Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

23 Fakta Unik Harimau Yang Mengaggumkan

Fakta Unik Harimau Harimau (Panthera tigris) ialah kucing terbesar di dunia dengan badan yang bisa tumbuh sekitar 2,5 meter. Harimau ialah jenis kucing besar yang paling berpengaruh dari semua kucing besar dan merupakan binatang orisinil dari Asia timur dan Asia selatan. Selama 100 tahun terakhir, mereka telah kehilangan 93% dari tempat mereka. Bahkan ada beberapa subspecies harimau ibarat jenis harimau jawa dan harimau bali yang telah dinyatakan punah. Populasi global harimau di alam diperkirakan berjumlah antara 3.062 hingga 3.948 ekor saja. 

 ialah kucing terbesar di dunia dengan badan yang bisa tumbuh sekitar  23 Fakta Unik Harimau yang Mengaggumkan
23 Fakta Unik Harimau yang Mengaggumkan | Credit Photo WWF

  1. Nama Latin untuk harimau ialah 'Panthera tigris'.
  2. Mereka sanggup hidup hingga 26 tahun di penangkaran dan di alam liar.
  3. Harimau lebih menyukai habiatat ibarat hutan, padang rumput dan rawa bakau.
  4. Ada enam spesies harimau yang masih bertahan yaitu, harimau Bengal, Indocina, Malaya, Siberia, Cina Selatan dan Sumatera.
  5. Sedengakan tiga spesies harimau lainnya sudah mengalami kepunahan yaitu Harimau Bali, Caspian, dan Jawa.
  6. Harimau putih gotong royong ialah harimau Bengal yang mengalami gen resesif dan inbreeding.
  7. Selain harimau putih, ada juga harimau yang mempunyai warna putih emas. Diperkirakan masih sekitar 30 ekor dipenangkaran.
  8. Jika diukur dari kepala hingga ekor, panjang harimau remaja berkisar antara 3,3 meter.
  9. Harimau remaja mempunyai berat sekitar 310 kg.
  10. Setiap harimau mempunyai garis-garis yang unik dan berbeda setiap harimau. Garis-garis tersebut befungsi layaknya sidik jari pada manusia. Para peneliti biasa membedakan antara harimau satu dan lainnya memakai contoh garis-garis pada badan mereka.
  11. Harimau ialah binatang soliter. Artinya, mereka cendurung hidup sendiri.
  12. Mereka ialah jenis binatang yang suka terhadap air. Diketahui, harimau merupakan binatang yang mempunyai kemampuan berenang yang baik.
  13. Mangsa harimau beragam, tergantung habitat yang mereka tinggali. Mangsa mereka ialah kijang, babi hutan, kerbau, unta, ikan, dan kuda.
  14. Menariknya, harimau bisa bertahan selama dua ahad tanpa makan.
  15. Mereka sanggup menghabiskan sekitar 34 kilogram daging sekali makan.
  16. Metode yang dipakai harimau dalam memburu mangasanya ialah diawali dengan mengendap-endap, kemudian menyergapnya dengan cengkraman yang berpengaruh sebelum mengigitnya.
  17. Mereka bisa menciptakan lompatan horizontal hingga 10 meter.
  18. Harimau rata-rata bisa melahirkan anakan harimau antara 1 hingga 3 anak saja. Namun, tercatat ada harimau yang bisa melahirkan hingga 6 anak.
  19. Anak harimau yang gres dilahirkan mengalami kebutaan. Setelah empat belas hari, anak harimau gres membuka bisa melihat.
  20. Setelah empat belas hari, anaknya akan membuka mata mereka.
  21. Anakan harimau membutuhkan waktu sekitar dua atau dua setengah tahun untuk memisahkan diri dari induknya.
  22. Harimau ialah binatang yang sangat terancam. Mereka oleh insan untuk diambil bulu, daging, dan cakarnya.
  23. Harimau dijadikan sebagai binatang nasional oleh beberapa negara diantaranya Bangladesh, India, dan Malaysia. 

Semoga Fakta Unik Harimau di atas bisa memberi warta bagi sobat sekalian dan tentunya bisa bermanfaat. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat.

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu goresan pena unik ihwal apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah/guru favorit; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading . Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading . Terima kasih... ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa

Sumber http://www.zonasiswa.com