Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Mekanisme Serta Karakteristik

Pengertian Prosedur Serta Karakteristik. Dalam menunjang kelancaran operasional sebuah perusahaan hendaklah mempunyai mekanisme sebagai dasar pelaksanaan pekerjaan. Dengan adanya mekanisme yang memadai maka pengendalian dan tujuan yang akan dicapai dalam suatu organisasi sanggup berjalan dengan baik.

 Dalam menunjang kelancaran operasional sebuah perusahaan hendaklah mempunyai mekanisme seba Pengertian Prosedur Serta Karakteristik

Definisi Prosedur

Menurut Mulyadi pengertian Prosedur ialah suatu urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu departemen atau lebih yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam terhadap transaksi organisasi yang terjadi berulang-ulang.

Menurut Nafarin pengertian Prosedur ialah urutan-urutan seri kiprah yang saling berkaitan dan dibuat guna menjamin pelaksanaan kerja yang seragam.

Seperti Dikutip dari Wikipedia. Definisi Prosedur ialah serangkaian agresi yang spesifik, tindakan atau operasi yang harus dijalankan atau dihukum dengan cara yang baku (sama) biar selalu memperoleh hasil yang sama dari keadaan yang sama, semisal mekanisme kesehatan dan keselamatan kerja.Lebih tepatnya, kata ini bisa mengindikasikan rangkaian aktivitas, tugas-tugas, langkah-langkah, keputusan-keputusan, perhitungan-perhitungan dan proses-proses, yang dijalankan melalui serangkaian pekerjaan yang menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan, suatu produk atau sebuah akibat. Sebuah mekanisme biasanya menjadikan sebuah perubahan. Prosedur sanggup diartikan juga sebagai :
  1. Instruksi atau resep, serangkaian perintah yang menawarkan bagaimana menyiapkan atau membuat sesuatu
  2. Subrutin atau metode (ilmu komputer), sebuah sub jadwal yang merupakan bab dari jadwal yang besar
  3. Algoritma, dalam matematika dan ilmu komputer, serangkaian operasi atau perhitungan untuk menuntaskan kiprah tertentu
  4. Prosedur operasi standar
  5. Prosedur hukum
  6. Prosedur parlemen
Menurut Azhar Susanto pengertian Prosedur ialah rangkaian aktifitas atau kegiatan yang dilakukan secara berulang- ulang dengan cara yang sama.

Dapat disimpulkan bahwa pengertian mekanisme ialah adalah suatu urutan langkah-langkah pemrosesan data atau urutan kegiatan secara sistematis dan terang yang melibatkan beberapa orang dalam satu departemen atau lebih yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam terhadap suatu transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang.

Karakteristik Prosedur

  1. Prosedur menunjang tercapainya tujuan organisasi.
  2. Prosedur bisa membuat adanya pengawasan yang baik dan memakai biaya yang seminimal mungkin.
  3. Prosedur mengambarkan urutan-urutan yang logis dan sederhana.
  4. Prosedur mengambarkan adanya penetapan keputusan dan tanggung jawab