Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Macam-Macam Pola Flora Monokotil

Berikut ini yaitu pembahasan wacana tumbuhan monokotil, pengertian tumbuhan monokotil, teladan tumbuhan monokotil, macam macam tumbuhan monokotil, jenis jenis tumbuhan monokotil, tumbuhan berkeping satu.

Pengertian Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan Monokotil adalah Tumbuhan yang bijinya berkeping tunggal yang merapakan salah satu dari dua kelompok besar tumbuhan berbunga yang secara klasik diajarkan; kelompok yang lain yaitu tumbuhan bijinya berkeping dua atau dikotil. (Wikipedia)


Macam-macam Contoh Tumbuhan Monokotil

Kelas monokotil terdiri dari kelompok rumput-rumputan (Poaceae), pisang-pisangan (Musaceae), pinang-pinangan (Palmaceae), temu-temuan atau jahe-jahean (Zingiberaceae), anggrek (Orchidaceae), dan bawang-bawangan atau bakung (Liliceae).

(a) Rumput-rumputan (Poaceae)

Ada beberapa ciri dari kelompok rumput-rumputan, di antaranya berbatang herba dan berhizoma, daunnya berpelepah, urat daunnya sejajar, bentuk daun ibarat pita, berambut halus pada bab pangkal helai daun.

Contoh: padi (Oryza sativa), bambu kuning (Bambusa vulgaris), serai (Cymbopogon citratus), alang-alang (Imperata cylindrica), tebu (Saccharum officinarum), gandum (Triticum aestivum), dan jagung (Zea mays).

(b) Pisang-pisangan (Musaceae)

Ciri kelompok pisang-pisangan di antaranya tubuhnya berupa herba, batang yang terletak di tanah (batang yang tegak ke atas berasal dari kumpulan pelepah daun yang saling menutup sehingga disebut batang semu), tumbuhan akan mati sesudah berbuah, dan bijinya tidak sanggup ditanam sehingga tunas gres berasal dari batang di bawah permukaan tanah (anak).

Contoh kelompok pisang-pisangan, di antaranya pisang buah (Musa paradisiaca), pisang kerikil (Musa balbisiana), dan pisang seribu (Musa chilocarpa).

(c) Pinang-pinangan (Palmaceae)

Ada beberapa ciri yang dimiliki kelompok tumbuhan pinang-pinangan ini. Di antaranya pohon tidak bercabang, termasuk perdu, daunnya berpelepah, apabila daun tanggal akan meninggalkan bekas pada batang, menghasilkan buah yang tersusun dalam tandan, dan mempunyai pelindung buah yang keras. Kelompok ini tersebar di tempat tropis dan di tempat beriklim sedang sekitar 3.000 spesies.

Contoh: kelapa (Cocos nucifera), aren (Arenga pinnata), pinang (Areca catecu), salak (Sallaca edulis), dan sagu (Metroxylon sagu).
Berikut ini yaitu pembahasan wacana tumbuhan monokotil Pengertian dan Macam-macam Contoh Tumbuhan Monokotil
Gambar: Contoh Tumbuhan Monokotil Palmaceae

(d) Temu-temuan atau jahe-jahean (Zingiberaceae)

Ada beberapa ciri khas dari kelompok temu-temuan ini, di antaranya batangnya termasuk herba, mempunyai rhizoma, menghasilkan aroma khas, mengandung minyak atsiri, sanggup dimanfaatkan untuk bumbu masak dan obat.

Contoh: temu hitam atau temu lawak (Curcuma aeruginosa), kunyit (Curcuma domestica), jahe (Zingiber officinale), dan lengkuas (Languas galang).
Berikut ini yaitu pembahasan wacana tumbuhan monokotil Pengertian dan Macam-macam Contoh Tumbuhan Monokotil
Gambar: Contoh Tumbuhan Monokotil Zingiberaceae

(e) Anggrek (Orchidaceae)

Kelompok tumbuhan anggrek banyak ditemukan di tempat tropis. Hidupnya melekat pada pohon lain sehingga disebut epifit. Selain anggrek epifit, terdapat dua jenis lain, yaitu anggrek tanah (Terrestris) dan anggrek saprofit.

(f) Bawang-bawangan atau bakung (Liliceae)

Kelompok bawang-bawangan mempunyai beberapa ciri, di antaranya berbatang herba, mempunyai umbi lapis (daun yang berlapis-lapis membentuk umbi), dan daunnya mengumpul di dasar batang. Tunas gres akan tumbuh dari siung.

Contoh: bawang merah (Allium cepavaras-calonicum), bawang putih (Allium sativum), dan bawang daun (Allium porrum).

Baca juga: Macam-macam Tumbuhan Dikotil
Sumber https://www.berpendidikan.com