Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Universitas Tertua Di Dunia

10 Universitas Tertua di Dunia  Bagi sobat sekalian yang kini duduk di kelas 12, pastinya lagi pilah pilih universitas yang akan ditunju sehabis lulus sekolah nanti. Kata universitas pertama kali disebutkan dan diciptakan di Italia, tepatnya di universitas pertama yaitu Universitas Bolognia. Kata tersebut yaitu ‘Universitas Magistrorum et Scholarium’ yang artinya komunitas guru dan pelajar. Tau tidak kalian? Ternyata beberapa universitas di dunia ini memegang universitas tertua loh. Nah berikut yaitu daftar universitas tertua di dunia. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Bagi sobat sekalian yang kini duduk di kelas  10 Universitas Tertua di Dunia
Oxford Salah Satu dari Universitas Tertua di Dunia

10. University of Valladolid (Valladolid, Spanyol, Didirikan pada 1241)

Pada posisi 10 di antara universitas tertua di dunia, The University of Valladolid (UVa) yaitu sebuah universitas publik di Spanyol yang didirikan pada tahun 1241.  UVa didirikan oleh Alfonso VIII dari Kastilia, antara tahun 1208 dan 1212. The University of Valladolid yaitu sebuah universitas publik di kota Valladolid, provinsi Valladolid, di wilayah otonom Castile-Leon, Spanyol. Universitas ini ketika ini mempunyai 31.780 mahasiswa dan lebih dari 2.000 pengajar.

9. University of Siena (Siena, Italia, Didirikan pada 1240)

The University of Siena di Siena, Tuscany yaitu salah satu universitas tertua dan universitas yang dibiayai publik pertama di Italia. Universitas Siena didirikan pada 1240. Universitas tersebut mempunyai sekitar 20.000 siswa pada tahun 2006 yang jumlahnya hampir setengah dari total penduduk Siena sendiri yaitu sekitar 54.000 jiwa. Hari ini, University of Siena populer akan jurusan Hukum dan Kedokterannya. Pada awalnya, universitas tersebut dinamakan Studium Senese yang didirikan oleh Komune dari Siena di 1240. 

8. University of Toulouse (Toulouse, Prancis, Didirikan pada 1229)

Diurutan ke-8 ada Université de Toulouse dari Perancis yang didirikan pada tahun 1229. Université de Toulouse merupakan konsorsium universitas-universitas Prancis, grandes écoles dan forum pendidikan tinggi dan penelitian lainnya. Universitas ini disebut-sebut sebagai salah satu universitas yang paling awal didirikan di Eropa pada 1229. Pada awalnya, universitas ini hanya mengarkan teologi yang pada ketika itu diajar oleh Raymond VII. Uskup Foulques de Toulouse merupakan salah satu pendiri Universitas. Di antara dosen pertama mengajar di universitas tersebut adalah: Jean de Garlande, Roland dari Cremona. Fakultas lain menyerupai aturan dan kedokteran ditambahkan kemudian.

7. University of Naples Federico II (Naples, Italia, Didirikan pada 1224)

The University of Naples Federico II yaitu sebuah universitas yang terletak di Naples, Italia. Universitas ini didirikan pada tahun 1224 dengan 13 fakultas. Universitas ini dinyatakan sebagai universitas negeri tertua di dunia dan salah satu forum akademis tertua yang masih terus beroperasi. Universitas ini dinamakan atas pendirinya yaitu Frederick II. The University of Naples Federico II didirikan oleh kaisar dari Kekaisaran Romawi Suci, Frederick II, pada tanggal 5 Juni 1224. Salah satu siswa yang paling populer dari universitas ini yaitu teolog Kristen Roma dan filsuf yaitu Thomas Aquinas.

6. University of Padua (Padua, Italia, Didirikan pada 1222)

Universitas Padua atau sering disebut juga sebagai ‘Italia Università degli Studi di Padova’ (UNIPD) yaitu universitas Italia utama terletak di kota Padua, Italia. The University of Padua didirikan pada tahun 1222 sebagai sebuah sekolah aturan dan merupakan salah satu universitas paling terkemuka pada awal masa Eropa modern.  Pada tahun 2010 universitas ini mempunyai sekitar 65.000 mahasiswa. Universitas ini didirikan oleh para sarjana dan profesor sehabis meninggalkan Universitas Bologna untuk mencari kebebasan berakademik atau ‘Libertas Scholastica’. Mata kuliah yang pertama diajarkan pada universitas tersebut yaitu aturan dan teologi.

5. Universitas Salamanca (Salamanca, Spanyol, Didirikan pada 1218)

Di posisi ke-5, terdapat Universitas Salamanca dari Spanyol. Universitas ini terletak di kota Salamanca, bab barat Madrid, di kawasan otonom Castilla dan León. Universitas ini didirikan pada 1134 dan diberi Royal piagam dasar oleh Raja Alfonso IX di 1218. Universitas ini merupakan universitas tertua di Spanyol dan merupakan salah satu dari 3 universitas bau tanah yang masih beroprasi hingga sekarang. Universitas ini, uniknya, yaitu institusi pertama yang menerima gelar formal ‘University’ yang diberikan oleh Raja Alfonso X di 1254 dan diakui oleh Paus Alexander IV tahun 1255.

4. University of Cambridge (Cambridge, Inggris, Didirikan pada 1209)

Di urutan ke-4 terdapat Universitas Cambridge dari Inggris yang didirikan pada tahun 1209. Universitas ini didirikan oleh para sarjan yang meninggalkan Oxford dikarenakan sanksi dua mahasiswa di tahun 1209. Universitas Cambridge yaitu sebuah universitas riset publik yang terletak di Cambridge, Inggris Raya. Ini yaitu universitas tertua kedua di dunia berbahasa Inggris (setelah University of Oxford). Universitas Cambridge, alasannya yaitu mungkin didirikan oleh para sarjana dari Oxford, mempunyai banyak ciri umum yang hampir sama. Rivalitas antara Cambridge dan Oxford pun mempunyai sejarah panjang dalam dunia pendidikan hingga kini ini.

3. University of Oxford (Oxford, Inggris, Didirikan pada 1167)

Di urutan ke-3, terdapat Universitas Oxford dari Inggris yang didirikan pada tahun 1167. Bukti niscaya kapan sesungguhnya universitas ini didirikan masih simpang siur. Banyak orang menganggap bahwa universitas ini merupakan universitas di dunia dimana universitas ini sudah dibuat pada tahun 1096 dan berkembang pesat dari 1167 ketika Henry II melarang pelajar Inggris untuk mencar ilmu di Universitas Paris. Akan tetapi, terdapat pendapat lain yang menyatakan bawah sesungguhnya universitas ini didirikan pada tahun 825, namun dokumen-dokumen ini tidak pernah diterbitkan di publik.

2. University of Paris (Paris, Prancis, Didirikan pada 1150)

Di posisi runner-up, terdapat University of Paris dari Prancis yang didirikan pada tahun 1150. Universitas ini sering disebut sebagai Sorbonne atau La Sorbonne sehabis forum perguruan tinggi (College de Sorbonne) didirikan sekitar 1257 oleh Robert de Sorbon. Universitas ini sempat vakum satu kala antara tahun 1793-1896. Faktanya, universitas ini tidak sepenuhnya berpusat di Sorbonne. Dari 13 fakultas, hanya 4 fakultas saja yang memakai bangunan bersejarah Sorbonne.

1. University of Bologna (Bologna, Italia, Didirikan pada 1088)

Di urutan pertama, terdapat Universitas Bologna, Italia yang didirikan pada tahun 1088. Universitas ini disebut juga ‘Alma Mater Studiorum’ atau ‘Ibu dari banyak sekali pelajaran’ Tanggal pendiriannya masih tidak pasti, namun diyakini oleh sebagian besar peneliti bahwa Universitas Bologna telah berdiri semenjak tahun 1088. Universitas ini mendapatkan piagam dari Frederick I Barbarossa pada tahun 1158, namun pada kala ke-19, sebuah komite sejarawan yang dipimpin oleh Giosue Carducci menelusuri tahun berdirinya Universitas yang merujuk pada tahun 1088, yang membuatnya menjadi universitas tertua di dunia.

Demikian 10 Universitas Tertua di Dunia. Semoga warta di atas sanggup menambah wawasan kita semua. Share (bagikan) artikel ini ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih…

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu goresan pena unik wacana apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di sini. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di Mading . Terima kasih sudah berkunjung. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^.

Sumber http://www.zonasiswa.com