Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membahas Bahan Pengertian Ekuitas Merek Beserta Fungsi, Manfaat, Dimensi Dan Indikator Ekuitas Merek Lengkap

Membahas Materi Pengertian Ekuitas Merek Beserta Fungsi, Manfaat, Dimensi dan Indikator Ekuitas Merek Lengkap - Ekuitas Merek (brand equity) yakni seperangkat aset dan keterpercayaan brand yang berkenaan dengan brand tertentu, nama atau simbol, yang sanggup menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah product atau jasa, baik bagi pemasar/perusahaan maupun pelanggan.

Membahas Materi Pengertian Ekuitas Merek Beserta Fungsi Membahas Materi Pengertian Ekuitas Merek Beserta Fungsi, Manfaat, Dimensi dan Indikator Ekuitas Merek Lengkap


Lebih tepatnya, pengertian ekuitas brand atau brand equity yakni kebolehan dari suatu merek. Dengan brand yang besar lengan berkuasa maka sebuah perusahaan sanggup mengelola aset mereka dengan baik, menambah arus kas, meluaskan pangsa pasar, menentukan harga premium, menghalangi biaya promosi, peningkatan penjualan, merawat stabilitas dan menambah keunggulan kompetitif. Menurut persektif konsumen, ekuitas brand yakni sebuah balasan atau balasan dari costumer pada produk.


Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli

Supranto dan Limakrisna (2011:132)
Menurut Supranto dan Limakrisna, Ekuitas Merek yakni nilai yang ditentukan oleh costumer pada suatu brand di atas dan diluar karakteristik/atribut fungsional dari produk.

Kotler dan Keller (2009:263)
Menurut Kotler dan Keller, Ekuitas Merek yakni nilai malah yang diberikan pad aproduk dan jasa. Ekuitas brand sanggup tercermin di dalam cara costumer berpikir, jadi dan bertindak di dalam hubungannya dengan brand dan termasuk harga, pangsa pasar dan profitabilitas yang diberikan brand untuk perusahaan.

Susanto Dan Wijarnako (2004:127)
Menurut Susanto Dan Wijarnako, Ekuitas Merek yakni seperangkat aset dan liabilitas brand yang terjalin dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh suatu barang atau jasa kepada perusahaan atau pelanggan.

Tjiptono (2004:36)
Menurut Tjiptono, Ekuitas Merek yakni serangkaian aset dan kewajiban brand yang berkenaan dengan sebuah merek, nama, dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan sebuah product atau jasa kepada perusahaan dan atau pelanggan perusahaan tersebut.

Fungsi Dan kegunaan Ekuitas Merek

Menurut Simamora (2003:49), ada sebagian kegunaan dan kegunaan ekuitas brand yaitu:
  • Loyalitas terlalu mungkin terdapatnya pembelian/transaksi berulang atau terkecuali costumer tersebut yakni commited buyer, tidak cuma terhenti di pembelian ulang, tetapi costumer termasuk sanggup menyarankan atau memberi rekomendasi kepada orang lain.
  • Memungkinkan perusahaan menentukan harga yang lebih tinggi (premium), artinya laba yang lebih tinggi untuk perusahaan.
  • Memberi dapat dipercaya pada product lain yang menggunakan brand tersebut.
  • Memungkinkan return yang lebih tinggi
  • Sebagai pembeda relatif dengan pesaing yang mengetahui bernilai dan berkesinambungan
  • Sangat fokus internal yang jelas
  • Membuat terdapatnya toleransi costumer pada kekeliruan product atau perusahaan, lewat kesetiaan yang tinggi kepada brand tersebut
  • Menjadi segi yang menarik pegawai yang berkualitas, dan termasuk mempertahankan pegawai yang loyal
  • Menarik costumer untuk cuma manfaatkan segi brand di dalam mengambil ketentuan membeli.

Dimensi Ekuitas Merek

Adapun dimensi ekuitas brand yaitu:

a. Kesadaran Merek (Brand Awareness)
Adalah kebolehan costumer untuk mengenali atau ingat lagi pada suatu brand dan menghubungkannya dengan suatu kategori product tertentu.

b. Persepsi Kualitas (Percieved Quality)
Persepsi kualitas kepada brand menunjukkkan balasan seluruh costumer kepada kualitas dan keunggulan yang ditawarkan merek.

c. Asosiasi Merek (Brand Association)
Asosiasi brand berkenaan dengan segala sesuatu yang terjalin di dalam memori pelanggan kepada suatu merek.

d. Loyalitas Merek (Brand Loyalty)
Loyalitas brand yakni prinsip yang besar lengan berkuasa di dalam berlangganan atau lakukan pembelian lagi sebuah brand secara konsisten pada kala yang akan datang.


Indikator Ekuitas Merek

Menurut Aeker (1996), indikator atau elemen ekuitas brand diantaranya yaitu:
  • Kesadaran brand (brand awareness)
  • Asosiasi brand (brand association)
  • Persepsi kualitas (percieved quality)
  • Loyalitas brand (brand loyalty)
  • Aset lain yang berkenaan dengan brand (other brand-related assets), layaknya hak paten dan lain sebagainya.

Sumber https://www.sekolahpendidikan.com