Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membahas Bahan Pengertian Prestasi Beserta Macam, Contoh, Perilaku Dan Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Lengkap

Membahas Materi Pengertian Prestasi Beserta Macam, Contoh, Sikap dan Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Lengkap - Secara etimologi, prestasi berasal berasal dari bahasa Belanda yakni prestatie yang berarti hasil usaha. Prestasi diperoleh berasal dari perjuangan yang telah dikerjakan. Prestasi bisa dicapai bersama mengandalkan kebolehan intelektual, emosional dan spiritual, serta ketahanan diri didalam menghadapai keadaan segala segi kehidupan.

Membahas Materi Pengertian Prestasi Beserta Macam Membahas Materi Pengertian Prestasi Beserta Macam, Contoh, Sikap dan Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Lengkap


Makara bisa disimpulkan, pengertian prestasi diri yaitu hasil atas perjuangan yang dijalankan seseorang.

Dalam mencapai keberhasilan, setiap orang akan menghadapi tantangan baik itu yang berasal berasal dari diri sendiri (seperti bakat, potensi, kecerdasan atau intelektual, minat, motivasi, kebiasaan, emosi, kebugaran dan pengalaman pribadi) dan yang berasal berasal dari lingkungan (seperti tantangan berasal dari keluarga, sekolah, masyarakat, kemudahan dan prasarana, fasilitas, gizi, dan area tinggal).

Pengertian Prestasi Menurut Para Ahli

Sumadi Suryabrata (2006:297)
Menurut Sumadi Suryabrata, Prestasi yaitu nilai merupakan perumusan terakhir yang bisa diberikan oleh guru ihwal kemajuan atau prestasi studi siswa sepanjang masa tertentu.

Zaenal Arifin (2012:3)
Menurut Zaenal Arifin, Prestasi yaitu hasil dari kemampuan, keterampilan dan perilaku seseorang didalam selesaikan suatu hal.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:895)
Menurut KBBI, Prestasi yaitu hasil yang udah dicapai (dari yang udah dilakukan, dijalankan dan terhitung sebagainya).

Surya (2004)
Menurut Surya didalam Galih Ariwaseso (2011:5), Prestasi yaitu hasil studi atau pergantian tingkah laris yang menyangkut ilmu pengetahuan, keterampilan, dan perilaku setelah sistem tertentu, sebagai hasil pengalaman individu didalam relasi bersama lingkungannya.

Nana Sudjana (2000)
Menurut Nana Sudjana didalam Muhammad Nurdin (2003:7), Prestasi yaitu suatu keberhasilan yang dicapai oleh seseorang siswa setelah mengikuti jadwal pengajaran didalam kuran pas khusus sesuai bersama obyek yang udah ditetapkan.

Sukardi (1992)
Menurut Sukardi, Prestasi yaitu hasil dari sistem studi mengajar yang merupakan tingkat penguasaan terhadap bahan pelajaran.

Simanjuntak (1990)
Menurut Simanjuntak, Prestasi yaitu kapasitas seseorang setelah mengikuti latihan tertentu, dan hasil dari latihan selanjutnya bisa diketahui bersama memberi pelengkap sebuah tes akhir.

Macam-Macam Prestasi

Terdapat beberapa style prestasi yang bisa dicapai oleh seseorang, diantaranya:

a. Prestasi Belajar
Prestasi studi yaitu hasil yang diperoleh atas perjuangan belajar. Contoh prestasi studi yang ada disekolah layaknya menjadi juara lazim setiap tahunnya.

b. Prestasi Kerja
Prestasi kerja yaitu hasil yang didapatkan dari perjuangan kerja yang dilakukan. Contoh prestasi kerja diantaranya naik jabatan atas kerja keras yang dijalankan sepanjang bekerja.

c. Prestasi Seni
Prestasi seni yaitu hasil yang diperoleh dari perjuangan seni. Contohnya prestasi yaitu seorang penyanyi atau seniman lainnya yang memperoleh penghargaan.

d. Prestasi Olahraga
Prestasi olahraga yaitu hasil yang diperoleh atas perjuangan dan kerja keras yang terkandung dibidang olahraga. Contoh prestasi olahraga, diantaranya layaknya seorang olahragawan memperoleh juara 1 didalam perlombaan.

e. Prestasi Lingkungan Hidup
Prestasi lingkungan hidup yaitu prestasi yang didapatkan lewat perjuangan evakuasi lingkungan hidup. Contohnya layaknya individu atau kelompok memperoleh penghargaan atas perjuangan yang dijalankan bersama jalankan evakuasi lingkungan hidup yang berbentuk penanaman pohon lagi atau reboisasi di hutan.


Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi

Prestasi yang dicapai oleh seorang individu merupakan hasil jalinan pada beraneka segi yang mempengaruhinya baik berasal dari dalam diri (faktor internal) maupun berasal dari luar diri (faktor eksternal) individu.

Faktor Internal
Faktor internal yaitu segi yang berasal berasal dari individu itu sendiri, ini meliputi:

a. Faktor Jasmaniah (fisiologis)
Faktor ini mencakup penglihatan, pendengaran, struktur badan dan sebagainya.

b. Faktor Psikologis
Faktor ini meliputi:

Intelektul (seperti taraf intelegensi, kemampuan belajardan langkah belajar).
Non Intelektual (seperti motifasi belajar, sikap, perasaan, minat, keadaan psikis dan keadaan akhir keadaan sosiokultur).
c. Faktor keadaan fisik

Faktor Eksternal

Faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri individu. faktor ini meliputi:

a. Faktor pengaturan studi disekolah; layaknya kurikulum, telaten sekolah, guru, sarana studi dan pengelompokan siswa.

b. Faktor sosial disekolah; layaknya proses sosial, standing sosial siswa, dan interaksi guru dan siswa.

c. Faktor situasional; layaknya situasi politi ekonomi, situasi pas dan daerah atau iklim.


Sikap di dalam Berprestasi

Sikap yang membantu seorang individu di dalam berprestasi, diantaranya yaitu:
  • Berorientasi terhadap masa depan dan cita-cita
  • Berorientasi terhadap keberhasilan
  • Berani menyita atau menghadapi risiko
  • Rasa tanggung jawab yang besar
  • Menerima dan manfaatkan kritik sebagai umpan balik
  • Memiliki perilaku kreatif dan inovatif, serta bisa memanajemen pas dengan baik.

Sumber https://www.sekolahpendidikan.com