Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Teladan Flora Berpembuluh Dan Flora Tidak Berpembuluh

Berikut ini merupakan pembahasan ihwal tumbuhan berpembuluh, tumbuhan tidak berpembuluh, pengertian tumbuhan berpembuluh, pola tumbuhan berpembuluh, pengertian tumbuhan tidak berpembuluh, pola tumbuhan tidak berpembuluh.

Pengertian Tumbuhan Berpembuluh dan Tumbuhan Tidak Berpembuluh

Kingdom plantae (tumbuhan) dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tumbuhan tidak berpembuluh dan tumbuhan berpembuluh.
Tumbuhan tidak berpembuluh adalah tumbuhan yang tidak mempunyai akar, batang, daun, serta tidak mempunyai pembuluh untuk mengangkut zat makanan. 
Tumbuhan berpembuluh adalah tumbuhan yang mempunyai akar, batang, daun, dan pembuluh untuk mengangkut zat makanan.

Contoh Tumbuhan tidak Berpembuluh

Tumbuhan yang tidak berpembuluh terdapat pada bryophyta (lumut). Tumbuhan lumut terdiri dari lumut hati dan lumut daun.
Berikut ini merupakan pembahasan ihwal tumbuhan berpembuluh Pengertian dan Contoh Tumbuhan Berpembuluh dan Tumbuhan Tidak Berpembuluh
Gambar: Macam-macam Tumbuhan Lumut

Contoh Tumbuhan Berpembuluh

Tumbuhan berpembuluh ialah tumbuhan yang mempunyai pembuluh pada akar, batang, dan daun. Pembuluh pada tumbuhan ini ada dua macam, yaitu pembuluh kayu (xilem) dan pembuluh tapis (floem).
Pembuluh kayu (xilem) ialah pembuluh yang berfungsi mengangkut air dan mineral dari dalam tanah ke akar dan ke seluruh badan hingga ke daun.
Pembuluh tapis (floem) ialah pembuluh yang berfungsi mengangkut zat kuliner hasil fotosintesis dari daun ke seluruh badan hingga di akar.
Tumbuhan berpembuluh terdiri dari dua kelompok, yaitu tumbuhan berpembuluh tidak berbiji dan tumbuhan berpembuluh berbiji.

Tumbuhan berpembuluh tidak berbiji berupa Pteridophyta (tumbuhan paku-pakuan) dan tumbuhan berpembuluh berbiji berupa Spermatophyta (tumbuhan biji).

Sumber https://www.berpendidikan.com