Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membahas Bahan Pengertian Suku Bunga Beserta Jenis Dan Teladan Suku Bunga Terlengkap

Membahas Materi Pengertian Suku Bunga Beserta Jenis dan Contoh Suku Bunga Terlengkap - Bunga ialah imbal jasa atas pemberian uang. Persentase berasal dari pokok pemberian yang dibayarkan sebagai imbal jasa (bunga) didalam suatu periode spesifik disebut bersama dengan suku bunga.
Membahas Materi Pengertian Suku Bunga Beserta Jenis dan Contoh Suku Bunga Terlengkap Membahas Materi Pengertian Suku Bunga Beserta Jenis dan Contoh Suku Bunga Terlengkap


Suku bunga ialah suatu balas jasa berasal dari modal yang ditanamkan atau dipinjamkan kepada suatu pihak didalam wujud persentase.

Pengertian Suku Bunga ialah harga yang wajib dibayar oleh bank dan atau nasabah sebagai balas jasa atas transaksi antara bank dan nasabah.

Adapula pengertian suku bunga berdasarkan para ahli, diantaranya:

Menurut H. Freud Wiston dan Eugene F. Brigham, Suku bunga ialah harga yang dibayarkan atas modal dan juga laba modal yang merupakan hasil berasal dari suatu ekuitas.


Jenis-Jenis Suku Bunga dan Contohnya

Berikut ini type type suku bunga beserta contohnya:


Suku Bunga Simpanan

Suku bunga simpanan ialah suku bunga yang diberikan sebagai balas jasa pada nasabah yang menaruh uangnya di bank tersebut. Bunga simpanan termasuk merupakan harga yang mesti dibayar oleh bank pada pihak nasabah. Contohya layaknya bunga tabungan, bunga deposito dan jasa giro.

Suku Bunga Pinjaman

Suku Bunga Pinjaman ialah suku bunga yang dibebankan kepada peminjam duwit atau suatu harga yang mesti dibayar oleh pihak nasabah kepada pihak bank atas pemberian modal yang digunakan oleh nasabah tersebut. Contohnya layaknya bunga kredit.


Suku Bunga Efektif

Suku bunga efisien ialah suku bunga yang dihitung berdasarkan nilai pokok yang belum dibayar atau terhutang.

Suku bunga ini dihitung tiap tiap final periode angsuran, nilai bunga yang dibayar nasabah makin usang sanggup makin mengecil, maka angsuran per bulannya sanggup makin mengalami penurunan berasal dari selagi ke waktu. Angsuran bunga ke dua lebih kecil dibandingkan dengan angsuran bunga pertama, begitu seterusnya.

Rumus :
Bunga perbulan = saldo final periode x suku bunga pertahun / 12

Contoh :
Dedi miliki hutang sebesar Rp 100.000.000 terhadap pihak bank, dengan cicilan pokok sebesar Rp 10.000.000 per bulan dengan bunga efektifnya 12% per tahun.

Bulan ke-1 bunganya 1% x Rp 100.000.000 = Rp 1.000.000
Bulan ke dua bunganya 1% x Rp 90.000.000 = Rp 900.000
Bulan ke-3 bunganya 1% x Rp 80.000.000 = Rp 800.000
Bulan ke-4 bunganya 1% x Rp 70.000.000 = Rp 700.000

Dan seterusnya.

Suku Bunga Flat
Suku bunga flat ialah suku bunga yang dibayarkan didasarkan terhadap jumlah pembayaran hutang pokok dan jumlah bunga kredit besarnya seolah-olah tiap-tiap bulan.

Suku bunga ini digunakan bagi kredit jangka pendek layaknya kredit KTA dan kendaraan. Suku bunga flat ini merupakan suku bunga yang paling mudah. Tiap bulan jumlah bunganya sama, angsurannya sama, dan cicilan pokonya sama.

Rumus :
Bunga per bulan = Jumlah utang x Suku bunga per tahun/12

Contoh :
Pak Rahmat punyai hutang sebesar Rp 80.000.000 bersama besar bunga flat 12% per tahun, maka tiap-tiap bulan besarnya bunga yang kudu dibayar Pak Rahmat yaitu sebesar Rp 800.000.

Suku Bunga Anuitas

Suku bunga anuitas ialah suatu modifikasi dari suku bunga efektif. Hal ini dikerjakan guna mempermudah nasabah didalam membayar cicilan per bulan, alasannya ialah jumlah angsuran seolah-olah tiap-tiap bulannya.

Dalam suku bunga ini, jumlah angsuran bulannya tetap. Namun pokok angsuran dan komposisi bunga akan beralih tiap periodenya. Angsuran pokok perbulannya membesar dan nilai bunga perbulannya akan mengecil.

Suku Bunga Mengambang

Suku bunga mengambang ialah suku bunga yang besarnya akan ikuti naik turunnya suku bunga pasar. Apabila suku bunga pasar naik, maka jumlah suku bunga kredit terhitung akan naik, begitu sebaliknya. Suku bunga ini digunakan untuk kredit jangka panjang layaknya kredit modal kerja, perjuangan dan investasi.
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com