Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Hibernasi Serta Fungsi Dan Prosesnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Hibernasi...? Berikut ini yaitu klarifikasi wacana seputar Pengertian Hibernasi, fungsi Hibernasi pada Hewan, Proses Hibernasi Pada Hewan Dan Hewan-Hewan Yang Berhibernasi.

Definisi Hibernasi

Pengertian Hibernasi berdasarkan wikipedia yaitu kondisi ketakaktifan dan penurunan metabolisme pada binatang yang ditandai dengan suhu badan yang lebih rendah, pernapasan yang lebih perlahan, serta kecepatan metabolisme yang lebih rendah. Hewan yang melaksanakan hibernasi berusaha menghemat energi, terutama selama animo cuek sewaktu terjadi kelangkaan makanan, mengkremasi cadangan energi, lemak tubuh, dengan perlahan.

Sedangkan Menurut KBBI hibernasi keadaan istirahat atau tidur pada binatang selama animo dingin.

Fungsi Hibernasi Pada Hewan

Fungsi hibernasi yaitu untuk menghemat energi selama periode ketika tidak tersedia kuliner yang cukup. Untuk mencapai penghematan energi ini, proses endoterma akan menurunkan tingkat metabolisme terlebih dahulu, yang lalu menghasilkan penurunan suhu tubuh. Hibernasi sanggup berlangsung beberapa hari, minggu, atau bulan tergantung pada spesies, suhu lingkungan, waktu tahun, dan kondisi badan individu.

Proses Hibernasi Pada Hewan

Sebelum memasuki masa hibernasi, hewan-hewan tersebut biasanya melaksanakan proses mengkonsumsi kuliner sebanyak-banyaknya, menyerupai yang terjadi pada beruang. Hewan-hewan melaksanakan fase hibernasi untuk menyimpan cadangan lemak bagi badan mereka untuk menyesuaikan diri menghadapi animo dingin, atau musim-musim dengan suhu iklim yang menurun dari biasanya. Bahkan sesudah bangkit dari hibernasi, hewan-hewan ini membutuhkan beberapa ketika untuk melanjutkan acara normal mereka. Sebagian pendapat menyebut hibernasi sebagai tidur yang menyerupai dengan kematian. Selama hibernasi, denyut jantung akan melambat dan beberapa organ non vital menjadi tidak aktif sepenuhnya. Ini yaitu kondisi dimana badan memakai energi minimal.

Hewan yang Berhibernasi

Terdapat sebagian binatang yang tidak melaksanakan hibernasi alasannya sanggup mengatasi animo cuek dengan prosedur lain.Hibernasi umumnya ditemukan pada binatang berdarah panas. Hewan berdarah cuek mungkin akan tidur ketika cuaca panas dan kering dan disebut sebagai estivation. Berikut yaitu daftar hewan-hewan yang berhibernasi di animo dingin:
  1. Beruang
  2. Landak
  3. Badger
  4. Hamster
  5. Beberapa jenis tikus
  6. Tupai
  7. Lemur
  8. Groundhog
  9. Kumbang kecil (Ladybird)