Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makna Sumpah Cowok Bagi Para Pejuang Kemerdekaan Sampai Pelajar Sekarang

Sumpah Pemuda ialah Tonggak Sejarah, Mengandung Makna yang dalam Bagi Perjuangan Kemerdekaan dan Makna Inspiratif untuk Para Pelajar Kini


Sebelum menjelasakan makna Sumpah Pemuda, mari kita refleksi dulu. Coba jawab pertanyaan berikut ini: Pernah dengar ‘Sumpah Pemuda’? Masih hafal ‘Sumpah Pemuda’ dengan tepat dan akurat?


Sebelum mendalami makna sumpah pemuda, ada baiknya kita ingat dan baca kembali teks sumpah pemuda. Teks sumpah cowok dalam goresan pena ini sudah diubahsuaikan ejaannya ke dalam Bahasa Indonesia yang disempurnakan.

Kami putra dan putri Indonesia
Mengaku bertumpah darah yang satu
Tanah air Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia
Mengaku berbangsa yang satu
Bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia
Menjunjung bahasa persatuan
Bahasa Indonesia

Setelah membaca teks Sumpah Pemuda yang benar, maka sanggup kita maknai. Karena selama ini, banyak di antara kita yang salah dalam memahami Sumpah Pemuda alasannya ialah kesalahan naskah dan diksi (pilihan kata) yang digunakan. Khususnya yang terkahir, bisanya ‘mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia’. Kalau memang begitu maknanya sanggup berubah sangat jauh.

Untuk tahap pertama, mari kita maknai Sumpah Pemuda secara tekstual, yaitu memahami makna Sumpah Pemuda menurut pilihan kata dalam teks tersebut.

Makna Sumpa Pemuda Bait Pertama:

Dalam bait pertama dijelaskan bahwa, para cowok waktu itu mengikrarkan bahwa mereka mengakui bahwa Indonesia ialah sebagai satu-satunya tanah air. Tidak ada tanah air (negara) lain yang patut dibel.

Makna Sumpah Pemuda Bait Kedua:

Para cowok waktu itu mengikrarkan bahwa, Indonesia yang terdiri dari banyak sekali macam suku dan bangsa, mulai dari etnis Cina, Arab, India, Jawa, Kalimantan, Makasar, dan semua suku bangsa yang ada di Nusantara melebur menjadi satu sebagai sebuah bangsa yaitu Bangsa Indonesia. Bangsa yang dilekatkan oleh satu persamaan yaitu sesama insan terjajah yang tinggal di Nusantara, tidak memedulikan warna kulit dan agama apalagi sekadar golongan.

Makna Sumpah Pemuda Bait Ketiga:

Dalam bait ketiga Sumpah Pemuda, diikrarkan bahwa mereka para cowok kala itu mengikat diri pada satu persamaan, yaitu persamaan pemakaian satu bahasa yang sama di seluruh Nusantara. Meskipun mempunyai bahasa tempat masing-masing, melebur menjadi satu yaitu sebagai penutur bahasa Indonesia.

Dalam bait ketiga ini, dipakai kata menjunjung bukan mengaku berbahasa satu. Artinya menjunjung bahasa persatuan. Hal ini menawarkan bahwa Sumpah Pemuda mempunyai makna penghargaan setinggi-tingginya terhadap bahasa pemersatu, sekaligus mempunyai makna tetap mengakui eksistensi bahasa daerah. Jika memakai kaliamt mengaku berbahasa satu bisa dimaknai meninggalkan kearifan lokalnya.

Penggunaan kata Indonesia dalam Sumpah Pemuda pada 1928 ini juga mempunyai makna yang sangat penting. Kata Indonesia adalah kata yang tabu untuk dipakai di mata para penjajah. Penjajah menyebut Hindia Belanda maknanya Daerah Hindia kekuasaan Belanda. Jadi, penggunaan satu kata saja, yaitu Indonesia memiliki makna yang sangat penting kala itu.

Makna Sumpah Pemuda dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Sumpah Pemuda ialah tonggak bersejarah bagi Indonesia. Bagi usaha bangsa Indonesia yang menginginkan kemerdekaan. Jika dilihat dari rangakain insiden sejarah, Sumpah Pemuda menjadi momentum kedua yang menawarkan bahwa Indonesia ini ialah satu.

Peristiwa pertama yang bermakna sangat penting bagi kesatuan Indonesia ialah lahirnya Budi Utomo yang kemudian hari kelahiran organisasi lintas suku bangsa dan golongan ini dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Ikrar Sumpah Pemuda menjadi tonggak kedua, yang mempunyai makna penegasan bahwa kita semua dari sabang hingga merauke, bahkan dari bangsa yang leluhurnya juga pendatang juga merupakan bangsa Indonesia. Seperti yang telah banyak diketahui bahwa, para pejuang kemerdekaan Indonesia juga ada yang berasal dari keturunan Arab, keturunan China, bahkan keturunan Belanda.

Makara Sumpah Pemuda mempunyai makna menyatunya gerakan usaha Indonesia menjadi satu tujuan, yaitu merdekanya Indonesia. Jika usaha kemerdekaan sebelumnya sebatas pada usaha wilayah sendiri oleh para raja, maka sesudah Sumpah Pemuda, arah usaha kemerdekaan Indonesia memeiliki tujuan yang pasti.

Selain daripada itu, adanya Sumpah Pemuda juga memliki makna sebagai pemersatu para tokoh, apalagi yang muda-muda bahwa mereka ialah orang Indonesia yang berhak dan wajib memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Asvi Warman Adam, dalam salah satu bukunya, para penerima Kongres Pemuda yang kemudian melahirkan Sumpah Pemuda ternyata banyak yang tidak lancar berbahasa Indonesia, lebih lancar berbahasa Belanda alasannya ialah memang tidak pernah diajarkan di sekolah. Tetapi dengan penegasan bahwa menjunjung bahasa persatuan, maka semua pihak harus menghargai bahasa Indonesia sebagai pemersatu.

Pengikraran Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa Indonesia kemudaian diwujudkan dalam usaha kemerdekaan Indonesia melalui ranah diplomasi. Anggota dewan rakyat (DPR-nya Hindia Belanda) yang waktu itu terdiri dari perwakilan pemerintah Hindia Belanda dan perwakilan pribum. Para anggota dewan dari pribumi berpidato memakai Bahasa Indonesia, padahal ini dilarang. Tetapi mereka tetap memakai bahasa Indonesia. Ini wujud pemaknaan sumpah cowok dalam usaha kemerdekaan Indonesia.

Selanjutnya sesudah memahami makna Sumpah Pemuda secara pilihan kata dan dalam kaitannya dengan usaha kemerdekaan Indonesia, selanjutnya kita juga harus memahami makna sumpah cowok bagi para pelajar. Pelajar yang menjadi generasi penerus bangsa. Bangsa yang tonggak berdirinya dimulai dari Budi Utomo yang dirangkai dengan insiden sumpah pemuda.

Makna Sumpah Pemuda Bagi Para Pelajar

Pelajar ialah generasi penerus bangsa yang harus memahami sejarahnya semoga semakin cinta terhadap negaranya. Salah satu insiden yang sanggup dan harus dijadikan teladan bagi para cowok kini ini ialah insiden sumpah pemuda. Bukan hanya hafal teksnya saja, para cowok ketika ini harus juga memahami maknanya. Makna sumpah cowok yang sesuai dengan konteks kekinian.

Sumpah Pemuda sebagai Inspirasi Cinta Tanah Air

Para pelajar ketika ini sanggup memaknai sumpah cowok sebagai salah satu ide dalam mengasihi negeri ini. Dengan memaknai sumpah cowok secara mendalam, para pelajar bahwa Indonesia ini terdiri dari banyak suku dan bahasa tetapi sanggup dipersatukan dalam bendera Indonesia.

Sumpah Pemuda sebagai Inspirasi Rela Berkorban

Kerela-berkorbanan yang sanggup dicontoh dari para penerima kongres cowok yang menghasilkan ikrar sumpah cowok ialah keberaniannya dan kecerdikannya.

Dalam kongres cowok pada 1928, para cowok mempertaruhkan nyawa dan karirnya. Tapi demi Indonesia hal itu tetap mereka lakukan.

Kecerdasan yang terkandung dalam teks Sumpah Pemuda maupun proses yang mengiri penyusunannya juga patut dicontoh. Mereka, para cowok ketika itu sanggup menyiasati hukum yang ketat dari pemerintah Hindia Belanda yang melarang usaha merongrng pemerintahan.

Kecerdikannya juga tampak dengan penggunaan biola sebagai pelantun Indonesia. Pengunaan Biola ketika sumpah cowok untuk mengecoh pemerintah hindia Belanda. Dalam lirik lagu Indonesia Raya terdapat kata merdeka yang berulang-ulang. Sehingg, kalau itu dinyanyikan dengan syairnya maka dipastikan akan ditangkap oleh polisi Belanda yang sedang berjaga.


Demikain klarifikasi singkat wacana makna sumpah pemuda. Baik makna sumpah cowok bagi usaha kemerdekaan, maupun makna sumpah cowok bagi para cukup umur dan pelajar.