Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Cerpen Singkat Buatan Sendiri Perihal Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur Dan Tema)

Contoh Cerpen Singkat Buatan Sendiri Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema) -  Setelah pada mulanya kita membicarakan pengertian, ciri-ciri, struktur, unsur dan nilai cerpen maka kali ini kita sanggup menyimak sebuah misal cerpen yang bertemakan persahabatan. Jika dikaji lebih di dalam ulang perlu diingat bahwa cerpen ialah abreviasi berasal dari kisah pendek, dan merupakan salah satu style teks di dalam bhs indonesia disamping teks deskripsi, narasi dan lain sebagainya.

Contoh Cerpen Singkat Buatan Sendiri Tentang Persahabatan  Contoh Cerpen Singkat Buatan Sendiri Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)

Contoh cerpen singkat terdapat banyak sekali jenisnya, diantaranya ialah cerpen singkat berkenaan persahabatan, cerpen singkat berkenaan pendidikan, cerpen singkat romantis dan lain sebagainya. Berbagai style cerpen singkat selanjutnya sanggup dengan gampang kita temukan di dalam sarana baik sarana online maupun offline.

Cerpen berkenaan persahabatan kali ini diambil berasal dari rujukan sebuah buku semi novel yang memiliki judul hampir serupa yakni cerpen persahabatan yang admin baca ketika sedang tiba ke gramedia. Cerpen berkenaan persahabatan sendiri memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri berasal dari cerpen style lain dikarenakan di dalam cerpen persahabatan terdapat unsur intrinsik yang memiliki nilai-nilai yang mengajarkan kita untuk menjunjung arti sebuah persahabatan dan pertemanan. persahabatan yang erat dan menempel pada beberapa orang tentu saja sanggup dibukukan jadi sebuah misal cerpen singkat ini.

Jika kita amati beraneka misal cerpen singkat yang udah kita baca, maka kita sanggup menemukan baik unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik cerpen tersebut. Unsur intrinsik cerpen berkenaan persahabatan sendiri sanggup dibagi jadi beberapa cuilan yakni: tema, tokoh, latar, alur dan lain sebagainya yag sanggup kita bahas setelah membaca cerpen persahabatan dibawah ini.

Mari kita ingat ulang warta yang kita sanggup pada artikel pada mulanya yang berjudul Teks Cerpen (pengertian, Ciri, Struktur, Unsur, Dan Nilai). Bahwa cerpen atau kisah pendek merupakan wujud karangan teks yang memiliki kuantitas kata dibawah 10.000 kata yang menceritakan kisah hidup insan menurut karangan fiksi maupun legenda. Untuk lebih memahaminya, maka simaklah misal cerpen singkat beserta unsur intrinsiknya berkenaan persahabatan lengkap dengan pembahasan, Alur, Struktur dan Tema dibawah ini.

Untuk mengidentifikasi unsur intrinsik misal cerpen singkat berkenaan persahabatan, lebih-lebih dahulu kita perlu menyimak dan menyimak warta berkenaan cerpen persahabatan itu sendiri.

Indahnya Sebuah Persahabatan

Betapa menyenangkannya jadi orang kaya. Hidup serba berkecukupan. Apapun yang diinginkan sanggup terpenuhi. Karena seluruh udah tersedia. Seperti halnya Tiyas. Seorang anak orang kaya yang jadi banyak sorotan, Berangkan dan pulang selalu diantar oleh supir privat dan kendaraan beroda empat mewahnya.

Meskipun bergelimang harta tiyas tidaklah menyombongkan diri. Tidak kalah dengan Tiyas, Orang bau tanah Tiyas juga merupakan orang yang baik dan ramah, Tidak berpatokan pada harta di dalam bergaul dan tidak membeda-bedakan orang disekelilingnya. Kawan-kawan Tiyas sangat senang dan betah berlama-lama di tempat tinggal Tiyas dikarenakan mereka selalu disambut ramah dan diperlakukan ibarat keluarga sendiri oleh keluarga Tiyas.

Tiyas memiliki seorang mitra erat yang sangat setia menemaninya di dalam hadapi lika liku kehidupan. Tidak jauh berasal dari rumahnya Dwi mitra erat tiyas tinggal di kampung dekat tempat tinggal Tiyas, cuma saja dipisahkan oleh RT saja. Namun udah hampir dua ahad Dwi tidak tiba ke Tiyas di rumahnya. “Hmmm Dwi kemana ya mah, Biasanya hampir setiap hari Dwi main kesini. Tapi ini udah hampir lewat dua ahad Dwi tidak mampir lagi.” Ujar Tiyas. “Mungkin Dwi sedang sakit!” jawab Mama Tiyas. “Ih, iya juga ya mah, siapa paham sebetulnya Dwi ulang sakit. Kalo begitu nanti sore Tiyas senang menengoknya” katanya  dengan penuh semangat.

Sudah lima kali Tiyas mengetuk pintu tempat tinggal Dwi. Karena menunggu usang tidak kunjung diakses balasannya Tiyas memberanikan diri untuk bertanya kepada tetangga berkenaan menghilangnya Dwi. Benar saja, Ternyata udah dua ahad Dwi ikut orang tuanya pulang ke desa. Sebab ayahnya habis kena PHK. Akhirnya keluarga Dwi memastikan untuk ulang ke desa dan menentukan jadi petani.
“Oh, kasihan sekali Dwi,” ungkapnya di dalam hati,
Di rumahnya, Tyas nampak terdiam sambil membayangkan nasib mitra erat setianya itu.
“Ada apa Yas? Kok anda nggak ibarat biasanya, malah nampak lesu dan kurang semangat.” Papa bertanya sambil menegur.
“Dwi, Pa.” Jawab Tiyas
“Memangnya tersedia apa dengan Dwi sehingga membuatmu muram, Apa beliau sedang sakit?” Tyas menggeleng kepada ayah.
“Lantas kenapa?” Papa jadi penasaran.
“Sekarang Dwi udah tukar rumah. Kata tetangga sebelah rumahnya Dwi ikut orang tuanya pulang ke desa. Kabarnya bapaknya habis di PHK dan menentukan untuk jadi petani”.
Sambil menatap Tiyas bapak termenung membayangkan ucapan tiyas dengan rasa setengah tidak percaya.
“Kalau Papa tidak pribadi percaya, Coba tanya deh, serupa Pak RT atau ke tetangga lain” ujarnya.
“Lalu apa rancangan kamu?”
“Aku harap Papa sanggup membantu Dwi!”
“Maksudmu?”

“Aku ingin Dwi sanggup di sini lagi” Tyas  memohon dengan agak mendesak.
“Baik jikalau itu sanggup biki anda seneng. Tapi, anda perlu sanggup mencari alamat tempat tinggal Dwi yang di desa” kata Papa.
Berkat santunan pemilik kontrakan bekas tempat tinggal Dwi balasannya tiga hari setelah itu Tiyas sukses meraih alamat tempat tinggal Dwi yang berada di desa. Ia merasa sangat senang. Kemudian Papa dengan dengan Tiyas mampir ke tempat tinggal Dwi di sebuah desa terpencil dan lokasi rumahnya tetap masuk ke di dalam lagi. Bisa di tempuh dengan jalur kaki dua kilometer. Kedatangan kita disambut orang bau tanah Dwi dan Dwi sendiri. Betapa bangga hati Dwi ketika bersua dengan Tiyas. Mereka berpelukan memadai usang untuk membebaskan rasa rindu. pada awalnya Dwi sangat kaget dengan kehadiran Tiyas secara tiba-tiba.
“Maaf ya Yas. Aku tak sempat memberi kabar ke anda kalo saya senang pindah”
“Ah, tidak apa-apa. Yang penting saya udah ketemu anda dan merasa senang.”
Setelah berbincang memadai lama, Papa menyebutkan tujuan kehadiran mereka kepada orang bau tanah Dwi. Ternyata orang bau tanah Dwi tidak keberatan, mereka menyerahkan segala ketentuan kepada Dwi sendiri.
“Begini, Wik, kehadiran kita kemari, menghendaki mengajak anda untuk ikut kita ke Surabaya. Kami beranggap anda itu udah ibarat keluarga kita sendiri. Gimana Wi, apakah anda bersedia ikut?” Tanya Papa.
“Soal sekolahmu,” lanjut Papa, “kamu nggak usah khawatir. Sseluruh cost pendidikanmu semoga bapak yang menanggung.”
“Baiklah jikalau sebetulnya Bapak dan Tiyas menghendaki saya ikut, saya senang pak. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih atas kebaikan Bapak yang senang membantu saya dan keluarga saya.”
Kemudian Tiyas berdiri berasal dari tempat duduk selanjutnya mendekat memeluk Dwi. Tampak mata Tyas berkaca-kaca tidak berpengaruh menahan kebahagiaan. Kini Dwi tinggal di tempat tinggal Tiyas. Sementara orang tuanya selalu tinggal di desa. Selain untuk mengerjakan sawah, mereka juga merawat nenek Dwi yang udah tambah tua.

Unsur Instrinsik Cerpen Singkat Persahabatan

Setelah kita membaca misal cerpen berkenaan persahabatan diatas, kita sanggup menyimpulan unsur intrinsiknya yang terdiri dari:
Tema : Persahabatan.
Tokoh : Tiyas, Papa Tiyas, Mama Tyas dan Dwi.
Watak :Tiyas Suka Menolong, Dwi tidak senang membebani orang lain, Papa Tiyas Baik hati dan ramah, Mama Tiyas : Peduli.
Alur : Maju.
Latar :Tempat - Rumah Tiyas, Rumah Dwi.
Waktu : Siang Hari.
Suasana : Mengharukan.
Sudut pandang : Orang Pertama.
Amanat : Sebagai makluk dewa kita perlu saling tolong membantu Dan Berbagi kepada sesama.

Contoh Cerpen Singkat Persahabatan
Selamat Tinggal, Engkau Sahabatku

Mentari udah menampakkan sinarnya yang hangat, menerangi tiga mitra erat dekat yang sedang berkumpul disebuah tempat tinggal terbuat berasal dari kayu. Angin berhembus semilir lembut, menerpa daun daunan pohon dengan ukuran besar yang menari mengikuti arah berhembusnya angin. Ketiga mitra erat selanjutnya ialah karina, helena, delia.

Dalam misal cerpen singkat berkenaan persahabatan paragraf pertama kita sanggup melihat struktur teks yakni abnormal cerpen. Abstrak sendiri berkenaan dengan pengenalan awal suatu cerpen

Sebagai mitra erat mereka selalu berkumpul bermain dengan serupa di dalam tempat tinggal kayu tersebut. Bersedagurau, tertawa dan bembira bersama, nikmati indahnya bunga bunga yang sedang berbaris nan rapi diamati berasal dari atas pohon. Rumah yang saati ini berdiri kokoh diatas pohon selanjutnya dinamakan tempat tinggal pohon persahabatan yang melambangkan persahabatan ketiga orang tersebut.

Karina merupakan sosok perempuan yang sangat energic dan dorongan di dalam pembelajaran fisika, kimia maupun sesuatu yang terkait dengan sains. tak sekedar itu beliau sangat senang bersedagurau dan bercanda ibarat perempuan pada umumnya. Namun pembawaan manja yang ia memiliki jadi sebuah kelemahan yang belum sanggup ia kuasai.

Helena sendiri ialah perempuan yang cerewet, senang berdiam diri dan memiliki hobi mendengarkan musik jass memanfaatkan telepon genggam yang selalu beliau bawa kemapun beliau pergi. Meskipun terlihat sebagai perempuan yang senang menyepelekan sesuatu, tetapi ia sangat alhi di dalam bidang insiden dan handal di dalam bernyanyi maupun memainkan musik.

Pada paragraf 2, 3 dan 4 umpama cerpen singkat persahabatan kami sanggup mendapat orientasi yang berisi pengenalan tokoh didalam cerpen persahabatan ini

Dan yang terakhir ialah Delia, ia ialah perempuan yang gemar memiliki rambut panjang yang teramat terlalu baik. Ia puas mendukung sahabat erat sahabatnya. Dia terlalu cendekia didalam pelajaran biologi maupun matematika. Tidak heran terkecuali beliau senantiasa beroleh predikat terbaik di kelasnya. Karena tidak dulu beroleh nilai rendah, ia senantiasa jadi idola di sekolahannya.

Di suatu pagi, karina terbangun dengan muka yang lemas lesu. Matanya masih buram dengan muka berkunang kunang yang membuatnya enggan berdiri. Namun ia kudu senantiasa bangun alasannya jam dinding udah tunjukkan pukul 07.00. Selain itu hari ini merupakan hari pertama karina memasuki ruang kelas delapan. Maka diapun berupaya bangun untuk bersiap siap menuju ke sekolah.

Pada pragraf ini kami sanggup mendapat awal mula kasus atau komplikasi terhadap umpama cerpen singkat persahabatan. Komplikasi dimulai ketika Delia menyembunyikan dan melewatkan sakitnya

"Teng Tong". Lonceng sekolahan berbunyi tandanya sekolah udah memasuki jam petama mengakibatkan helena yang sedang mendengarkan musik terganggu. Suara lonceng itu menggema masuk didalam indera pendengaran helena. Sedangkan Delia dengan senyumnya yang khas nan manis mengambil buku buku berasal dari tas coklat yang ia bawa. Namun perasaan tidak sedap sedang beliau rasakan, entah kenapa kepalanya mendadak sakit tetapi ia berupaya untuk senantiasa menahannya. Dan anehnya Delia senantiasa menoleh kanan kiri kolam mencari suatu hal yang hilang.

Helena yang ingin tau kelanjutannya menanyakan sambil berbisik, "Del, anda kenapa?" Delia yang berbalik menjawab "Apa anda menyaksikan karina? Rasanya berasal dari tadi saya tidak melihatnya" Helena menggeleng tandanya beliau tidak tau keberadaan karina. Tiba tiba saja, seorang guru perempuan berambut panjang bercahaya berkunjung layaknya model iklan shampoo dan menyapa kelas "Selamat pagi anak anak" sapa bu mala dengan nada lantang.

Ibu mala selanjutnya berbalik ke meja dan keluar sedang mencari suatu hal satu diantara tumpukan kertas yang sepertinya sengaja dibiarkan terbengkalai dan berantakan. Tiba tiba pintu jadi terbuka secara misteris, berasal dari pintu itu munculah bayang bayang. Dan sementara dicermati ternyata itu ialah karina. Karina yang keluar kaget menyaksikan bu mala udah tiba secara perlahan masuk kedalam kelas tanpa menimbulkan nada sedikitpun.

Delia yang tak berpengaruh menghambat tertawa menyaksikan lisan karina yang keluar lucu didepan kelas. Delia dan Helena menyaksikan karina berlari satu diantara dua barisan dingklik coklat yang ditata dengan teramat terlalu rapi hingga kahirnya karina lega udah duduk disamping Delia.

Dalam umpama cerpen singkat persahabatan ini ditutup dengan resolusi yaitu delia ternyata sakit tumor dan sedang dirawat di rumah

Setelah jam pelajaran selesai, kelanjutannya ketiga sahabat erat itu pergi ke tempat tinggal pohon area mereka berkumpul tiap-tiap harinya. Pada sementara itu sakit kepala delia lagi kambuh, tetapi layaknya kebanyakan Delia senantiasa merahasiakan rasa sakitnya.

Hingga terhadap suatu hari sementara kedua sahabatnya Karina dan Helena dirumah pohon menunggu kedatangan Delia untuk mengerjakan pekerjaan rumah, Namun Delia yang dinantikan tidak kunjung hadir. Sudah lima hari Delia tidak keluar di kelas maupun di tempat tinggal pohon persahabatan. Hingga di hari keenam alasannya jadi ingin tau Helena dan Karena berkunjung kerumah Delia untuk menanyakan kabarnya.

Contoh cerpen singkat persahabatan ini terhitung berisi aneka macam unsur intrinsik, tidak cuman itu kami terhitung sanggup menganalisa susunan cerpen itu sendiri

"Tok Tok" Suara karina mengetok pintu tempat tinggal Delia. Dalam hati karina menanyakan "Kenapa ya banyak sekali kursi kursi berjajar dirumah Delia, apakah dirumahnya sedang tersedia program selametan. Tapi kenapa beliau tidak menimbulkan saya dan Helena?"

Ibu Delia kelanjutannya membuka pintu dan menjawab pertanyaan Karina. Alangkah terkejutnya karina mendengar delia masuk tempat tinggal sakit alasannya terkena tumor otak. Ternyata selama ini delia udah menyembunyikan penyakitnya berasal dari sahabat temannya.

Pada dasarnya umpama cerpen mengenai persahabatan sanggup kami temukan didalam aneka macam media, layaknya yang saya jelaskan sebelumnya. Selain mencari rujukan umpama cerpen singkat, kami sanggup mengakibatkan umpama cerpen sendiri menurut pengalaman Istimewa dengan sahabat erat kita.

Demikianlah klarifikasi artikel yang berjudul perihal Contoh Cerpen Singkat Buatan Sendiri Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema). Semoga sanggup bermanfaat.
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com