Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Organ Dan Struktur Organ Pada Badan Manusia, Binatang Dan Tumbuhan

Berikut ini yakni pembahasan perihal organ yang mencakup definisi atau pengertian organ, struktur organ tumbuhan, struktur organ hewan, struktur organ manusia, organ badan manusia, organ reproduksi wanita, organ pada tumbuhan, organ dalam badan manusia, organ badan insan bab dalam, organ badan wanita, susunan organ badan manusia.

Pengertian Organ

Setelah memahami perihal pengertian sel, kemudian sekumpulan sel membentuk jaringan, nah kali ini akan dibahas bahwa sekumpulan jaringan akan membentuk organ, jadi apa pengertian organ?
Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melaksanakan fungsi tertentu di dalam badan sedangkan sistem badan yakni adonan dari organ-organ badan yang menjalankan fungsi tertentu.

Struktur Organ Manusia dan Hewan

Jantung, hati, dan paru-paru merupakan organ yang ada di dalam badan kita. Disebut organ alasannya yakni tersusun oleh beberapa jaringan untuk melaksanakan suatu fungsi.

Pada organ jantung terdapat jaringan otot untuk mengkontraksikan dan memompa darah, jaringan epitel sebagai pelindung jantung, dan jaringan saraf untuk menghantarkan rangsang dari otak ke jantung.
Berikut ini yakni pembahasan perihal organ yang mencakup definisi atau pengertian organ Pengertian Organ dan Struktur Organ Pada Tubuh Manusia, Hewan dan Tumbuhan
Gambar: Contoh Organ Jantung Manusia

Contoh lain organ insan dan binatang yaitu mata untuk melihat, pendengaran untuk mendengar, hidung untuk mencium aroma, lisan untuk mencerna makanan, ginjal untuk menyaring darah, hati untuk mengeluarkan empedu, dan sebagainya.

Struktur Organ Tumbuhan

Organ tumbuhan terdiri dari akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Akar tumbuhan berfungsi untuk menyerap air dan mineral, menyimpan cadangan makanan, alat pernapasan, dan pengangkut.

Batang tumbuhan berfungsi sebagai kawasan menempelnya organ lain, menyimpan cadangan makanan, mengokohkan tubuh, dan mengangkut seluruh zat yang dibutuhkan oleh badan tumbuhan.

Organ daun berfungsi sebagai kawasan pembuatan zat kuliner melalui fotosintesis, alat pernapasan, dan penguapan.

Organ bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan atau reproduksi yang sanggup menghasilkan buah dan di dalam buah terdapat biji sebagai embrio.

Baca juga: Contoh tumbuhan berpembuluh
Sumber https://www.berpendidikan.com