Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Try Out Un Smp Bahasa Indonesia Nomor 21-30

Berikut ini yaitu Soal Uji Coba Bahasa Indonesia Kabupaten Jember pada 3 April 2017. Disertai dengan kunci Jawaban dan Pembahasan Soalnya.


Nomor 21
Bacalah kedua teks cerpen berikut dengan cermat!

Teks 1
Ari, seorang dewasa berusia 17 tahun dari keluarga sederhana dalam kehgigihannya untuk mewujudkan cita-citanya degnan harapan beliau bisa membuat kedua orang tuanya gembira dengannnya.
Ari lulus sekolan lanjutan tingkat final (SLTA) di usianya yang ke 16 tahun. Keinginan untuk melanjutkan pendidikan di perguran tinggi harus tertunda karena beliau tidak mempunyai uang ntuk biaya strudi di perguran tinggi.Demi mewujudkan harapannya untuk melanjtkan pendidikannya Ari mau malang melintang memperjuangkan keinginannya tersebut.


Teks 2
Cuaca petang itu sungguh tenang sekali. Kedengaran bunyi beburung berkicauan. Sekali sekala terasa angin sepoi-sepoi bahasa menyapa kulit wajahku. Pohon-pohon kelihatan meliuk-liuk ditiup angin menghasilkan gemersik bunyi dedaunan bergeseran sesama sendiri seperti gembiri degnan kehadiaran sang angin itu. Hatiku yang berkecamk sebentar tadi kembali tenang. Angin petang itu laksana launan merdu yang membelai-belai jiwaku. Kekusutan pun segera hilang dari mindaku.
Kulihat dada langit. Kelihatan sinaran merah memberikan sang mentari mulai terbenam. Tahulah saya yang hari sudah lewat petang. Sebentar lagi azan magrib akan berkumandang dari surau berhampiran.

Perbedaan pola pengembangan kedua teks cerpen tersebut adalah....
a. Teks 1: dimulai dengan penggambaran nasib tokoh; Teks: 2: dimulai dengan bahasa yang sulit dipahami.
b. Teks 1: dimulai dengan penggambaran tokoh; Teks 2: dimulai dengan penggambaran latar cerita.
c. Teks 1: Dimulai dengan uraian agresi tokoh cerita; Teks 3: dimulai dengan uraian lokasi asal cerita.
d. Teks 1: Dimulai dengan garis besar acara tokoh; Teks 2: dimulai dengan konflik batin.

Jawaban: B

Pembahasan:
Teks dongeng 1 diawali dengan penggambaran tokoh Ari. Digambarakan sebagai tokoh yang masih muda berusia 17 Tahun. Sementara teks dongeng 2 dimulai dengan penggambaran latar cerita. Latar  susana dan latar waktu, yaitu petang.
Soal Try Out UN Bahasa Indonesia dan Pembahasannya

Soal Nomor 22
Bacalah kutipan dua teks berikut dengan cermat!

Teks 1
Si Kancil dan kura-kura sudah usang bersahabat. Pada suatu hari mereka pergi menangkap ikan di suatu danau. Berjumpalah si kancil dan kura-kura dengan seekor kijang. Kijang ingin ikut serta. Lalu si kancil, kura-kura, dan kijang pergi bertiga.
Sampailah mereka di sebuah bukit, si kanci, kura-kura, dan kijang bertemu dengan seekor rusa. Rusa juga ingin ikut. Segeralah rombongan rusa bergabung dalam rombongan.

Teks 2
Di hutan hiduplah dua ekor kancil. Mereka berjulukan Kanca dan Manggut. Kedua ekor kancil itu bersaudara. Manggut yaitu kaka dari Kanca. Sebaliknya, Kanca yaitu adik dari Manggut. Walaupun mereka bersaudara, tetapi sifat mereka sangatlah berbeda. Kanca rajin dan baik hati. Sedangkan Manggut pemalas dan suka menjahili teman-temannya.
Pada suatu hari Manggut kelaparan, tetapi Manggut malas mencari makan. Akhirnya Manggut mencuri makanan Kanca.

Perbedaan pola pengembangan kedua teks fabel tersebut adalah....
a. Teks 1: dimulai dengan uraian latar cerita; Teks 2: Dimulai dengan uraian sifat tokoh-tokohnya.
b. Teks 1: dimulai dengankonflik antartokoh; Teks 2: Dimulai dengan penampilan duduk perkara dalam cerita
c. Teks 1: dimulai dengan uraian sifat tokoh-tokohnya; Teks 2: Dimulai dengan uraian lokasi asal cerita.
d. Teks 1: dimulai dengan penampilan tokoh-tokohnya; Teks 2: dimulai dengan uraian sifat masing-masing tokoh.

Jawaban: D

Pembahasan
Teks fabel pertama diawali dengan klarifikasi si kancil dan kura-kura yang bersahabat. Berarti ini merupakan sifat tokoh yang baik karena besahabat. Teks fabel kedua diawali dengan kalimat:  Di hutan hiduplah dua ekor kancil. Maka terang ini merupakan uraian tetang lokasi atau tempat. Yaitu di Hutan.

Soal Nomor 23
Bacalah kedua teks berikut dengan cermat!

Teks 1
Di pagi yang permai itu, perlahan-lahan saya mengorak langkah ke sekolah yang terletak agak jauh dari rumahku. Langkah ku atur dengan berhati-hati di jalan bertanah merah yang penuh dengan batu0batu kerikil tajam itu. Bimbang  kalau tersilap langkah, kaki tersandung dek kerikil itu. “Mahu cium tanah saya nanti,” getusku di dalam hati. Seawal pukul 6 pagi saya sudah mula mengorak langkah ke sekolah. Begitulah rutinku stiap hari melainkan pada hari cuti. Tetapi kalau ada tausyen, terpaka jugalah saya merentasi jalan itu. Bukannya saya tidak mahu membeli basikal.

Teks 2
Hujan punya dongeng ihwal kita.
“Dit, kau tau Ara mau pindah?” pertanyaan Regi impulsif membuatkau kaget.
“Nggak lucu tau bercandamu...,” kataku.
“Serius Dit, beliau mau pindah ke Palembang. Aku aja gres tahu dari Rena tadi. Katanya lusa beliau berangkat,” Regi mencoba meyakinkanku.
“Kok beliau nggak dongeng sama saya yah?” Tanyaku jpada diri sendiri.
“Thanks ya Gi infornya, saya mau ke rumah Ara dulu.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah....

a. Teks 1: memakai bahasa yang romantis yang indah; Teks 2: memakai bahas gaul gampang dipahami.
b. Teks 1: banyak memakai bahasa melayu; Teks 2: memakai bahasa sehari-hari yang gampang dipahami.
c. Teks 1: bahasa yang dipakai sulit dipahami; Teks 2: bahasa dewasa membuat kita lebih terhibur.
d. Teks 1: memakai bahasa Indonesia lama; Teks 2: bahasa adonan lebih menghibur.

Jawaban: D

Pembahasan
Dalam teks dongeng di atas, bahasa yang dipakai berbeda antara teks 1 dan teks 2. Dalam teks dongeng 1, bahasa yang dipakai yaitu bahasa Indonesia lama. Bahasa Indonesia usang identik dengan bahasa Melayu. Jadi, ada beberapa kata yang ibarat dengan Bahasa Melayu antara lain: mahu; mula. Teks dongeng 2 memakai bahasa campuran. Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan bahasa pergaulan sehari-hari. Makara dalam teks dongeng tersebut ditemukan kata: tau, aja; nggak merupakan kata pergaulan sehari-hari. Juga ada kata thanks dalam kalimat “Thanks ya Gi....” merupakan bahasa Inggris.

Soal Nomor 24
Baccalah teks berikut dengan cermat!
(1) Ia Cuma berdiir terpaku di depan tukang loak itu. (2) Dilihatnya di keranjang tukang loak itu sepasang sandal jepit kecil yang sudah bekas pula. (3) Nampaknya hanya ini yang bisa dibelinya.
(4) Lalu dengan keberanian yang luar biasa, ditanyakannya berapa harga sandal jepit bekas itu.
“Dua ratus rupiah,” jawab tukang loak dengan hirau tak acuh.

Kalimat yang membuktikan latar dongeng tersebut ditandai dengan nomor....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

Jawaban: A

Pembahasan:
Latar dongeng yang terdapat dalam teks dongeng di atas yaitu latar tempat. Latar kawasan terdapat pada kalimat (1) ditunjukkan dengan kata di depan. Lengkapnya: Ia Cuma bangun tepaku di depan tukang loak itu. Jadi, kawasan peristiwanya adslah di depan tukang loak.

Soal Nomor 25
Bacalah teks berikut dengan cermat!
(1) Usaha Fatimah untuk menasiehati Alya putus sudah. (2) Harapan satu-satuna yang diperlukan oleh teman-temannya tak sanggup dipenuhi. (3) Fatimah sudah kehilangan logika untuk mengembalikan Alya berkumpul dengan teman-temannya gagal togal. (4) Alya tetap beriskukuh kepada pendirian bahawa teman-temannya harus meminta maaf kepadanya kalau mereka menginginkan ia kembali lagi ibarat semua.

Kalimat yang mengambarkan bahwa susila Alya keras kepala ditandai dengan nomor....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

Jawaban: D

Pembahasan
Watak keras kepala yaitu susila yang tidak mau menyerah dan maunya menang sendiri. Segala yang diinginkan harus dipenuhi tanpa memikirkan risiko dan pendapat orang lain. Alya berwatak ibarat itu ditanda dengan adanya pernyataan: Alya bersikukuh kepada pendirian .....

Bersikukuh pada pendirian merupakan istilah lain keras kepala, tidak mau mendengar ucapan orang lain.

Soal Nomor 26
Bacalah teks berikut dengan cermat!
Ibu.. ibu... ibu...! Mengapa ayah menyampaikan saya anak ikan! Benarkah itu ibu?
Ibu samosir sungguh terkejut. Tubuhnya lunglai. Menggigil gemetar, menahan sedih yang amat sangat.
Anakku Samosir, pergilah ke atas bukit di sana, nak. Namun, ingatlah senantiasa saya ini ibumu, kata ibu samosir mengingatkan anaknya. Ooo.. Sang Pemilik Hidup, suami hamba telah melanggar sumpahnya. Sekarang saya pun akan kembali ke alamku!
Tiba-tiba langit mendung, kemudian hujan turun sangat deras, petir menyambar-nyambar, guruh menggelegar. Si perempuan lenyap, kembali ke alamnya. Dari bekas telapak kakinya memancar mata air besar, menggenaangi darata luas sampai menjadi danau luas dan indah yang dikenal dengan danau Toba.

Komentar yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah....
a. pelanggaran sumpah Ayah samosir berakibat petaka.
b. Ibu samosir senantiasa melindungi anak yang ia sayangi.
c. Samosir tak seharusnya melanggar sumpah kepada ibunya.
d. Pesan Ibu samosir kepada Samosir harus ditepati.

Jawaban: A
Pembahasan
Samosir mengetahui bahwa dirinya anak ikan dari ayahnya. Sesuai dengan percakapan sang ibu, “Ooo suami hamba telah telah melanggar sumpahnya.”. Makara yang melanggar yaitu ayah samosir. Akhirnya, pelanggaran ayah samosir menimbulkan musibah berupa banjir besar yang menjadi asal-usul danau Toba.

Soal Nomor 27
Cermatilah kalimat rumpang berikut dengan cermat!
Upaya mendekatkan lokasi kawasan tinggal dengan lokasi acara merupakan salah satu .... yang sanggup dilakukan dalam mengatasi kemacetan.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu ....
a. solusi
b. alternatif
c. pemikiran
d. perkiraan

Jawaban: A

Pembahasan:
Solusi yaitu kata yang paling tepat karena yang sedang dibicarakan yaitu cara mengatasi kemacetan. Cara mengatasi berarti solusi.

Soal Nomor 28
Perhatikan gambaran berikut dengan cermat!
Mengamati pohon jeruk nipis
1. Tinggi pohon 3,5 meter
2. Batangnya bundar berduri
3. Bentuk daun elips, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit
4. Panjang daun 2,5 – 9 cm, lebar 2 – 5 cm
5. Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5 – 9 cm dan lebar 2-5 cm

Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut yang tepat yaitu ....

a. Buah jeruk nipis sanggup dipakai untuk merawat kesehatan. Salah satunya untuk rambut kita. Selain itu, sekligus juga untuk mengatasi beberapa duduk perkara ibarat kulit kepala berminyak, rambut berketombe, rambut rontok, dan rambut yang susah diatur. Caranya cukup sederhana, yaitu meembasuh rambut dengan air hangat yang telah dicampur dengan perasaan jeruk nipis.
b. Buah jeruk nipis itu rendah kalori. Ia menjadi materi yang tepat bagi mereka yang belebihan ukuran badan. Sebagai gambaran, kalau rutin mengonsumsi air hangat yang telah dicampur dengan perasan air jeruk nipis, lemak di tubuh akan terkikis. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk minum air hangan dengan adonan jeruk nipis.
c. Pohon jeruk nipsi ternyata mempunyai banyak manfaat. Selain untuk obat-obatan, jeruk nipis juga sanggup digunaan sebagai materi adonan untuk sambal dan kuah soto. Caranya pilih jeruk nipis yang masih segar kemudian belah menjadi dua dan peras di atas sambal dan kuah soto. Selamat menikmati sambal segar dengan perasan jeruk nipis.
d. Pohon jeruk nipis sanggup mencapai tinggi 3,5 m. Batang berkayu berbentuk bundar berduri berwarna putih kehijauan. dAn majemuk, berbentuk elips atau bundar telur, pangkal membualat, ujung tumpul, tepi berringgit. Panjang daun 2,5-9cm, lebar 2-5 cm. Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5-5 mm, bersayap, dan berwarna hijau.

Jawaban D

Pembahasan
Teks tersebut yang sesuai dengan data di atas.

Soal Nomor 29
Cermatilah Teks berikut dengan seksama!
Di dataran rendah yang kering, flora mangga sanggup mendapatkan sinar matahai selama 12 jam penuh sepanjang tahun. (.....) Semakin intensif sinar matahari, semakin elok buah yang dihasilkan. Dengan sinar matahari penuh selama 12 jam, flora mangga sanggup leluasa membentuk karbohidrat dan gula.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah....

a. Sinar matahai berperan dalam penyerbukan bunga.
b. Sinar matahari mempunyai kegunaan bagi penyuburan tanaman.
c. Sinar matahari membantu dalam penyebaran buah.
d. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah.

Jawaban: D

Pembahasan
Yang dibahas dalam teks di atas adslah ihwal sinar matahari dan pmbentukan buah. Dalam misalnya yaitu buah mangga. Maka kalimat yang paling sesuai dengan keseluruhan paragraf yaitu kalimat D.

Soal Nomor 30
Bacalah teks berikut dengan seksama!
Puisi-puisi di dalam buku ini banyak bercerita ihwal tema pendidikan. Penulis terinspirasi dikala menatap wajah para siswa yang lugu, polos, tak berdosa. Selain itu, penulis banyak mengungkapkan sesuatu yang sesuai dengan tanda-tanda alam yang senantiasi melingkupi kehidupannya.
[...]
Puisi-puisi di buku ini diperuntukkan bagi pembaca khususnya siswa Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Hal ini mengingat kebutuhan akan buku-bukukumpulan puisi yang layak dijadikan sebagai bukupelengkap materi bimbing sangat tinggi.
Banyak bukupuisi yang terbit, tetapi tidak sebanyak buku-buku yang layak dibaca untuk siswa Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Terbitnya buku puisi karya Darmawati ini, diperlukan sanggup memenuhi keubuthan materi bacaan sastra di sekolah. Puisi-puisi di dalam buku ini sederhana tetapi mempunyai kedalaman makna.
Teks yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah....

a. Puisi ‘Ragaku’ merupakan salah satu puisi karya Tri Oktiana. Puisi ini cukupunik. Pemilihan diksi yang sederhan tidak membuat makna yang timbul terasa hambar, datar, atau kurang menarik. Namun justru sebaliknya. Puisi ini ibarat sebuah sumur di tengah padang pasir.

b. Buku puisi ini sangat membantu bagi guru-guru untuk mengajarkan materi pembelajaran puisi. Hanya sangat disayangkan, buku puisi ini tidak dilengkapi dengan gambaran gamar. Meskipun demikian, puisi-puisinya gampang dipahami dan dikemas dalam bentuk untaian larik yang sederhana.

c. Penulis novel ini dengan cerdas mengambil sesuatu yang beda demi memberikan pesan ihwal keagungan Tuah. Manusia memang tidak ada apa-apanya. Manusia tidak akan menajdi ‘kuat’, kaya, pintar, hebat, dan lain sebaginya, apabila Tuhan tak berkehendak padanya untuk menjadi demikian.

d. Namun sebagian dari insan berbuat banyak kerusakan, sementara hati tak sadar ihwal siapa diri mereka dan siapa yang membuat mereka. Mereka berpikir seolah bebas berbuat apa-apa. Padahal dalam ketidakpastian macam itu, kekuasaan Tuhan tak sanggup diragukan lagi.

Jawaban: B

Pembahasan

Yang sedang dibahas yaitu buku kumpulan puisi. Makara Jawaban C salah karena membahas ihwal Novel. Sementara balasan D salah karena membahas ihwal sifat mausia dan hubungannya dengan tuhan. Jawaban A salah karena ‘hanya’ membahas sebuah puisi. Maka yang paling tepat yaitu balasan B.