Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ekuinoks Dan Jenisnya

Pengertian Ekuinoks Dan Jenisnya. Ekuinoks atau dalam bahasa inggrisnya equinox terjadi dua kali dalam setahun. ketika sumbu Bumi tidak terinklinasi terhadap Matahari, dan sentra Matahari berada di bidang yang sama dengan khatulistiwa Bumi. Istilah ekuinoks sanggup pula dipakai untuk arti yang lebih luas, yaitu tanggal ketika bencana semacam ini terjadi. Berikut ialah klarifikasi seputar pengertian Ekuinoks serta jenisnya.

 Ekuinoks atau dalam bahasa inggrisnya equinox terjadi dua kali dalam setahun Pengertian Ekuinoks Dan Jenisnya

Definisi Ekuinoks

Nama "ekuinoks" berasal dari bahasa Latin aequus (yang berarti sama) dan nox (yang bermakna malam), alasannya ialah selama ekuinoks, panjang siang dan malam sama.

Sekitar bulan Desember, ketika cuilan bumi selatan mendapatkan paling banyak sinar matahari, kawasan tersebut mengalami ekspresi dominan panas. Puncaknya ialah pada sekitar tanggal 21 Desember, ketika matahari berada pada posisi paling tinggi di langit cuilan bumi selatan. Sebaliknya, pada sekitar tanggal 21 Juni, matahari berada pada posisi paling tinggi di cuilan bumi utara yang merupakan puncak ekspresi dominan panas di kawasan tersebut. Tanggal-tanggal tersebut dikenal dengan nama solstice (titik balik matahari).

Di ketika posisi semu matahari berpindah dari cuilan bumi utara ke selatan atau sebaliknya pada sekitar tanggal 20 Maret dan 21 September matahari berada pada posisi paling tinggi di khatulistiwa. Pada tanggal tersebut, matahari seperti bergerak melintasi langit khatulistiwa untuk berpindah cuilan bumi. Ada saatnya poros Bumi tidak condong maupun menjauhi matahari. Pada ketika itu bidang ekuator Bumi sama dengan bidang ekuator matahari. Hal ini menjadikan panjang siang dan malam yang sama di kedua cuilan Bumi. Peristiwa ini dikenal sebagai ekuinoks.

Jenis Ekuinoks

  1. Ekuinoks vernal menandai dimulainya ekspresi dominan semi di cuilan Bumi utara dan ekspresi dominan gugur di cuilan Bumi selatan.  Ekuinoks vernal terjadi sekitar tanggal 20-21 Maret.
  2. Sebaliknya, ekuinoks ekspresi dominan gugur menandai dimulainya ekspresi dominan gugur di cuilan Bumi utara dan ekspresi dominan semi di cuilan Bumi selatan. ekuinoks ekspresi dominan gugur sekitar tanggal 22-23 September