Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membahas Bahan Pengertian Ideologi Fasisme Beserta Tujuan, Ciri, Sifat, Unsur Dan Negara Yang Menganut Ideologi Fasisme Lengkap

Membahas Materi Pengertian Ideologi Fasisme Beserta Tujuan, Ciri, Sifat, Unsur dan Negara Yang Menganut Ideologi Fasisme Lengkap - Ideologi yaitu kumpulan wangsit atau gagasan, ideologi dalam sebuah negara sanggup diartikan sebagai tujuan, visi atau langkah dalam lihat sesuatu.

Salah satu ideologi yakni ideologi fasisme, pengertian fasisme yaitu gerakan radikal ideologi nasionalis otoriter politik, fasis berupaya untuk mengatur bangsa berdasarkan perspekstif korporatis, nilai dan sistem, termasuk sistem politik dan ekonomi.

Membahas Materi Pengertian Ideologi Fasisme Beserta Tujuan Membahas Materi Pengertian Ideologi Fasisme Beserta Tujuan, Ciri, Sifat, Unsur dan Negara Yang Menganut Ideologi Fasisme Lengkap

Secara bahasa, Fascismo berasal dari makna latin yakni fasses yang berarti serumpun batang yang diikatkan di kapak sebagai lambang dari otoritas hakim Romawi kuno. Secara umum, Fasisme yaitu ideologi yang memegang kesepakatan bahwa pemimpin mempunyai otoritas sewenang-wenang tanpa pengecualian. Artinya perintah pemimpin perlu dipatuhi tanpa pengecualian. Dalam sebuah negara yang menganut ideologi ini, pasukan militer merupakan pasukan yang mempunyai tugas amat penting, pemimpin mereka perlu membayangkan bahwa musuh sanggup singgah kapan saja, agar negara perlu selalu dalam kondisi siaga dan tanpa kelemahan.

Fasisme yaitu ideologi yang tidak mengandang individualitas manusia, tiap-tiap individu dan masyarakat hanya berfungsi sebagai alat untuk capai tujuan pemimpin atau negaranya.

Pelopor dan tokoh Ideologi Fasisme yakni Nazisme Hitler dengan bukunya Mein Kampft, dan Mussolini dengan Doktrine of Fascism.

Tujuan Ideologi Fasisme

Adapun tujuan fasisme secara umum yakni umtuk memicu individu dan masyarakat berpikir dan melaksanakan tindakan seragam. Para fasisme menggunakan kebolehan dan kekerasan dengan seluruh metode propaganda apalagi genosida untuk capai tujuannya.

Ciri-Ciri Ideologi Fasisme

Adapun gejala ideologi fasisme yaitu:
  • Pemerintahan berwujud otoriter dan totaliter
  • Sistem pemerintahan satu partai
  • Negara dijadikan alat permanen untuk capai tujuan negara
  • Mempercayai terdapatnya perbedaan antara orang yang memerintah dan yang diperintah, antara elite dan massa
  • Membenci kemerdekaan berbicara dan berkumpul
  • Tidak rasional
  • Tidak mengakui persamaan derajat manusia
  • Tidak mengakui oposisi
  • Pemerintah oleh group elite
  • Totalitarisme
  • Rasiolisme

Unsur-Unsur Fasisme

Terdapat 7 unsur pokok fasisme yaitu:
  1. Ketidakpercayaan pada kebolehan nalar
  2. Pengingkaran derajat kemanusiaan
  3. Kode tingkah laris yang didasarkan pada kekerasan dan kebohongan
  4. Pemerintahan oleh group elit
  5. Totaliterisme
  6. Rasialisme dan imperialisme
  7. Fasisme mempunyai unsur menentang aturan dan ketertiban internasional

Sifat Ideologi Fasisme

Adapun cii-ciri ideologi fasisme yaitu:

Rasisme
Rasisme yaitu mengerti yang menerapkan penggolongan atau pembedaan ciri fisik sekiranya warna kulit dalam masyarakat. Ini sanggup diartikan termasuk sebagai mengerti diskriminasi suku, agama, ras, golongan untuk tujuan tertentu.

Militerisme
Militerisme yaitu pemerintahan yang didasari jaminan keamanan pada kebolehan militer. Sehingga, mereka yang terlibat dalam dinas militer meraih perlakuan istimewa.

Ultra Nasionalis
Ultra Nasionalis yaitu perilaku membanggakan suatu negara yakni negaranya sendiri) secara berlebihan dan amat merendahkan negara yang lain. Akibatnya sanggup gampang sekali memancing pertengkaran/peperangan

Imperialisme
Imperialisme yaitu politik untuk menguasai seluruh dunia dengan paksaan untuk kepentingan diri sendiri yang dibuat sebagai imperium atau hak memerintah.


Kelebihan dan Kelemahan Ideologi Fasisme

Kelebihan Ideologi Fasisme
Adapun berlebihan negara yang berideologi fasisme:
  • Memiliki rasa kesatuan nasional
  • Dapat mengambil alih ketentuan pemerintahan yang cepat
  • Memiliki tingkat pengawasan dan disiplin yang tinggi
  • Pemerintahan dipegang oleh ahlinya
Kekurangan Ideologi Fasisme
Adapun kelemahan negara yang berideologi fasisme yaitu:
  • Berharapan dengan tekanan dan kekerasan yang menyebabkan rakyat gemetar ketakutan
  • Diktaktor fasis dan pemerintah yang memimpin menggunakan kebolehan yang brutal, pertumpahan darah, agresi
  • Kekerasan jadi hukum, mengirim gelombang teror ke seluruh rakyat melalui polisi diam-diam dan mempunyai fasis yang melumpuhkan rakyat dengan rasa takut.

Negara Yang Menganut Ideologi Fasisme

Adapun negara yang menganut ideologi fasisme, diantaranya seperti:
  1. Jerman
  2. Jepang
  3. Spanyol
  4. Italia

Sumber https://www.sekolahpendidikan.com