.

d. Memberikan Kesan yang Baik, jikalau idamkan mengundurkan diri lebih baik bertemu pribadi bersama atasan dan mengutarakan latar belakang kenapa anda muncul dari pekerjaan. Namun alasan selanjutnya sebaiknya sopan dan tidak ada unsur menyinggung pihak perusahaan.

Format Penulisan Surat Pengunduran Diri

Berikut format penulisan surat pengunduran diri diantaranya:

Nama Kota dan Tanggal
Biasanya penulisan nama kota dan tanggal diletakkan pada anggota pojok kanan atas. Dalam penulisan nama kota kudu di awali bersama karakter kapital, pemisah nama kota dan tanggal yaitu instruksi koma dan diakhiri tanpa manfaatkan instruksi titik. Contohnya seperti:

Surabaya, 19 April 2017 Atau Surabaya, 19-04-2017

Nama Dan Alamat Yang Dituju
Surat resign umumnya bertujuan kepada anggota HRD atau pribadi kepada kepala perusahaan. Jika bertujuan pada kepala perusahaan, maka kudu dituliskan bersama benar bersama melampirkan gelarnya. Hindari penulisan kata “di tempat” akan lebih baik jikalau dituliskan bersama nama kota. Contohnya seperti:

Kepada Yth : Manager PT. <Nama perusahaan>
Dari : <Nama Anda>
Jabatan : <Jabatan Anda>
Departemen : <Nama Departemen>
Hal : Pengunduran Diri

Salam Pembuka
Seperti surat type lainnya, penulisan surat pengunduran diri sebaiknya disertai salam pembuka atau sapaan. Contohnya layaknya Salam sejahtera, Hormat Saya, Assalamualaikum, selamat pagi dan lain sebagainnya.

Alasan Pengunduran Diri
Bagian ini memang susah untuk dituliskan tetapi jikalau idamkan mengundurkan diri maka ini kudu disertakan, jikalau tidak disertai alasan maka sanggup jadi perusahaan akan menolak pengunduran diri anda.

Menulis Tanggal Mengundurkan Diri
Tuliskan tanggal anda mengundurkan diri, sehingga ketika amat keluar, perusahaan udah mempunyai pengganti.

Ucapan Terima Kasih
Anda sanggup mengucapkan mendapatkan kasih yang bermaksud untuk menyanjung kepala perusahaan. Bisa termasuk untuk mengutarakan mendapatkan kasih atas perlakuan baik yang diberikan selama bekerja disana atau termasuk ucapan mendapatkan kasih dikarenakan surat yang ia bikin diterima bersama baik.

Permohonan Maaf
Meskipun anda terasa bahwa anda tidak mempunyai tidak benar pada perusahaan, anda selalu kudu menghendaki maaf. Karena mungkin anda mempunyai kekeliruan yang tidak diketahui.

Salam Penutup
Salam epilog yang dipakai sebaiknya serupa bersama salam pembuka. Misalnya jikalau anda manfaatkan assalamualaikum maka sebaiknya sapaannya termasuk demikian.

Nama dan Tanda Tangan
Nama dan instruksi tangan pembuat surat pengunduran diri kudu dibubuhkan dikarenakan surat ini termasuk didalam surat resmi, bahkan ada perusahaan yang menghendaki pembuat surat ini melampirkan materai untuk kepentingan administrasi. Biasanya instruksi tangan ini terdapat di anggota kanan bawah atau sesuai tanggal pembuatan surat.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berikut ini pola surat pengunduran:

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Lampung, 25 Januari 2018

Yth.

Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri Lampung
Jalan Waringin km. 12 Lampung

Lampung

Perihal :Pengunduran diri

Dengan Hormat

Dengan surat ini saya selaku karyawan yang berjulukan :

Nama : Lita Puspita, SPd.

Tempat, Tanggal lahir : Lampung, 19 Oktober 1990

Jabatan : Wakil Kepada Sekolah

NIP : 12345678910111213

Alamat : Jalan Rambutan No. 5 Lampung

Secara resmi terhitung hari kamis tanggal 1 februari tahun 2017 menyatakan untuk mengundurkan diri dari wakil kepala sekolah di Sekolah Menengan Atas Negeri Lampung.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaannya yang telah diberikan kepada saya oleh pihak Sekolah Menengan Atas Negeri Lampung, yang mana sanggup saya sanggup bekerja serta mengajar siswa-siswi. Tidak lupa juga saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada jajaran Komite, guru serta para staff Sekolah Menengan Atas Negeri Lampung bilamana terdapat hal-hal yang tidak serta kurang berkenan yang saya lakukan selama bekerja.

Besar keinginan saya Bahwa Sekolah Menengan Atas Negeri Lampung sanggup menjadi sekolah yang terus berprestasi baik itu akademis maupun non akademis. Dan juga terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus usaha bangsa.

Hormat saya

Lita Puspita, S Pd.
NIP: 12345678910111213
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com