Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor-Faktor Yang Menghipnotis Laju Reaksi Kimia

Berikut ini merupakan pembahasan wacana Faktor yang Memengaruhi Kecepatan Reaksi Kimia, imbas konsentrasi terhadap laju reaksi kimia, imbas suhu terhadap laju reaksi kimia, faktor faktor yg mensugesti laju reaksi kimia, imbas luas permukaan terhadap laju reaksi kimia, faktor-faktor yang mensugesti laju reaksi kimia, imbas konsentrasi terhadap kecepatan reaksi.

Faktor yang Memengaruhi Laju Reaksi Kimia

Faktor yang memengaruhi kecepatan reaksi kimia di antaranya ukuran partikel zat, suhu, pengadukan dan kadar zat.

a. Ukuran Partikel

Ukuran partikel reaktan sangat mensugesti kecepatan reaksi kimia. Semakin kecil ukuran partikel reaktan, maka semakin cepat reaktan bereaksi. Semakin besar ukuran partikel reaktan, maka semakin usang waktu yang diharapkan untuk bereaksi.

Pada bahan terdahulu, kau sudah mempelajari wacana kelarutan suatu zat. Gula merah, akan lebih gampang larut kalau digerus hingga halus sebelum dilarutkan dibandingkan dalam bentuk batangan. Jadi, makin halus atau makin kecil ukuran partikel zat, makin lebih gampang larut zat tersebut.

b. Suhu

Semakin tinggi suhu larutan, semakin gampang zat larut dalam larutan tersebut. Hal ini disebabkan pada suhu tinggi, partikelpartikel zat bergerak lebih cepat sehingga tumbukan antarpartikel lebih banyak.

Pada umumnya, peningkatan suhu sebesar 10°C akan menyebabkan reaksi dua kali lebih cepat. Jika pada suhu 25°C kecepatan reaksi sebesar x, pada suhu 35°C kecepatannya menjadi 2x, pada suhu 45°C kecepatannya menjadi 4x, begitu seterusnya. Dengan demikian, semakin tinggi suhu reaksi, semakin cepat reaksi itu berlangsung.
Berikut ini merupakan pembahasan wacana Faktor yang Memengaruhi Kecepatan Reaksi Kimia Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Kimia
Grafik: Pengaruh Suhu Terhadap Laju Reaksi Kimia

c. Sifat Zat

Setiap zat mempunyai sifat yang berbeda. Dalam reaksi kimia, sifat zat yang perlu diperhatikan antara lain titik leleh, titik didih, titik beku, gampang terbakar atau beracun.

d. Pengadukan

Reaksi kimia terjadi dikala partikel-partikel bertabrakan. Kecepatan reaksi meningkat kalau terjadi lebih banyak gesekan setiap detik.

Pengadukan menyebabkan partikel-partikel zat bergerak dan bersentuhan dengan partikel lainnya sehingga suatu reaksi sanggup berjalan dengan cepat.

e. Kadar Zat

Kadar zat yang lebih tinggi mempunyai partikel zat terlarut banyak. Makin banyak partikel zat terlarut bergerak, makin banyak partikel yang bertabrakan. Banyaknya partikel yang bertabrakan menyebabkan reaksi kimia berjalan lebih cepat.

Baca juga: Reaksi kimia pada fotosintesis
Sumber https://www.berpendidikan.com