Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membahas Bahan Pengertian Seni Pertunjukan Beserta Fungsi Dan Jenis-Jenis Seni Pertunjukan Terlengkap

Membahas Materi Pengertian Seni Pertunjukan Beserta Fungsi dan Jenis-Jenis Seni Pertunjukan Terlengkap - Seni pertunjukan (performance art) yaitu karya seni yang melibatkan agresi individu atau kelompok di area dan waktu tertentu. Biasanya suatu pertunjukan melibatkan empat unsur layaknya waktu, ruang, badan si seniman dan relasi seniman bersama dengan penonton.

Membahas Materi Pengertian Seni Pertunjukan Beserta Fungsi dan Jenis Membahas Materi Pengertian Seni Pertunjukan Beserta Fungsi dan Jenis-Jenis Seni Pertunjukan Terlengkap

Seni pertunjukan yaitu makna yang umumnya mengacu pada seni konseptual atau avant garde yang tumbuh dari seni rupa dan sekarang mulai berubah ke arah seni kontemporer.


Pengertian Seni Pertunjukan Menurut Para Ahli

Murgiyanto (1995)
Menurut Murgiyanto, Seni pertunjukan yaitu sebuah tontonan yang punyai nilai seni dimana tontonan selanjutnya di sajikan sebagai pertunjukan di depan penonton. Sal Murgiyanto termasuk menyebutkan bahwa kajian pertunjukan yaitu sebuah tekun gres yang mempertemukan ilmu-ilmu seni (musikologi, kajian tari, kajian teater) di satu titik dan antropologi di titik lain didalam satu kajian inter-disiplin (etnomusikologi, etnologi tari dan performance studies).

Soedarsono
Menurut Soedarsono, Seni pertunjukan yaitu sebuah rumpun seni yang berfungsi sebagai sarana ritual, hiburan pribadi, dan presentasi estetis yang mengajarkan bagaimana mestinya insan berprilaku sosial.

Anantarfi
Menurut Anantarfi, Seni pertunjukan yaitu sebuah sarana yang dipakai untuk mengekspresikan/menyampaikan pesan ethical dsb kepada pirsawan didalam bentuk obrolan ataupun gerakan.

Malaranganjaya
Menurut Malaranganjaya, Seni pertunjukan yaitu sebuah sarana untuk mengekspresikan rasa dan karsa manusia.

Muhyani
Menurut Muhyani, Seni pertunjukan yaitu sebuah sarana untuk mengekspresikan cipta, rasa dan karsa manusia.

RoseLee Goldberg
Menurut RoseLee Goldberg, Seni pertunjukan yaitu sebuah seni yang bisa di sajikan sendiri, kelompok/group bersama dengan pencahayaan, musik atau gambar yang dibentuk oleh artis sendiri atau bekerja sama, dan dilaksanakan di area mulai dari sebuah galeri seni atau museum untuk sebuah “ruang alternatif”, sebuah teate, kafe, kafe atau sudut jalan.

Sapardi Djoko Damono
Menurut Sapardi Djoko Damono, Seni pertunjukan yaitu cabang seni yang punyai 3 unsur yaitu sutradara, pemain dan penonton.

Edi Sedyawati
Menurut Edi Sedyawati, Seni pertunjukan yaitu seni yang udah ditemukan pada zaman prasejarah akhir, terutama pada zaman perunggu dan pada perkembangannya seni pertunjukan punyai faedah yaitu faedah religius, edukatif, peneguhan integrasi sosial, hiburan dan mata pencaharian.

Bagus Susetyo (2007:1-23)
Menurut Bagus Susetyo, Seni pertunjukan yaitu sebuah ungkapan budaya, wahana untuk mengemukakan nilai-nilai budaya dan perwujudan norma-norma estetik-artistik yang berkembang cocok zaman, dan wilayah dimana bentuk seni pertunjukan itu tumbuh dan berkembang.


Fungsi Seni Pertunjukan

Adapun manfaat seni pertunjukan, yaitu:

a. Fungsi Religius, seni pertunjukan sering dipakai untuk mengemukakan pesan religi kepada penontonnya.

b. Fungsi Sosial, seni pertunjukan sering dipakai untuk mengemukakan kritik sosial, penyampaian gagasan, dan juga mengemukakan kebijakan kepada penduduk atau sanggup terhitung dikatakan sebagai layanan berkomunikasi.

c. Fungsi Pendidikan, Seni pertunjukan sebagai kawasan pendidikan, nilai edukasi yang tertanam diantaranya ibarat nilai sosial, kerjasama, disiplin dan pembelajaran.

d. Fungsi Estetik, seni pertunjukan berfungsi sebagai kawasan mengekspresikan diri bagi para seniman.

e. Fungsi Hiburan, seni pertunjukan berfungsu sebagai hiburan untuk membebaskan kejenuhan dan menghalau lelah dari kesibukan keseharian.


Jenis Seni Pertunjukan

Adapun jenis-jenis seni pertunjukan, diantaranya:

a. Seni akrobat
b. Komedi/Lawak
c. Tari
d. Pentas musik
e. Opera
f. Sulap
g. Teater
h. Film
i. Seni kebahasaan puisi,pidato
j. Wayang
k. dan lain-lain
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com