Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Pengertian Deposito Beserta Karakteristik, Jenis, Manfaat Dan Laba Deposito Terlengkap

Penjelasan Pengertian Deposito Beserta Karakteristik, Jenis, Manfaat dan Keuntungan Deposito Terlengkap - Deposito ialah product bank serupa dengan jasa tabungan yang ditawarkan kepada masyarakat. Deposito yaitu product penyimpanan duwit di bank dengan sistem penyetoran yang penarikannya hanya bisa dilaksanakan setelah melalui sementara tertentu. Dana didalam deposito dijamin oleh pemerintah melalui forum Penjamin Simpanan dengan kriteria tertentu.
Penjelasan Pengertian Deposito Beserta Karakteristik Penjelasan Pengertian Deposito Beserta Karakteristik, Jenis, Manfaat dan Keuntungan Deposito Terlengkap

Biasanya deposito punyai jangka sementara spesifik dimana duwit didalamnya dilarang ditarik nasabah. Deposito gres bisa dicairkan cocok dengan tanggal jatuh temponya, umumnya deposito punyai jatuh tempo 1, 3, 6 atau 12 bulan. Jika deposito dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo , maka sanggup kena pinalti cocok dengan kebijakan bank yang bersangkutan.

Deposito bisa diperpanjang secara otomatis pakai sistem Automatic Roll Over (ARO). Deposito sanggup diperpanjang secara otomatis setelah jatuh tempo sampai pemilik mencairkan deposito tersebut.

Pengertian Deposito Menurut Para Ahli

Lukman Dendawijaya
Menurut Lukman Dendawijaya, Deposito yaitu simpanan dari pihak ketiga kepada bank yang sistem penarikannya hanya bisa dilaksanakan didalam jangka sementara spesifik berdasarkan perjanjian antara pihak ketiga dengan bank yang bersangkutan.

Undang-Undang Perbankan No. 10 tahun 1998 pasal 1
Menurut Undang-Undang Perbankan No. 10 tahun 1998 pasal 1, Deposito yaitu simpanan yang penarikannya hanya bisa dilaksanakan pada sementara spesifik berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank.

Kasmir (2012)

Menurut Kasmir, Simpanan deposito yaitu simpanan model ketiga yang dikeluarkan oleh bank.

Habib Nazir dan Muhammad Hassanudin (2004)

Menurut Habib Nazir dan Muhammad Hassanudin, Deposito atau simpanan berjangka yaitu simpanan pihak ketiga pada bank yang hanya bisa dilaksanakan penarikan cocok dengan jangka sementara yang udah ditentukan berdasarkan perjanjuan oleh pihak ketiga dan pihak bank.

Karakteristik Deposito

Adapun karakteristik deposito yaitu:

Setoran Minimal

Setoran minimal deposito tidak menyerupai dengan mengakses tabungan yaitu dibuka dengan kuantitas yang kecil. Penempatan duwit untuk mengakses deposito membutuhkan kuantitas yang lebih banyak dibandingkan tabungan. Besaran pembukaan deposito pada tiap bank berbeda.

Jangka waktu

Penempatan deposito mengharuskan ada pengendapan dana dengan jangka sementara spesifik yang bisa dipilih oleh nasabah yaitu 1, 3, 6 atau 12 bulan.

Jika membutuhkan duwit dan menghendaki mencairkan dana deposito
Adanya jangka sementara pada penempatan deposito tadi mengakibatkan deposito tidak bisa dicairkan tunai tiap tiap sementara namun pada sementara jatuh tempo saja.

Jika terpaksa mesti mencairkan deposito

Jika suatu sementara nasabah mesti mencairkan deposito, umumnya bank sanggup mengenakan denda penalti pada tiap penarikan dana deposito yang belum pada jatuh temponya. Jumlah dendanya begitu banyak ragam atau terkait kebijakan tiap-tiap bank.

Bunga deposito

Bunga deposito yang diperoleh umumnya lebih besar daripada bunga tabungan, jadi secara otomatis dana yang dimiliki sanggup berkembang lebih cepat. Dana yang cepat berkembang ini yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk investasi dibandingkan dengan tabungan.

Risiko rendah
Tingkat suku bunga yang tinggi ternyata tidak mengakibatkan deposito sebagai simpanan yang beresiko tinggi namun deposito digolongkan product simpanan yang berisiko rendah. Alasannya dikarenakan deposito tetap sama-sama product simpanan bank.

Biaya manajemen dan pajak.
Biaya manajemen dan pajak bulanan tidak sanggup ditemukan pada deposito, dikarenakan pajak deposito dihitung dari hasil bunga deposito saja.

Jenis-Jenis Deposito

Deposito ada 3 macam jenis, yaitu Deposito Berjangka, Sertifikat Deposito dan Deposito On-Call[1].

Deposito Berjangka

Deposito berjangka yaitu model tabungan berjangka Yang penarikannya hanya bisa dilaksanakan pada sementara tertentu. Deposito berjangka diterbitkan bisa dengan atas nama perorangan maupun lembaga. Uang yang disimpan, hanya bisa diambil alih sementara jatuh tempo oleh pihak yang tertera pada bilyetnya. Deposito model ini merupakan model deposito yang umum dikenal masyarakat.

Sertifikat Deposito
Ini merupakan deposito yang diterbitkan atas unjuk didalam bentuk sertifikat. Sertifikat tersebut tidak mengacu pada nama seseorang atau forum tertentu, sehingga bisa dipindahtangankan dan sangat bisa saja untuk diperjualbelikan.

Deposito On Call

Deposito On Call yaitu tabungan berjangka dengan sementara penyimpanan yang relatif singkat, minimal 7 hari dan paling usang hanya tidak cukup dari 1 bulan. Deposito ini dikhususkan didalam kuantitas yang besar.

Manfaat dan Keuntungan Deposito

Adapun kegunaan dan laba dari deposito, diantaranya seperti:

  • Suku bunga deposito lebih tinggi dibandingkan product tabungan biasa.
  • Relatif kondusif dikarenakan dijamin LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)
  • Memiliki risiko rendah
  • Mudah diakses
  • Dapat dijadikan sebagai jaminan kredit
  • Syarat untuk memperoleh deposito relatif enteng

Demikianlah klarifikasi Penjelasan Pengertian Deposito Beserta Karakteristik, Jenis, Manfaat dan Keuntungan Deposito Terlengkap. Semoga sanggup bermanfaat.
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com