Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membahas Bahan Pengertian Surat Edaran Beserta Fungsi, Jenis, Bab Dan Pola Surat Edaran Terlengkap

Membahas Materi Pengertian Surat Edaran Beserta Fungsi, Jenis, Bagian dan Contoh Surat Edaran Terlengkap - Surat edaran yakni surat yang memuat pemberitahuan formal dalam instansi, forum atau organisasi. Atau lebih jelasnya, definisi surat edaran yakni sebuah surat pemberitahuan formal yang diedarkan secara tertera dan dimaksudkan untuk beraneka pihak.

Membahas Materi Pengertian Surat Edaran Beserta Fungsi Membahas Materi Pengertian Surat Edaran Beserta Fungsi, Jenis, Bagian dan Contoh Surat Edaran Terlengkap

Biasanya surat edaran ini dimaksudkan untuk lingkungan lazim namun dalam area lingkup spesifik memuat mengenai klarifikasi mengenai suatu ihwal atau pemberitahuan mengenai suatu hal, layaknya kebijakan gres dari pimpinan instansi, peraturan gres dan lain sebagainya.

Contoh surat edaran, diantaranya surat kepala sekolah untuk para guru, kepala sekolah untuk siswa, rektor untuk dosen, administrator untuk pegawai dan lain sebagainya. Karena surat edaran masuk dalam surat formal maka bahasa resmi, singkat, padat, menyadari dan mencerminkan ciri dari instansi/organisasi yang membuatnya.

Fungsi Surat Edaran

Adapun kegunaan surat edaran dibentuk yaitu untuk mengemukakan Info atau pengumuman kepada orang banyak yang bersifat tidak rahasia.

Secara khusus, kegunaan surat edaran yaitu sebagai kode dan klarifikasi mengenai pelaksanaan atau peraturan (bagi instansi) dan sebagai pemberitahuan atau pengumuman (bagi perusahaan swasta).


Jenis-Jenis Surat Edaran

Berikut type surat edaran diantaranya:
  • Surat edaran terbatas yakni surat yang umumnya dimaksudkan dari satu organisasi atau forum pada para anggotanya saja, jikalau layaknya surat edaran dari koperasi kepada para anggota koperasi, surat dari ketua osis untuk anggota osis, dan lain sebagainya.
  • Surat edaran tidak terbatas yakni surat yang dimaksudkan kepada masyarakat luas.
Selain type surat edaran diatas, adapula sebagian macam type surat edaran, diantaranya:

a. Surat edaran pemerintah yakni surat edaran yang terdapat pemberitahuan kepada seluruh rakyat Indonesia yang bersifat nasional. Contoh surat edaran pemerintah seperti: edaran mengenai perayaan hari besar nasional, edaran mengenai sensus penduduk, edaran mengenai pemilu dan lain sebagainya.

b. Surat edaran dari forum pemerintah yakni surat edaran yang memuat mengenai pemberitahuan dan klarifikasi mengenai pelaksanaan peraturan di lingkungan forum tersebut. Misalnya Departemen Pendidikan dan Kebudayaan menciptakan edaran mengenai kode UAS.

c. Surat edaran dari perusahaan, terdiri dari: surat edaran spesifik yakni surat pemberitahuan suatu hal yang dimaksudkan untuk satu lingkungan tertent dan surat edaran lazim yakni surat edaran untuk memperkenalkan jasa perusahaan dan hasil produk ke seluruh lapisan masyarakat.


Bagian-Bagian Surat Edaran

Adapun bagian-bagian atau lapisan atau struktur surat edaran terdiri atas:

Kepala surat
Pada anggota ini terdapat kop surat terdiri atas logo, nama dan alamat organisasi, forum atau lembaga. Kop surat umumnya dipakai untuk menandakan surat formal dan non-formal.

Biasanya kata “surat edaran” ditulis dengan abjad kapital dan ditulis manfaatkan garis bawah. Kemudian pada anggota kiri bawah ditulis nomor surat, sifat surat (misalnya penting), mengenai dan alamat yang dituju namun tersedia pula nomor surat yang ditulis pada anggota bawah kata “surat edaran”. Pada anggota kanan ditulis tanggal, bulan dan tahun kapan surat tersebut dibuat. Terkadang cara penulisan pada anggota ini berbeda-beda terkait pembuat surat.

Isi surat
Pada anggota ini umumnya memuat pengumuman atau Info apa yang dambakan disampaikan kepada umum, dengan urutan pendahuluan, isi pokok surat dan penutup.

Kaki surat
Pada anggota kaki surat, berisikan nama jabatan, tandatangan pengirim surat, nama lengkap, nip, stempel/cap (organisasi, forum ataupun lembaga) dan tembusan (jika sebetulnya ada).

Contoh Surat Edaran

LEMBAGA PENDIDIKAN KOMPUTER
INDRAJAYA ABADI
JALAN MAKMUR 1
Lampung

Nomor : 03/09/XII/E/95
Lampiran: –
Hal : Edaran Perpisahan
Angkatan ke-25

Kepada
Yth : Sdr/i Ketua Program
Lembaga Pendidikan Komputer
INDRAJAYA ABADI
Jl. Makmur 1

Dengan hormat,

       Berhubung masa berguru komputer angkatan ke dua puluh lima sudah berakhir, kami minta semoga saudara/i para ketua jadwal membentuk kepanitiaan jadwal perpisahan untuk akseptor didik tersebut. Untuk pengurus dan pelaksanaan dari jadwal tersebut, libatkan para pengurus kesiswaan.

Kami mengharapkan semoga edaran ini menerima perhatian para ketua jadwal komputer.

Terima kasih.

Hormat kami

Ttd.
Tria Septi, S.Kom
Kepala Bina Pendidikan

Tembusan :
1. Yth. Sdr. Fariza, S.Kom
2. Yth. Sdr. Chyntia, S.Kom
3. Arsip
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com