Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Pengertian Topologi Linier Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya Terlengkap

Inilah Pengertian Topologi Linier Beserta Kelebihan dan Kekurangannya Terlengkap - Saat ini baik itu di kantor, sekolah, hingga daerah tinggal samasekali menggunakan topologi jaringan untuk menghubungkan perangkat komputer satu seolah-olah lainnya. Dengan terdapatnya topologi jaringan, pada komputer bersama dengan komputer lain yang ada di dalam sebuah jaringan sanggup saling berkomunikasi. Topologi jaringan sendiri bahwasanya ialah konsep yang dibikin di dalam sebuah jaringan komputer ataupun langkah yang dipakai untuk menghubungkan pada satu komputer bersama dengan komputer lainnya sehingga nantinya membentuk sebuah jaringan komputer. Menentukan sebuah topologi jaringan tentunhya terlampau perlu sebelum ketika anda akan membangun jaringan komputer. Dengan terdapatnya topologi, anda sanggup mengetahui model jaringan yang akan dibangun.

Inilah Pengertian Topologi Linier Beserta Kelebihan dan Kekurangannya Terlengkap Inilah Pengertian Topologi Linier Beserta Kelebihan dan Kekurangannya Terlengkap

Topologi jaringan komputer di dalam telekomunikasi sanggup pula disimpulkan sebagai sebuah langkah yang sanggup menghubungkan pada perangkat telekomunikasi bersama dengan perangkat lainnya. Sehingga sanggup membentuk sebuah jaringan. Jaringan tersebutlah yang kemudian akan berafiliasi bersama dengan satu seolah-olah lainnya dan membentuk komunikasi data. Ada lebih dari satu model topologi jaringan yang pas ini sering banyak digunakan, menjadi berasal dari topologi bus, topologi star, topologi ring, topologi linear dan tetap banyak lainnya.

Masing masing berasal dari tipe topologi jaringan memiliki berlebihan dan kelemahannya masing masing. Kali ini akan dibahas lebih lanjut perihal topologi linear (linear topology) atau topologi runtut. Disebut topologi beruntut alasannya tata letaknya yang sesungguhnya berurutan dan terhitung tata letak yang cukup umum. Berikut ini klarifikasi lebih lanjut perihal topologi linear.

Pengertian Topologi Linear

Jenis topologi linear sesungguhnya merupakan ekspansi berasal dari tipe topologi bus, yang mana kabel utama di dalam jaringan kudu dihubungkan dengan tiap tiap titik-titik yang tersedia di pc dengan T-Connector. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jaringan linear merupakan topologi jaringan yang memiliki layout cukup umum. Satu kabel utama di dalam jaringan akan menghubungkan ke tiap tiap titik pc (koneksi) yang setelah itu akan dihubungkan dengan konektor T Connector dan di ujungnya kudu diakhiri dengan terminator. Konektor yang kebanyakan dipakai pada topologi linear ialah tipe BNC (British Naval Connector).

Sebenarnya BNC bukanlah sebuah nama konektor, hanya saja merupakan nama dari kabel yang dipakai di di dalam jaringan ini. Ada sebagian type konektor yang dipakai di di dalam topologi linear, antara lain adalah:

  • BNC Kabel Konektor, dipakai untuk sanggup menghubungkan kabel jaringan ke T konektor.
  • BNC Barrel Konektor, dipakai untuk sanggup menghubungkan 2 kabel BNC
  • BNC Barrel Konektor, dipakai untuk menghubungkan kabel jaringan menuju komputer.
  • BNC Terminator, dipakai untuk menandai simpulan atau ujung dari topologi jaringan
Untuk pemasangan dari topologi linear ini sesungguhnya amat enteng dan murah. Hanya saja hanya terdapat lebih kurang 5-7 buah komputer yang ada di di dalam jaringan tersebut.

Karakteristik Topologi Liniear

Topologi linear punyai sebagian karakteristik yang membedakannya bersama type topologi jaringan lainnya, yaitu:
  • Menggunakan konektor BNC dan kabel RJ 58
  • Jenis topologi jaringan ini ialah pengembangan dari type topologi bus 


Kelebihan Topologi Linear

Penggunaan model topologi linear punyai lebih dari satu kelebihan tersendiri, pada lain adalah:
  • Mudah di dalam melaksanakan setup dan memperluas jaringan komputer
  • Sangat hemat kabel, dibandingkan bersama dengan model topologi jaringan lainnya, panjang kabel yang dibutuhkan di dalam topologi linear lebih sedikit.
  • Biaya pembangunannya amat tidak mahal dan hemat, gara-gara kau cuma perlu sedikit kabel. Maksimal berasal dari komputer yang ada di di dalam jaringan tersebut kira-kira 5-7 buah saja.
  • Tata letaknya sederhana, biar kau tidak mesti amat rumit di dalam pemasangan
  • Tidak perlu kendali pusat (server), biar semua komputer di di dalam jaringan tersebut bisa bekerja tanpa ada pusat (server)
  • Mudah untuk dikembangkan
  • Prose penambahan dan pengurangan terminal tidak sanggup serupa sekali menganggu operasi yang tengah berjalan
  • Jaringan linear bus amat banyak dipakai di di dalam jaringan yang berskala kecil, biar sanggup amat baik untuk jaringan LAN. 

Kekurangan Topologi Linear

Tidak hanya berlebihan saja, terdapat sebagian kekurangan yang harus kau mencermati di dalam penggunaan topologi linear pada lain adalah:
  • Pendeteksian dan pengisolasian pada kesalahan yang terjadi di di dalam jaringan bakal amat kecil dilakukan.
  • Lalu lintas yang tersedia di di dalam kabel penghubung jaringan amat padat dan tinggi, biar bisa saja menjadikan lemot atau crash. Sehingga tidak bakal sesuai dipakai bagi kau yang miliki jaringan komputerdengan kemudian lintas yang memadai padat.
  • Proses security data-data yang ditransfer di di dalam jaringan tidak cukup begitu terjamin keamanannya.
  • Bila terjadi menambahkan jumlah pengguna, maka bakal berdampak pada penurunan kecepatan jaringan. Sehingga menjadikan proses transfer data bisa melambat.
  • Membutuhkan repeater jikalau dipakai untuk transfer jarak jauh.
  • Penggunaan terminator ialah suatu hal hal yang harus dan harus tepat, hal ini alasannya untuk menghilangkan tanda membutuhkan terminasi yang tepat
  • Adanya batasan pada panjang kabel utama dan juga jumlah node yang bisa mengakses di di dalam jaringan.
  • Sangat bergantung pada kabel sentral, biar disaat kabel utama di di dalam jaringan sedang bermasalah maka bakal menjadikan seluruh jaringan rusak.
  • Sulit untuk mendeteksi perkara sementara terjadi di dalam satu komputer saja.

Nah itu tadi klarifikasi rinci mengenai bersama dengan pengertian topologi linear (linear topology) beserta berlebihan dan kekurangan pada penggunaannya. Tentu saja di dalam penentuan jaringan komputer yang pas dan sesuai kebutuhan tersedia sebagian segi yang harus kau perhatikan, yakni perkara security (keamanan) dan model topologi yang bakal kau gunakan. Pemilihan topologi jaringan yang pas bakal membangun jaringan komputer yang baik dan bekerja sesuai kebutuhan.
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com