Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membahas Bahan Pengertian Mind Mapping Beserta Manfaat, Jenis, Cara Membuat, Kelebihan Dan Kekurangan Mind Mapping Lengkap

Membahas Materi Pengertian Mind Mapping Beserta Manfaat, Jenis, Cara Membuat, Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping Lengkap - Mind Mapping atau Pemetaan Pikiran yaitu suatu metode untuk memaksimalkan potensi perkiraan insan bersama dengan menggunakan otak kanan dan otak kiri secara simultan. Metode ini pertama kali dikenalkan terhadap tahun 1974 oleh Tony Buzan yakni seorang pakar pengembangan potensi insan berasal dari Inggris.

Membahas Materi Pengertian Mind Mapping Beserta Manfaat Membahas Materi Pengertian Mind Mapping Beserta Manfaat, Jenis, Cara Membuat, Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping Lengkap


Mind Mapping sanggup pula diartikan sebagai sistem memetakan perkiraan untuk menghubungkan rancangan permasalahan khusus berasal dari cabang sel saraf membentuk kolerasi rancangan menuju suatu pemahaman dan karenanya dituangkan eksklusif di atas kertas bersama dengan animasi yang disukai dan enteng dimengerti oleh pembuatnya. Sehingga, goresan pena yang dihasilkan merupakan deskripsi eksklusif cara kerja koneksi di di dalam otak.


Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli

Tony Buzan (2008:4)
Menurut Tony Buzan, Mind Mapping yaitu cara berbagi kesibukan berpikir ke segala arah, menangkap beraneka anggapan di dalam beraneka sudut. Mind Mapping berbagi cara berpikir divergen dan kreatif . Mind Mapping terhitung disebut terhitung bersama peta rancangan merupakan alat berpikir organisasional yang amat hebat, ini terhitung merupakan cara termudah untuk memasang Info di dalam otak dan mengambil Info itu sementara dibutuh. Mind Mapping sanggup menunjang di dalam beraneka hal layaknya merencanakan, berkomunikasi, jadi lebih kreatif, selesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran, mengingat bersama baik, studi lebih cepat dan efisien serta melatih gambar keseluruhan.

Caroline Edward (2009:64)
Menurut Caroline Edward, Mind Mapping yaitu langkah paling efisien dan efisien untuk memasukan, menyimpan dan mengeluarkan data dari atau ke otak. Sistem ini bekerja sesuai langkah kerja alami otak kita, semoga sanggup mengoptimalkan semua potensi dan kapasitas otak manusia.

Melvin L. Silberman(2005:177)
Menurut Melvin L. Silberman, Mind Mapping yaitu h langkah kreatif bagi penerima didik secara individual untuk menghasilkan ide-ide, mencatat pelajaran atau berencana penelitian baru.

Bobby De Porter
Menurut Bobby De Porter, Mind Mapping (Peta Pikir) yaitu penggunaan keseluruhan otak bersama dengan mengfungsikan gambaran visual dan grafis lainnyauntuk membentuk kesan antara otak kiri dan otak kanan yang ikut terlibat semoga mempermudah memasukkan informasi ke dalam otak.

Bobby De Porter dan Mike Hernacki (2003:153)
Menurut Bobby De Porter dan Mike Hernacki, Mind Mapping yaitu suatu teknik mencatat yang sanggup memetakan perkiraan yang kreatif dan efisien dan juga menggabungkan dan berbagi potensi kerja otak baik belahan otak kanan atau belahan otak kiri yang terkandung dalam diri seseorang .

Manfaat Mind Mapping

Berdasarkan faktor waktu, Mind mapping sanggup mengefesiensikan penggunaan pas dalam mempelajari suatu informasi. Hal tersebut terjadi alasannya yaitu metode ini sanggup menyajikan deskripsi suatu tentang secara menyeluruh dalam weaktu yang singkat. Berikut ini, beberapa kegunaan metode pencatatan mengfungsikan mind mapping:

  • Tema utama terdefinisi bersama dengan terlampau memahami alasannya yaitu dinyatakan ditengah
  • Level keutamaan informasi teridentifikasi bersama dengan baik. Informasi yang mempunyai kadar keperluan lebih di tempatkan bersama dengan tema utama
  • Hubungan tiap-tiap informasi bersama dengan ringan sanggup dikenali
  • Informasi gres sanggup eksklusif digabungkan tanpa menjadikan kerusakan keseluruhan struktur mind mapping semoga sanggup mempermudah pengingatan
  • Masing-masing mind mapping terlampau unik semoga mempermudah sistem pengingatan
  • Mempercepat sistem pencatatan alasannya yaitu cuma mengfungsikan kata kunci


Cara Membuat Mind Mapping

Mind map merupakan alat berpikir kreatif yang mencerminkan langkah kerja otak secara alami. Mind map ini terlalu mungkin otak untuk menggunakan seluruh gambar dan asosiasi didalam pola radial dan jaringan sebagaimana otak dirancang.

Berikut beberapa hal yang mutlak didalam menjadikan peta pikiran:
  • Pastikan tema utama terdapat ditengah-tengah.
  • Dari tema utama, bakal nampak tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama.
  • Cari pertalian pada tiap-tiap tema dan tandai dengan garis, warna atau simbol
  • Gunakan karakter besar
  • Buat peta pikiran dikertas polos dan dihilangkan proses edit
  • Sisakan tuang untuk menambahkan tema


Jenis-Jenis Mind Mapping

Berikut lebih dari satu jenis mind mapping, diantaranya:

Mind Map Silabus
Mind Map Silabus atau mind map makro yaitu jenis mind mapping yang menunjang menunjukkan deskripsi mengenai apoa yang dipelajari dan biasanya mind mapping ini dibentuk bersama dengan ukuran besar dan ditempel di dinding. Berikut pola mind mapping silabus:

Mind Map Bab
Mind mapping ini dibikin menurut tiap-tiap pecahan yang sudah dipelajari, tetapi wajib diringkas poin perlu atau garus besarnya saja untuk gampang mengingatnya. Berikut perumpamaan mind map bab:

Mind Map Paragraf
Jenis mind map ini sanggup menunjukkan Info secara lengkap gara-gara tak hanya sanggup lihat ringkasan tiap-tiap bab, sanggup termasuk terperinci ringkasan penjelasan. Berikut pola mind map paragraf. Mind map ini sanggup dibikin di buku teks kecil. Berikut pola mind map paragraf:

Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping
Kelebihan Mind Mapping
Adapun berlebihan mind map, diantaranya:
  • Lebih ringan memandang uraian keseluruhan
  • Membantu otak untuk mengatur, mengingat, memperbandingkan dan menjadikan hubungan
  • Memudahkan menambahkan informasi baru
  • Pengkajian kembali sanggup dikerjakan lebih cepat
  • Setiap peta miliki sifat yang unik
Kekurangan Mind Mapping
Adapun kekurangan mind map yaitu:

  • Waktu terbuang untuk melacak kata kunci pengingat, gara-gara kata kunci pengingat terpisah oleh jarak
  • Waktu terbuang untuk menulis kalimat yang tidak terjalin bersama dengan ingatan
  • Waktu terbuang untuk membaca kembali kalimat yang tidak perlu

Sumber https://www.sekolahpendidikan.com